Terjemahan Doa Iftitah dan Artinya
Terjemahan Doa Iftitah dan Artinya

Terjemahan Doa Iftitah dan Artinya

Doa Iftitah merupakan salah satu doa yang biasa dibaca ketika memulai shalat. Doa ini biasanya dibaca dengan tegas dan bersungguh-sungguh. Doa ini juga mencerminkan ekspresi dari hati yang sangat lemah dan tunduk kepada Allah SWT.

Terjemahan Doa Iftitah

Doa Iftitah dalam bahasa Arab berbunyi: “اللَّهُـمَّ بَـارِكْ لَـنَا فِـيْهِ وَزِدْنَا مِـنْ فَضْـلِكَ”. Terjemahannya dalam bahasa Indonesia adalah: “Ya Allah, berkahilah kami dalam shalat ini dan tambahkanlah kelebihan dari sisi-Mu”.

Arti Doa Iftitah

Doa Iftitah berarti meminta kepada Allah agar diberikan keberkahan dan kelebihan-Nya. Dengan membaca doa ini, seseorang ingin mengharapkan agar shalatnya diberkahi oleh Allah dan menerima limpahan rahmat-Nya. Dengan membaca doa ini, seseorang juga ingin mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan spiritualitasnya.

Kapan Harus Membaca Doa Iftitah?

Doa Iftitah harus dibaca ketika akan memulai shalat. Jika seseorang lupa membaca doa ini, maka ia masih bisa membacanya setelah ruku dan sujud pertama. Namun, doa ini harus segera dibaca setelah memulai shalat. Doa Iftitah dibaca satu kali saja ketika memulai shalat.

Kapan Tidak Perlu Membaca Doa Iftitah?

Doa Iftitah tidak perlu dibaca ketika memulai shalat sunnah atau shalat nadzar. Jika seseorang melakukan shalat sunnah atau shalat nadzar, maka ia tidak perlu membaca doa Iftitah. Shalat sunnah atau shalat nadzar juga tidak perlu ditambah dengan doa-doa lainnya.

Keutamaan Membaca Doa Iftitah

Membaca doa Iftitah dianggap sebagai keutamaan yang sangat besar. Dengan membaca doa ini, seseorang akan merasakan kedekatan dengan Allah dan dapat mengharapkan limpahan rahmat-Nya. Seseorang yang membaca doa Iftitah dengan penuh keyakinan dan tawadhu akan mendapatkan pahala yang besar.

Kesimpulan

Doa Iftitah adalah doa yang biasa dibaca ketika memulai shalat. Doa ini berarti meminta kepada Allah agar diberikan keberkahan dan kelebihan-Nya. Membaca doa Iftitah dianggap sebagai keutamaan yang sangat besar. Dengan membaca doa ini, seseorang akan merasakan kedekatan dengan Allah dan dapat mengharapkan limpahan rahmat-Nya.