Doa Sholat Dhuha Arab Beserta Artinya
Doa Sholat Dhuha Arab Beserta Artinya

Doa Sholat Dhuha Arab Beserta Artinya

Doa sholat dhuha adalah doa yang biasa dibaca setelah melaksanakan sholat sunnah dhuha. Sholat sunnah dhuha ini biasanya dilaksanakan pada waktu di antara terbitnya fajar hingga masuknya waktu dhuhur. Selain itu, sholat dhuha juga sering dikaitkan dengan rutinitas para nabi dan rasul. Oleh sebab itu, melaksanakan sholat sunnah dhuha serta mengucapkan doa sholat dhuha adalah suatu hal yang sangat disarankan.

Doa sholat dhuha yang biasa dibaca adalah doa yang berasal dari bahasa Arab. Meskipun begitu, artinya juga telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Berikut ini adalah doa sholat dhuha Arab beserta artinya:

أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ الإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ الإِخْلاَصِ وَعَلَى دِينِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَعَلَى مِلَّةِ أَبِينَا إِبْرَاهِيمَ، حَنِيفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Artinya: “Kami telah memasuki waktu pagi dengan mengikuti ajaran Islam, bersumpah kepada kalimat tauhid, menganut agama Nabi kita Muhammad SAW, dan mengikuti agama Ibrahim AS, yang benar-benar berada di jalan yang lurus, yang berada di jalan yang benar, yang bukanlah orang-orang musyrik.”

Doa sholat dhuha ini terdiri dari 9 ayat. Setiap ayatnya mengandung maksud yang berbeda-beda. Misalnya, ayat pertama dari doa sholat dhuha ini memberikan kesadaran kepada kita tentang ajaran Islam. Ayat kedua memberikan kesadaran tentang kalimat tauhid. Ayat ketiga memberikan kesadaran tentang agama Nabi Muhammad SAW. Dan ayat keempat memberikan kesadaran tentang agama Ibrahim AS.

Selain itu, doa sholat dhuha juga sering dikaitkan dengan kebajikan. Salah satu hadist yang sering dihubungkan dengan sholat dhuha adalah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, salah satu sahabat Rasulullah SAW. Hadist tersebut menyebutkan bahwa barang siapa yang melakukan sholat dhuha dan mengucapkan doa sholat dhuha dengan ikhlas maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melaksanakan sholat sunnah dhuha dan mengucapkan doa sholat dhuha. Selain mendapatkan ampunan dari Allah SWT, Anda juga akan mendapatkan banyak berkah dan keberkahan.

Cara Melaksanakan Sholat Sunnah Dhuha

Sholat sunnah dhuha adalah sholat sunnah yang biasanya dilaksanakan pada waktu di antara terbitnya fajar hingga masuknya waktu dhuhur. Sholat sunnah dhuha ini bisa dilakukan dengan cara berikut:

Pertama, Anda harus bersuci dengan cara mandi dan menggunakan air wudhu. Setelah itu, Anda bisa mulai melaksanakan sholat sunnah dhuha dengan cara melafalkan doa iftitah. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan sholat sunnah dhuha dengan membaca surat-surat pendek dari Al-Qur’an. Anda bisa membaca surat-surat pendek seperti Al-Kautsar, Al-Maun, atau Al-Kafirun. Setelah itu, Anda bisa membaca doa sholat dhuha yang telah disebutkan sebelumnya. Setelah selesai, Anda bisa menutup sholat sunnah dhuha dengan melafalkan salam.

Sholat sunnah dhuha bisa dilakukan oleh siapa saja. Sholat sunnah dhuha bisa dilakukan oleh anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang biasanya lebih disarankan untuk melaksanakan sholat sunnah dhuha, seperti orang-orang yang bekerja di luar rumah atau yang sering bepergian.

Keutamaan Sholat Sunnah Dhuha

Selain mengandung banyak manfaat dan berkah, sholat sunnah dhuha juga mengandung banyak keutamaan. Salah satu hadist yang menyebutkan tentang keutamaan sholat sunnah dhuha adalah hadist yang diriwayatkan oleh Anas RA. Hadist tersebut menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barang siapa yang melakukan sholat dhuha maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga tanpa hisab.”

Selain itu, ada juga hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, salah satu sahabat Rasulullah SAW. Hadist tersebut menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barang siapa yang melakukan sholat sunnah dhuha sebanyak tujuh kali, maka Allah akan memberinya perlindungan dari api neraka.”

Ada juga hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. Hadist tersebut menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barang siapa yang melakukan sholat dhuha maka Allah akan menyerahkan kepadanya keberkahan dan kemuliaan di dunia dan di akhirat.”

Kesimpulan

Dari beberapa hadist di atas, dapat disimpulkan bahwa sholat sunnah dhuha adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan. Melaksanakan sholat sunnah dhuha bersama dengan mengucapkan doa sholat dhuha arab beserta artinya akan memberikan banyak manfaat dan keut