Tata Cara Sujud Syukur dan Doa Sujud Syukur Beserta Artinya
Tata Cara Sujud Syukur dan Doa Sujud Syukur Beserta Artinya

Tata Cara Sujud Syukur dan Doa Sujud Syukur Beserta Artinya

Sujud syukur adalah salah satu tata cara beribadah yang sangat dianjurkan oleh agama. Sujud syukur adalah salah satu bentuk ibadah yang menunjukkan rasa syukur dan pengabdian kepada Tuhan. Pertama kali, tata cara sujud syukur dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan diperintahkan langsung oleh Allah SWT. Sujud syukur ini bisa dilakukan ketika seseorang merasa bersyukur, ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT, atau untuk menyembah Allah.

Tata Cara Sujud Syukur

Tata cara sujud syukur adalah dengan berdiri di lantai dengan kaki sejajar, lalu lutut dipanjangkan ke tanah, lalu dagu dijadikan tempat sandaran. Kemudian tangan diletakkan di sisi kiri dan kanan, dan kedua tangan bergerak bersamaan, dari sisi kanan ke sisi kiri, sambil mengucapkan doa sujud syukur.

Berdasarkan hadis yang dikutip dari Sahih Bukhari (1705), lafadz doa tata cara sujud syukur adalah: “Subhana Rabbi yasifoon wa bihamdihi”. Kata-kata ini berarti, “Maha Suci Tuhanku dan aku memujiNya”.

Manfaat Sujud Syukur

Di dalam Al-Qur’an, Allah SWT menyebutkan bahwa orang yang menyembah-Nya dengan sujud syukur akan diberikan berkah-Nya. Hal tersebut dapat dilihat dalam ayat Al-Qur’an yang berbunyi: “Hai orang-orang yang beriman, sembahlah Allah dan bersujudlah kepada-Nya dan rukuklah (sujud) dengan orang-orang yang rukuk (sujud).” (QS. Al-Hajj: 77).

Selain itu, sujud syukur juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan. Karena, saat melakukan sujud syukur harus benar-benar fokus dan juga berdiri tegak, lalu lutut dipanjangkan ke tanah. Hal ini akan membuat seseorang lebih disiplin dan mampu menjaga konsentrasi.

Pahala Sujud Syukur

Dalam Sahih Bukhari (1705) terdapat hadis yang menjelaskan bahwa orang yang melakukan sujud syukur akan mendapatkan pahala yang sangat besar di sisi Allah SWT. Hadis tersebut menyebutkan bahwa seseorang akan mendapatkan pahala sebesar 10 kali lipat dari jumlah pahala yang diberikan untuk melakukan shalat berjamaah. Hal ini berarti, seseorang yang melakukan sujud syukur akan mendapatkan pahala sebesar 10 kali lipat dari pahala shalat berjamaah.

Waktu Sujud Syukur

Sujud syukur bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik di rumah, di masjid, ataupun di tempat-tempat lainnya. Namun, ada juga beberapa waktu khusus yang disarankan untuk melakukan sujud syukur. Beberapa diantaranya adalah ketika berjalan di jalan, ketika mendapatkan rezeki yang baik, ketika mendapatkan taufiq dari Allah SWT untuk melakukan hal yang bermanfaat, ketika mendapatkan keselamatan dan kesehatan, dan setelah melakukan shalat.

Doa Sujud Syukur

Doa sujud syukur adalah lafadz yang diucapkan oleh seseorang ketika melakukan sujud syukur. Doa sujud syukur yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah: “Subhana Rabbi yasifoon wa bihamdihi”. Doa ini berarti: “Maha Suci Tuhanku dan aku memujiNya”.

Selain itu, ada juga beberapa doa lain yang bisa disertakan ketika melakukan sujud syukur. Beberapa diantaranya adalah: “Alhamdulillahilazim rabbil ‘alamin” yang berarti: “Segala puji bagi Allah Yang Maha Berkuasa, Tuhan semesta alam”, atau “Alhamdulillahiladzi laa ilaaha illa Huwa” yang berarti, “Segala puji bagi Allah Yang Maha Agung, tidak ada Tuhan selain Dia”.

Kesimpulan

Sujud syukur adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama. Sujud syukur ini bisa dilakukan ketika seseorang merasa bersyukur, ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT, atau untuk menyembah Allah. Tata cara sujud syukur adalah dengan berdiri di lantai dengan kaki sejajar, lalu lutut dipanjangkan ke tanah, lalu dagu dijadikan tempat sandaran. Lalu tangan diletakkan di sisi kiri dan kanan, dan kedua tangan bergerak bersamaan, dari sisi kanan ke sisi kiri, sambil mengucapkan doa sujud syukur.

Selain itu, sujud syukur juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan. Di dalam Al-Qur’an, Allah SWT menyebutkan bahwa orang yang menyembah-Nya dengan sujud syukur akan diberikan berkah-Nya. Seseorang yang melakukan sujud syukur akan mendapatkan pahala sebesar 10 kali lipat dari pahala shalat berjamaah. Sujud syukur bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik di rumah, di masjid, ataupun di tempat-tempat lainnya. Doa sujud syukur yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah: “Subhana Rabbi yasifoon wa bihamdihi”, dan ada beberapa doa lain yang bisa disertakan ketika melakukan sujud syukur.