Tulisan Doa Qunut dan Artinya
Tulisan Doa Qunut dan Artinya

Tulisan Doa Qunut dan Artinya

Doa Qunut adalah doa yang dibaca oleh umat Islam ketika salat subuh, di mana di dalamnya berisi permohonan, harapan, dan pujian kepada Allah SWT. Doa Qunut sering dibaca oleh jamaah salat, baik di masjid maupun di rumah. Doa ini diucapkan dengan suara yang agak keras, dimulai dengan kalimat basmalah, lalu dilanjutkan dengan membaca doa sesuai dengan pilihan masing-masing. Doa Qunut berbeda-beda antar mazhab, tetapi inti doanya adalah sama.

Sebelum mengetahui tulisan doa qunut dan artinya, mari kita mengenal dulu maksud dari doa qunut. Doa Qunut adalah sebuah doa yang dibaca oleh umat muslim pada saat salat subuh. Doa Qunut memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan pilihan masing-masing, dan intinya adalah untuk memohon perlindungan dan hidayah kepada Allah SWT. Doa ini biasanya dibaca dengan suara yang keras, dan harus dimulai dengan kalimat basmalah.

Ada banyak jenis doa qunut yang dapat dipilih sesuai dengan mazhab masing-masing. Jenis doa qunut yang sering dipilih adalah Doa Qunut Nazilah. Doa qunut nazilah ini biasa dibaca oleh jamaah salat, baik di masjid ataupun di rumah. Doa qunut nazilah ini terdiri dari beberapa ayat al-Quran dan doa-doa yang dapat membantu kita untuk memperoleh perlindungan dan hidayah dari Allah SWT.

Tulisan Doa Qunut Nazilah dan Artinya

Berikut adalah tulisan doa qunut nazilah dan artinya:

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ وَرَبَّ الأَرْضِ وَرَبَّ الْعَرْشِ إِلَهَ الْعَالَمِينَ اهْدِنِي فِي مَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيمَا أَعَانَيْتَ وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ اهْدِنِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيمِ، صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ

Artinya: “Ya Allah, Tuhan langit dan bumi, Tuhan Arasy, Allah semesta alam. Tunjukilah aku kepada orang yang Engkau berikan petunjuk, berilah aku keselamatan dari apa yang Engkau berikan, berilah aku perlindungan dengan orang yang Engkau berikan perlindungan dan berkati apa yang Engkau berikan, lindungilah aku dari kejahatan yang Engkau tetapkan. Tunjukilah aku kepada jalan-Mu yang lurus, jalan orang-orang yang Engkau karuniakan nikmat kepada mereka, bukan jalan orang-orang yang dimurkai dan juga bukan jalan orang-orang yang sesat”.

Doa qunut nazilah ini biasanya diucapkan setelah membaca ayat Al-Quran dan doa-doa yang lain. Doa qunut nazilah ini merupakan salah satu doa yang dapat membantu kita untuk memohon perlindungan dan hidayah dari Allah SWT. Doa qunut nazilah ini juga bisa membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT, karena dengan membaca doa ini kita dapat merasakan betapa besarnya kasih sayang Allah SWT kepada kita.

Hikmah Doa Qunut

Doa qunut merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan membaca doa qunut, semakin banyak hikmah yang bisa kita dapatkan. Di antaranya adalah:

1. Doa qunut membantu kita untuk berkomunikasi dengan Allah SWT dan merasakan kasih sayang-Nya. Dengan membaca doa qunut ini, kita akan merasakan kedekatan dan keintiman dengan Allah SWT. Ini akan membantu kita untuk lebih mengenal Allah SWT dan menjalin hubungan yang lebih erat dengan-Nya.

2. Doa qunut juga membantu kita untuk mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dengan membaca doa qunut, kita dapat mengungkapkan betapa bersyukurnya kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita.

3. Doa qunut juga membantu kita untuk memohon perlindungan dan hidayah dari Allah SWT. Dengan membaca doa qunut, kita dapat memohon perlindungan dan hidayah dari Allah SWT agar kita dapat menjalani kehidupan ini dengan baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Kesimpulan

Doa qunut adalah sebuah doa yang dibaca oleh umat muslim pada saat salat subuh. Doa qunut memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan pilihan masing-masing, dan intinya adalah untuk memohon perlindungan dan hidayah kepada Allah SWT. Doa qunut nazilah merupakan salah satu doa yang sering dipilih untuk membaca doa qunut. Doa qunut nazilah ini memiliki banyak hikmah yang dapat membantu kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.