Tuliskan Doa Niat Berpuasa dan Berbuka Puasa Beserta Artinya
Tuliskan Doa Niat Berpuasa dan Berbuka Puasa Beserta Artinya

Tuliskan Doa Niat Berpuasa dan Berbuka Puasa Beserta Artinya

Sebelum kita mulai membahas mengenai doa niat berpuasa dan berbuka puasa, mari kita simak dulu definisi puasa. Puasa adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh kaum muslim selama sebulan penuh (Ramadhan). Ibadah ini dimaksudkan untuk menguatkan ketaatan dan takwa kepada Allah SWT. Selama puasa, umat muslim diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum, bersetubuh, dan berbuat jahat.

Meskipun puasa adalah ibadah yang diwajibkan bagi umat muslim, namun untuk melaksanakannya, kita harus melakukan niat terlebih dahulu. Niat puasa merupakan sikap hati yang mengandung ikrar untuk berpuasa. Doa niat berpuasa pada dasarnya sama dengan doa niat ibadah lainnya, yaitu untuk meminta ampunan dan rezeki kepada Allah SWT.

Doa Niat Berpuasa

Doa niat berpuasa dalam bahasa Arab (lafadz) adalah “Nawaitu ‘Indaka An Usalliya Fardan Hasanan Taqobbala Minni”. Artinya adalah “Aku niat di sisi Allah untuk berpuasa dengan baik dan Allah menerimaku”. Doa ini harus diucapkan setiap kali seseorang akan berpuasa.

Doa Berbuka Puasa

Selain niat berpuasa, umat muslim juga diwajibkan untuk membaca doa berbuka puasa. Doa berbuka puasa dalam bahasa Arab (lafadz) adalah “Allahumma Inni Laka Sumtu Wa Bika Aamantu [Wa ‘Alayka Tawakkaltu] Wa ‘Ala Rizqika Aftartu”. Artinya adalah “Ya Allah, aku berpuasa di sisi-Mu dan aku beriman kepada-Mu. Aku bersandar dan bertawakkal kepada-Mu dan aku membuka puasa dengan rezeki-Mu”. Doa ini harus diucapkan setiap kali seseorang akan berbuka puasa.

Kapan Harus Membaca Doa Niat Berpuasa dan Berbuka Puasa?

Doa niat berpuasa dan berbuka puasa harus diucapkan setiap kali kita akan berpuasa dan berbuka puasa. Doa ini harus diucapkan sebelum melakukan puasa dan berbuka, dan tidak boleh ditunda sampai nanti. Hal ini dimaksudkan agar niat kita diucapkan dengan tulus dan ikhlas.

Keutamaan Membaca Doa Niat Berpuasa dan Berbuka Puasa

Membaca doa niat berpuasa dan berbuka puasa memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah Allah akan menerima puasa kita dengan ikhlas dan tulus. Selain itu, doa niat juga dapat membantu kita untuk meningkatkan ketaatan dan takwa kepada Allah SWT. Hal ini akan menjadi bekal untuk kita menjalankan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan.

Kesimpulan

Doa niat berpuasa dan berbuka puasa merupakan hal penting yang harus diucapkan oleh umat muslim sebelum melaksanakan ibadah puasa. Doa ini harus diucapkan sebelum melakukan puasa dan berbuka, dan tidak boleh ditunda sampai nanti. Membaca doa niat berpuasa dan berbuka puasa memiliki banyak keutamaan, seperti Allah akan menerima puasa kita dengan ikhlas dan tulus, serta membantu kita untuk meningkatkan ketaatan dan takwa kepada Allah SWT.