Tulis Doa Menyembelih Aqiqah Lengkap dengan Artinya
Tulis Doa Menyembelih Aqiqah Lengkap dengan Artinya

Tulis Doa Menyembelih Aqiqah Lengkap dengan Artinya

Menyembelih Aqiqah merupakan salah satu ritual yang dilakukan oleh orang Islam untuk menyambut kelahiran bayi. Dalam menyembelih Aqiqah, ada beberapa doa yang harus dibaca. Doa ini dibacakan untuk mengharapkan pertolongan Allah SWT dan berkah atas anak yang baru lahir.

Doa menyembelih Aqiqah ini dapat dibaca oleh orang yang menyembelih, baik itu ayah, kakek, paman, ataupun orang lain yang berkenan. Doa ini juga dapat dibaca oleh para tamu yang hadir pada saat penyembelihan Aqiqah. Berikut ini adalah tulisan doa menyembelih Aqiqah lengkap dengan artinya.

Doa Menyembelih Aqiqah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَآلِهِ وَصَحْبِهِ، الْإِحْسَانَ عَلَى هَذِهِ الْأَضْحَايَا، وَأَنْ تُغْفِرَ لِأَهْلِهَا، وَتَرْزُقَهُمْ مِنْ خَيْرِ مَا رَزَقْتَهُمْ، وَتَرْضَهُمْ بِهَا وَتَقْبَلَهَا مِنْهُمْ، وَتَجْعَلَهَا لَهُمْ نَصِيباً مِنْ كَلِمَاتِكَ الْحَسَنَةِ، وَأَنْ تَجْعَلَهَا لَنَا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ سَبَباً لِنُصْلِيَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحَقِّ جَمِيعِ ذِي الْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا، وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Artinya

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu dengan hak Muhammad SAW, keluarga dan shahabat-Nya, semoga Engkau memberikan karunia kepada hewan qurban ini dan ampunilah ahli keluarganya, berilah mereka rezeki yang baik yang Engkau berikan dan ridhailah hewan qurban ini dari mereka dan terimalah dari mereka, dan jadikanlah hewan qurban ini sebagai bagian dari kebaikan ucapan-Mu. Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu dengan hak semua makhluk yang mulia dan terhormat, segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesempatan hidup kepada kami setelah menghidupkan kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.

Tata Cara Membaca Doa Menyembelih Aqiqah

Ada beberapa tata cara yang harus diperhatikan saat membaca doa menyembelih Aqiqah. Pertama, posisi yang benar yaitu berdiri dengan kedua kaki terbuka, sambil menghadap kiblat. Kedua, bersujud sebentar sebelum membaca doa. Ketiga, membaca doa dengan jelas dan tulus. Terakhir, setelah selesai membaca doa, bersyukur dan berdoa kepada Allah SWT.

Manfaat Doa Menyembelih Aqiqah

Doa menyembelih Aqiqah merupakan salah satu doa yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Dengan membacakan doa ini, diharapkan anak yang baru lahir mendapatkan berkah dan karunia dari Allah SWT. Selain itu, doa menyembelih Aqiqah juga bermanfaat untuk mendapatkan ridha dan rahmat Allah SWT.

Kesimpulan

Doa menyembelih Aqiqah merupakan salah satu doa yang harus dibaca oleh orang yang menyembelih Aqiqah. Doa ini dibaca untuk mengharapkan pertolongan dan berkah dari Allah SWT. Doa ini juga dilengkapi dengan tata cara membacanya dan manfaat yang bisa didapatkan. Dengan demikian, semoga doa menyembelih Aqiqah dapat menjadi berkah dan rahmat bagi keluarga yang baru saja mendapatkan anak.