Ucapan Doa Shalat Jenazah dan Artinya
Ucapan Doa Shalat Jenazah dan Artinya

Ucapan Doa Shalat Jenazah dan Artinya

Shalat jenazah adalah salah satu ritual dalam Islam yang harus dilakukan setelah seseorang meninggal dunia. Di dalam shalat jenazah, terdapat doa yang harus dibaca oleh imam yang menjadi pemimpin shalat. Doa ini bertujuan untuk memohon rahmat dan ampunan dari Allah SWT bagi jasad yang telah meninggal dunia. Doa shalat jenazah ini berbunyi sebagai berikut.

Ucapan Doa Shalat Jenazah

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama shallaita ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima, Innaka Hamidum Majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima, Innaka Hamidum Majid.

Arti Ucapan Doa Shalat Jenazah

Arti dari doa shalat jenazah di atas adalah sebagai berikut. “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, seperti engkau telah melimpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan kepada keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemurah lagi Maha Terpuji. Ya Allah, berilah karunia kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, seperti Engkau telah memberikan karunia kepada Nabi Ibrahim dan kepada keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemurah lagi Maha Terpuji.”

Doa shalat jenazah ini merupakan ucapan yang wajib dibaca oleh imam yang menjadi pemimpin shalat jenazah. Ucapan doa shalat jenazah ini disebut sebagai doa rahmat, karena doa ini bertujuan untuk memohon rahmat dan ampunan dari Allah SWT bagi jasad yang telah meninggal dunia. Ucapan doa shalat jenazah ini juga diucapkan oleh jamaah yang hadir dalam shalat jenazah.

Manfaat Ucapan Doa Shalat Jenazah

Adapun manfaat dari ucapan doa shalat jenazah ini adalah untuk memohon rahmat dan ampunan dari Allah SWT bagi jasad yang telah meninggal dunia. Dengan mengucapkan doa shalat jenazah, maka kita berharap bahwa jasad yang telah meninggal dunia akan diberikan rahmat dan ampunan dari Allah SWT. Ini adalah salah satu cara untuk menghormati jasad yang telah meninggal dunia.

Bacaan Doa Shalat Jenazah Setelah Ucapan Doa Rahmat

Setelah ucapan doa shalat jenazah telah selesai, maka harus diucapkan doa lainnya yang berbunyi sebagai berikut. “Allahummaghfir lihayyina wa mayyitina, wa shahidina wa gha’ibina, wa sagheerina wa kabirina, wa dhakarina wa untha, wa jami’ina bi-rahmatika yaa arhamar-rahimin.” Arti dari doa tersebut adalah: “Ya Allah, ampunilah orang yang masih hidup dan orang yang telah meninggal dunia, orang yang hadir dan orang yang tidak hadir, orang yang kecil dan orang yang besar, orang yang laki-laki dan orang yang perempuan, semuanya dengan rahmat-Mu, ya arhamar-rahimin.”

Kesimpulan

Ucapan doa shalat jenazah merupakan salah satu ritual dalam Islam yang wajib dilakukan setelah seseorang meninggal dunia. Ucapan doa shalat jenazah ini berbunyi sebagai berikut: “Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama shallaita ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima, Innaka Hamidum Majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima, Innaka Hamidum Majid.” Arti dari doa tersebut adalah: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, seperti engkau telah melimpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan kepada keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemurah lagi Maha Terpuji.” Dengan mengucapkan doa shalat jenazah, maka kita berharap bahwa jasad yang telah meninggal dunia akan diberikan rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Ucapan doa shalat jenazah adalah salah satu ritual dalam Islam yang wajib dilakukan setelah seseorang meninggal dunia. Doa shalat jenazah ini berbunyi sebagai berikut: “Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama shallaita ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima, Innaka Hamidum Majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima, Innaka Hamidum Majid.” Doa shalat jenazah ini bertujuan untuk memohon rahmat dan ampunan dari Allah SWT bagi jasad yang telah meninggal dunia. Dengan mengucapkan doa shalat jenazah, maka kita berharap bahwa jasad yang telah meninggal dunia akan diberikan rahmat dan ampunan dari Allah SWT.