Tuliskan Doa Menguburkan Jenazah dan Artinya
Tuliskan Doa Menguburkan Jenazah dan Artinya

Tuliskan Doa Menguburkan Jenazah dan Artinya

Doa ketika menguburkan jenazah adalah doa yang dilakukan sebagai bentuk kerendahan hati dan menghormati orang yang telah meninggal dunia. Salah satu tujuan doa adalah untuk memohon ampunan bagi jenazah yang meninggal dunia. Doa ini juga bisa memberikan kesempatan bagi kita untuk merenungi kematian dan memohon kepada Allah untuk menyelamatkan jenazah yang telah meninggal dunia.

Doa menguburkan jenazah biasanya dibacakan setelah jenazah dimasukkan ke dalam lubang kubur. Doa ini biasanya dibacakan oleh muadzin yang mengumandangkan azan di masjid atau oleh seorang ulama atau seorang yang berilmu. Di beberapa daerah, doa ini juga bisa dibacakan oleh seorang ahli waris jenazah.

Doa Menguburkan Jenazah dan Artinya

Doa menguburkan jenazah yang dibaca di masjid adalah sebagai berikut:

“Bismillahirrahmanirrahim. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Sesungguhnya kami memohon ampunan dan keselamatan kepada Allah. Ya Allah, ampunilah dosa dan kesalahan hamba-Mu yang telah meninggal, dan masukkanlah hamba-Mu itu ke dalam golongan orang-orang yang beriman.”

Doa ini juga bisa dibacakan oleh ahli waris jenazah. Doa yang disarankan untuk dibacakan oleh ahli waris jenazah adalah sebagai berikut:

“Ya Allah, berikanlah dia tempat yang terbaik di sisi-Mu. Jadikanlah dia orang yang berguna di sisi-Mu. Berikanlah dia tempat yang paling baik di sisi-Mu. Jadikanlah dia seorang yang beruntung di sisi-Mu. Berikanlah dia tempat yang terbaik di sisi-Mu. Berikanlah dia kebaikan di sisi-Mu dan jadikanlah dia seorang yang beruntung. Berikanlah dia kebahagiaan di sisi-Mu dan jadikanlah dia seorang yang mulia. Ya Allah, ampunilah hamba-Mu dan berikanlah dia keselamatan.”

Doa ini bisa juga dibaca oleh siapa pun yang hadir di tempat pemakaman. Doa ini adalah sebagai berikut:

“Ya Allah, berikanlah dia keselamatan dan ampunilah dosa-dosanya. Jadikanlah dia orang yang berguna di sisi-Mu. Berikanlah dia tempat yang paling baik di sisi-Mu. Jadikanlah dia seorang yang beruntung di sisi-Mu. Berikanlah dia kebaikan di sisi-Mu dan jadikanlah dia seorang yang beruntung. Berikanlah dia kebahagiaan di sisi-Mu dan jadikanlah dia seorang yang mulia. Ya Allah, ampunilah hamba-Mu dan berikanlah dia keselamatan.”

Selain doa di atas, masih ada lagi doa lainnya yang bisa dibaca ketika menguburkan jenazah. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

“Ya Allah, berikanlah dia keselamatan dan ampunilah dosanya. Dengan segala kerendahan hati dan kesabaran, jadikanlah dia orang yang beruntung. Ya Allah, jadikanlah dia orang yang beruntung di sisi-Mu. Berikanlah dia kebaikan di sisi-Mu dan jadikanlah dia seorang yang beruntung. Berikanlah dia kebahagiaan di sisi-Mu dan jadikanlah dia seorang yang mulia. Ya Allah, ampunilah hamba-Mu dan berikanlah dia keselamatan.”

Kesimpulan

Doa menguburkan jenazah adalah doa yang bisa dibaca oleh siapa pun yang hadir di tempat pemakaman. Doa ini merupakan bentuk penghormatan dan kerendahan hati kita kepada orang yang telah meninggal dunia. Doa ini juga bisa memohon ampunan kepada Allah bagi jenazah yang telah meninggal dunia. Doa ini juga bisa memberikan kesempatan bagi kita untuk merenungi kematian dan memohon kepada Allah untuk menyelamatkan jenazah yang telah meninggal dunia.