Tulisan Arab Doa Qunut Beserta Artinya
Tulisan Arab Doa Qunut Beserta Artinya

Tulisan Arab Doa Qunut Beserta Artinya

Doa Qunut merupakan salah satu bentuk doa yang sangat penting bagi umat Islam. Doa Qunut dibaca khusus untuk memohon pertolongan Allah SWT dalam menghadapi masalah yang dihadapi, ataupun untuk memohon ampunan bagi diri sendiri. Doa ini biasanya dibaca di waktu shalat subuh ataupun tahajud. Doa Qunut sendiri dibacakan dalam bahasa Arab, sehingga pengetahuan mengenai tulisan Arab sangat penting bagi mereka yang ingin mengamalkan doa ini. Berikut adalah tulisan Arab Doa Qunut beserta artinya.

Doa Qunut Arab Lengkap Beserta Artinya

Doa Qunut Arab yang dibaca dalam shalat subuh ataupun tahajud adalah sebagai berikut:

اللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، اللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan dan kesejahteraan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan dan kesejahteraan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku.”

Kapan Dibaca Doa Qunut?

Doa Qunut dibaca pada saat shalat subuh, tahajud, dan juga doa-doa lain yang dibaca pada waktu-waktu tertentu. Pada waktu shalat subuh, doa Qunut biasanya dibaca setelah ruku’ (sujud pertama) dan sebelum i’tidal (tegak berdiri sebelum rakaat kedua). Sedangkan pada waktu tahajud, doa Qunut dibaca sebelum shalat tahajud dimulai.

Manfaat Doa Qunut

Doa Qunut memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Dengan membaca doa Qunut, kita akan merasakan ketenangan dan kedamaian. Dengan menyebut nama Allah SWT, kita akan merasakan kedekatan dengan-Nya.

2. Doa Qunut akan menjadi penghormatan dan meningkatkan ketaatan kita kepada Allah SWT.

3. Doa Qunut akan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT, karena dengan membaca doa Qunut kita memohon kepada-Nya dan meminta pertolongan-Nya.

4. Doa Qunut juga akan meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya.

Cara Membaca Doa Qunut

Cara membaca Doa Qunut sangatlah mudah. Pertama, Anda harus membaca doa Qunut dalam bahasa Arab, kemudian mengucapkan bacaan tersebut dengan lantang dan jelas. Setelah itu, Anda dapat mengucapkan arti dari doa Qunut dalam bahasa Indonesia atau bahasa lainnya.

Doa Qunut Arab Lainnya

Selain doa Qunut yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa doa Qunut Arab lainnya yang dapat Anda baca. Berikut adalah beberapa contoh doa Qunut Arab lainnya:

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ.

Artinya: “Ya Allah, berilah petunjuk kepadaku di jalan-Mu yang Engkau tunjuki, sembuhkanlah aku dari penyakit-penyakit yang Engkau sembuhkan, lindungilah aku di jalan-Mu yang Engkau lindungi, berkahilah aku dengan karunia-Mu yang Engkau berikan, lindungilah aku dari apa yang Engkau tetapkan, sesungguhnya Engkau-lah yang mengatur dan tidak ada yang mengatur atas-Mu, dan sesungguhnya tidak ada yang hina di hadapan orang yang Engkau karuniakan kemuliaan, dan tidak ada yang dimuliakan di hadapan orang yang Engkau cela.”

Kesimpulan

Doa Qunut adalah salah satu bentuk doa yang sangat penting bagi umat Islam. Doa ini biasanya dibaca di waktu shalat subuh ataupun tahajud. Doa Qunut dibaca dalam bahasa Arab dan memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan ketenangan, keimanan, rasa syukur, dan juga kedekatan dengan Allah SWT. Namun, orang yang ingin mengamalkan doa Qunut harus memahami tulisan Arabnya terlebih dahulu.