Tulisan Arab Doa Sebelum Makan dan Artinya
Tulisan Arab Doa Sebelum Makan dan Artinya

Tulisan Arab Doa Sebelum Makan dan Artinya

Seorang muslim seharusnya mengucapkan doa sebelum makan. Ucapan doa ini bertujuan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah S.W.T. atas rahmat dan karunia-Nya yang telah memberikan kita makanan. Doa ini juga bisa membuka selera makan, sehingga kita akan lebih mudah menikmati makanan yang telah kita nikmati. Berikut adalah tulisan Arab doa sebelum makan dan artinya.

Doa Sebelum Makan dan Artinya

Doa sebelum makan yang sering diajarkan oleh para ulama adalah الحمد لله الذي أطعمنا وسقانا وجعلنا من المسلمين (Alhamdulillahiladzi at’amana wasaqana waj’alna minal muslimin). Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minuman kepada kami dan menjadikan kami dari golongan orang-orang yang beriman.”

Doa Selepas Makan dan Artinya

Selain doa sebelum makan, seorang muslim juga disunahkan untuk membaca doa setelah makan. Doa yang biasa dibaca adalah الحمد لله الذي اطعمنا وسقانا وجعلنا من الشاكرين (Alhamdulillahiladzi at’amana wasaqana waj’alna minash shakirin). Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minuman kepada kami dan menjadikan kami dari golongan orang-orang yang bersyukur.”

Makna Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Makna dari kedua doa ini adalah kita harus bersyukur kepada Allah S.W.T. atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita. Kita juga harus menjadi orang yang bersyukur dengan segala yang telah kita terima. Dengan berdoa, kita dapat menyatakan rasa syukur kita kepada Allah S.W.T. dan memohon pertolongan-Nya untuk menjadi orang yang bertakwa.

Keutamaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Doa sebelum dan sesudah makan memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah kita dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah S.W.T. dengan membaca doa sebelum dan sesudah makan. Selain itu, doa juga dapat membuka selera makan dan menjadikan makanan yang kita makan itu lebih berkah. Jika kita rutin membaca doa sebelum dan sesudah makan, insya Allah kita akan mendapatkan banyak keutamaan dari Allah S.W.T.

Kesimpulan

Dengan membaca doa sebelum dan sesudah makan, kita akan mendapatkan banyak keutamaan dari Allah S.W.T. Doa ini juga akan membuka selera makan dan menjadikan makanan yang kita makan itu lebih berkah. Karena itu, jangan lupa untuk rutin membaca doa sebelum dan sesudah makan agar kita dapat mendapatkan berkah yang lebih dari Allah S.W.T.

Kesimpulan

Doa sebelum dan sesudah makan adalah doa yang harus kita baca sebelum dan sesudah makan. Doa ini akan membuka selera makan kita dan menjadikan makanan yang kita makan itu lebih berkah. Selain itu, doa ini juga akan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah S.W.T. Dengan membaca doa ini, kita akan mendapatkan banyak keutamaan dari Allah S.W.T.