Teks Doa Qunut dan Artinya
Teks Doa Qunut dan Artinya

Teks Doa Qunut dan Artinya

Doa Qunut adalah salah satu doa yang disunnahkan untuk diperlakukan dalam shalat subuh. Doa qunut ini merupakan doa yang istimewa karena di dalamnya terkandung banyak keutamaan dan keutamaan yang luar biasa. Doa Qunut adalah doa yang dibaca setelah melakukan rukuk dan sujud di dalam shalat subuh. Arti kata qunut sendiri adalah “mengangkat tangan”.

Doa qunut dalam bahasa Arab disebut ‘qunut nawaitu’, yang artinya adalah ‘saya mengangkat tangan saya’. Doa qunut ini dibaca oleh imam di dalam shalat subuh, atau oleh jemaah di dalam shalat jamaah. Doa qunut ini dibaca dengan lantang dan penuh keyakinan. Doa qunut ini sangat populer di kalangan muslim dan banyak orang yang menyebutnya sebagai salah satu doa yang paling banyak digunakan.

Teks doa qunut yang paling populer adalah sebagai berikut:

“Allahumma ihdini fiman hadayta wa ‘afini fiman ‘afayta wa tawallani fiman tawallayta wa barik li fima a’tayta, wa qini sharra ma qadayta, fa innaka taqdi wa la yuqda ‘alayka, wa innahu laa yadhillu man waalayta, tabaarakta Rabbana wa ta’aalayta”.

Arti dari teks doa qunut tersebut adalah sebagai berikut: “Ya Allah, tunjukkanlah orang yang Engkau beri petunjuk, dan maafkanlah orang yang Engkau beri ampun, dan tinggikanlah orang yang Engkau kuasai, dan berkahilah orang yang Engkau beri berkah, dan hilangkanlah kejahatan yang Engkau ciptakan, sesungguhnya Engkau yang menentukan dan tidak ada yang dapat menolak keputusan-Mu, dan sesungguhnya tidak ada yang dapat mengalahkan-Mu, Maha Suci Tuhan kami dan Maha Tinggi.

Doa qunut memiliki beberapa keutamaan. Pertama, doa qunut membantu kita untuk mengingat Allah. Dengan doa qunut, kita dapat mengungkapkan rasa syukur, takut, dan harapan kepada Allah. Dengan doa qunut, kita dapat mengungkapkan rasa sayang kepada Allah dan mengakui bahwa kita membutuhkan keteguhan dan pertolongan-Nya. Kedua, doa qunut adalah cara untuk memohon pertolongan kepada Allah dan meminta-Nya untuk melakukan segala hal yang terbaik untuk kita. Dengan doa qunut, kita dapat meminta Allah untuk menyelamatkan kita dari segala masalah.

Ketiga, doa qunut juga dapat membantu kita untuk menghibur diri dan menyadari bahwa kita adalah hamba-Nya. Dengan doa qunut, kita dapat mengingatkan diri bahwa kita selalu membutuhkan pertolongan Allah dan bahwa kita harus berusaha untuk melakukan yang terbaik dan bersyukur atas apa yang telah diberikan-Nya. Keempat, doa qunut juga membantu kita untuk mengingatkan diri bahwa kita tidak boleh melupakan Allah dan harus selalu berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik.

Kesimpulan

Doa qunut adalah salah satu doa yang disunnahkan untuk diperlakukan dalam shalat subuh. Doa qunut ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya mengingat Allah, memohon pertolongan-Nya, menghibur diri, dan mengingatkan diri bahwa kita selalu membutuhkan pertolongan Allah. Doa qunut adalah salah satu cara untuk memperkuat komitmen kita kepada Allah dan mengungkapkan rasa syukur, takut, dan harapan kepada-Nya.