Tulis Doa Masuk Masjid Beserta Artinya
Tulis Doa Masuk Masjid Beserta Artinya

Tulis Doa Masuk Masjid Beserta Artinya

Doa masuk masjid merupakan salah satu amalan ibadah yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Istilah “doa masuk masjid” merujuk pada doa yang dibaca ketika memasuki masjid. Doa ini punya makna yang luar biasa, dimana kita memohon perlindungan kepada Allah agar terhindar dari kejahatan dan dosa. Selain itu, doa ini juga menjadi pengingat untuk kita untuk selalu berkomitmen untuk melakukan ibadah dalam setiap kesempatan.

Berbeda dengan doa-doa lainnya, doa masuk masjid tidak punya doa yang khusus yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Namun, terdapat beberapa doa yang dapat kita baca ketika berada di masjid. Salah satu doa yang populer adalah doa berikut ini:

“اللهُـم افتَـحْ لي اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ”

Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.”

Doa ini berarti kita meminta kepada Allah agar dibukakan pintu-pintu rahmat dan berkah-Nya di dalam masjid. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kesuksesan dan keberhasilan di dalam ibadah dapat kita raih. Selain itu, doa ini juga mengingatkan kita bahwa dalam menjalankan ibadah, kita harus memohon petunjuk dan pertolongan dari Allah SWT.

Selain doa di atas, ada juga doa lain yang dapat kita baca ketika masuk masjid. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

“اللهُمَّ افْتَحْ لي ابْوَابَ رَحْمَتِكَ”

Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat dan kasih sayang-Mu.”

“اللهُمَّ افْتَحْ لي ابْوَابَ بَرَكَاتِكَ”

Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu berkah dan kurnia-Mu.”

“اللهُمَّ افْتَحْ لي ابْوَابَ فَضْلِكَ”

Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu anugerah dan keutamaan-Mu.”

“اللهُمَّ افْتَحْ لي ابْوَابَ جَنَّتِكَ”

Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu surga-Mu.”

Doa-doa di atas memiliki makna yang sama, yaitu memohon kepada Allah agar diperkenankan masuk ke dalam masjid dan diizinkan untuk melakukan ibadah. Dengan mengucapkan doa-doa ini, kita berharap agar Allah memberikan rahmat dan berkah-Nya dalam setiap ibadah yang kita lakukan di masjid.

Doa Masuk Masjid Sebagai Pemurni Jiwa

Selain memberikan keamanan dan perlindungan, doa masuk masjid juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai pemurni jiwa. Doa ini mengingatkan kita untuk menjaga hati kita dari berbagai macam rasa takut, marah dan permusuhan yang bisa mengganggu konsentrasi kita dalam melakukan ibadah. Dengan demikian, kita dapat melakukan ibadah dengan fokus dan khusyuk.

Selain itu, doa masuk masjid juga berguna untuk membantu kita menghilangkan berbagai macam godaan yang bisa mengganggu konsentrasi kita dalam melakukan ibadah. Godaan-godaan seperti rasa malas, sombong, sombong, dan lain sebagainya dapat dengan mudah terjadi di dalam masjid. Dengan mengucapkan doa ini, kita dapat memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dari semua godaan tersebut.

Pentingnya Membaca Doa Masuk Masjid

Membaca doa masuk masjid adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini mengandung makna yang luar biasa, baik dalam hal perlindungan maupun pemurnian hati. Dengan mengucapkan doa masuk masjid, kita punya komitmen untuk melakukan ibadah dengan khusyuk dan sungguh-sungguh.

Namun, kita juga harus ingat bahwa doa masuk masjid tidak dapat menggantikan amalan ibadah lain yang harus kita lakukan. Kita harus tetap melakukan amalan ibadah seperti shalat, puasa, dan lain sebagainya. Doa masuk masjid hanyalah sebagai tambahan saja agar kita dapat beribadah dengan khusyuk dan sungguh-sungguh.

Kesimpulan

Doa masuk masjid adalah salah satu amalan ibadah yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini memiliki makna yang luar biasa, dimana kita memohon perlindungan kepada Allah agar terhindar dari kejahatan dan dosa. Selain itu, doa ini juga berfungsi sebagai pemurni jiwa dan menjadi pengingat untuk kita untuk selalu berkomitmen untuk melakukan ibadah. Oleh karena itu, membaca doa masuk masjid adalah salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan.