Doa Sesudah Belajar Arab dan Artinya
Doa Sesudah Belajar Arab dan Artinya

Doa Sesudah Belajar Arab dan Artinya

Belajar agama Islam merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim. Iman dan taqwa seseorang akan terus bertambah jika ia menuntut ilmu agama dengan sungguh-sungguh. Salah satu aspek dari belajar agama adalah belajar bahasa Arab. Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan Allah untuk menurunkan Al-Quran. Dengan belajar bahasa Arab, kita akan mendapatkan banyak manfaat, terutama dalam memahami ayat-ayat Al-Quran.

Setelah selesai belajar bahasa Arab, umat muslim biasanya akan mengucapkan doa. Doa ini biasanya dimaksudkan untuk memohon kepada Allah agar diberikan kefahaman yang mendalam tentang bahasa Arab. Doa ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengharapkan hidayah dari Allah. Berikut ini adalah beberapa doa sesudah belajar bahasa Arab dan artinya:

1. Doa Sesudah Belajar Bahasa Arab

بَارَكَ اللَّهُ لِيْ فِيْ مَا عَلَّمَنِيْ وَ بَارَكَ لِيْ فِيْ مَا عَلَّمَنِيْ

Artinya: “Semoga Allah memberkahi aku dalam apa yang telah Dia ajarkan kepadaku dan semoga Dia memberkahi aku dalam apa yang telah Dia ajarkan kepadaku.”

2. Doa Untuk Mengharapkan Hidayah dari Allah

اللَّهُمَّ اهْدِنِيْ إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah aku jalan yang lurus (jalan yang benar).”

3. Doa Untuk Memohon Kefahaman yang Mendalam

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِيْ قَلْبِيْ نُوْراً وَ فِيْ لِسَانِيْ نُوْراً وَ فِيْ سَمْعِيْ نُوْراً وَ عَنْ يَمِيْنِيْ نُوْراً وَ عَنْ يَسَارِيْ نُوْراً وَ اجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُنْذِرِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dalam hatiku cahaya, di lidahku cahaya, di pendengaranku cahaya, di kananmu cahaya, di kiriku cahaya dan jadikanlah aku sebagai salah satu dari orang-orang yang memberi peringatan.”

4. Doa Untuk Memohon Petunjuk dan Kebahagiaan

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ فِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ وَ اجْعَلْنِيْ عَلَيْهِ مُنْتَهِياً وَ اجْعَلْ فِيْ قَلْبِيْ نُوْراً وَ اجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُنْذِرِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku pada bahasa Arab itu wahai Tuhan semesta alam dan jadikanlah aku sebagai orang yang menguasainya dengan baik. Jadikanlah dalam hatiku cahaya dan jadikanlah aku sebagai salah satu orang yang memberi peringatan.”

5. Doa Untuk Meminta Keberkahan

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ مَا عَلَّمْتَنِيْ وَ انْفَعْنِيْ بِمَا عَلَّمْتَنِيْ

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku dalam apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku dan bermanfaatlah kepadaku dengan apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku.”

6. Doa Untuk Meminta Kebaikan dan Petunjuk

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْألُكَ الْعَافِيَةَ فِيْ الدِّيْنِ وَ الدُّنْيَا وَ الْآخِرَةِ وَ أَسْألُكَ التَّوْفِيْقَ فِيْ الْحَيَاةِ وَ الْمَوْتِ وَ أَسْألُكَ الْعَصْمَةَ مِنَ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikan dalam agama, dunia, dan akhirat. Aku juga memohon petunjuk dalam hidup dan kematian. Aku juga memohon perlindungan dari api neraka.”

7. Doa Untuk Memohon Kebenaran dan Pemahaman yang Baik

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِيْ قَلْبِيْ نُوْراً وَ فِيْ سَمْعِيْ نُوْراً وَ فِيْ لِسَانِيْ نُوْراً وَ فِيْ عَيْنِيْ نُوْراً وَ اجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُنْذِرِيْنَ وَ اجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّادِقِيْنَ وَ اجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّابِرِيْنَ وَ اجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَوَكِّلِيْنَ

Artinya: “