Tuliskan Bacaan Niat dan Doa Ketika Berpuasa serta Artinya
Tuliskan Bacaan Niat dan Doa Ketika Berpuasa serta Artinya

Tuliskan Bacaan Niat dan Doa Ketika Berpuasa serta Artinya

Berpuasa merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Umat muslim juga disyariatkan untuk mengucapkan niat dan doa ketika memulai berpuasa. Ucapan niat dan doa ini dimaksudkan agar puasa yang dilakukan dapat diterima oleh Allah. Berikut tulisan bacaan niat dan doa ketika berpuasa serta artinya.

Tulisan Bacaan Niat Puasa

Niat puasa adalah ucapan untuk menyatakan maksud hati dalam berpuasa. Berikut tulisan bacaan niat puasa:

أُصَوِّلُ شَهْرَ رَمَضَانَ، وَأَقُولُ فِيهِ قَوْلَ الصَّائِمِ، للهِ تَعَالَى دِيناً، وَاحْتِسَاباً، وَمِنَ النَّوَافِلِ إِطْعَامُ عَشَرَةِ مُسْكِينينَ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ، وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ.

Arti Niat Puasa

Berikut arti dari bacaan niat puasa:

Aku niatkan berpuasa di bulan Ramadhan, dan mengucapkan ucapan seorang yang berpuasa, agar mendapatkan pahala di sisi Allah Ta’ala, berupa ibadah dan ketaatan kepada-Nya, serta menunaikan kewajiban memberi makan sepuluh orang yang membutuhkan. Tiada Tuhan selain Allah, yang Maha Esa, milik-Nya kerajaan dan segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Tulisan Bacaan Doa Ketika Berpuasa

Selain mengucapkan niat ketika berpuasa, Umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa ketika berpuasa. Berikut tulisan bacaan doa ketika berpuasa:

اللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْئَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِيْ وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِيْ، وَاِنْ كُنْتُ مِنَ الصَّائِمِيْنَ.

Arti Doa Ketika Berpuasa

Berikut arti dari bacaan doa ketika berpuasa:

Ya Allah, aku mohon ampunan-Mu yang luas untukku, dan aku termasuk orang-orang yang berpuasa.

Kesimpulan

Berpuasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Umat muslim disyariatkan untuk mengucapkan niat dan doa ketika memulai berpuasa agar puasa yang dilakukan dapat diterima oleh Allah. Tulisan bacaan niat puasa adalah “أُصَوِّلُ شَهْرَ رَمَضَانَ، وَأَقُولُ فِيهِ قَوْلَ الصَّائِمِ، للهِ تَعَالَى دِيناً، وَاحْتِسَاباً، وَمِنَ النَّوَافِلِ إِطْعَامُ عَشَرَةِ مُسْكِينينَ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ، وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ.” Sedangkan bacaan doa ketika berpuasa adalah “اللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْئَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِيْ وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِيْ، وَاِنْ كُنْتُ مِنَ الصَّائِمِيْنَ.” Dengan membaca niat dan doa ketika berpuasa, diharapkan ibadah puasa yang dilakukan dapat diterima oleh Allah dan mendapatkan pahala di sisi-Nya.