Pengertian Doa Mau Makan dan Artinya
Pengertian Doa Mau Makan dan Artinya

Pengertian Doa Mau Makan dan Artinya

Doa mau makan atau yang biasa disebut dengan bacaan doa sebelum makan merupakan sebuah bentuk doa yang biasanya dibacakan sebelum melakukan aktivitas makan. Doa yang dibacakan ini biasanya adalah sebuah doa yang memohon kepada Allah SWT untuk memberikan rahmat dan berkah-Nya sehingga makanan yang kita makan dapat bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu, bacaan doa sebelum makan juga bisa diartikan sebagai sebuah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya.

Tujuan Doa Mau Makan

Tujuan dari doa mau makan adalah untuk mengingatkan kita bahwa makanan yang kita makan adalah sebuah nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Dengan melakukan doa sebelum makan ini, membuat kita menjadi lebih bersyukur karena telah diberikan nikmat makan. Selain itu, dengan doa ini juga kita dapat mengingatkan diri kita bahwa sebelum kita makan, kita harus berdoa terlebih dahulu.

Bacaan Doa Mau Makan

Bacaan doa mau makan memiliki berbagai macam bentuk, tergantung dari versi Al-Quran dan hadits yang dijadikan dasar. Beberapa contoh bacaan doa mau makan adalah:

  • “Bismillaahir Rahmaanir Rahiim. Alhamdulillaahi Rabbil ‘Aalamiin. Wa rozaqtanaa fiihii min ghoofiril waaliidaini wa rozaqnaa thoyyibaat. Wa tazkiiras sholawaat. Wa bihii na’amal maa wa-aalaynaa wa ‘alaa ‘aalamiina wal muslimiina wa ‘alaa ahlihii. Wabarik ‘alaynaa fiih. Aamiin.”
  • “Bismillaahir Rahmaanir Rahiim. Alhamdulillaahi Rabbil ‘Aalamiin. Allahumma baarik lanaa fiih. Wasi’ta lanaa fiih. Wa tawaffanaa fiih. Wa qinaa ‘adhaabannaar. Allahumma innii as-aluka rizqon thoyyib. Wa ahsan amalan. Wa ‘afuwwan karim. Wa hajjatan ghoirah. Aamiin.”
  • “Bismillaahir Rahmaanir Rahiim. Alhamdulillaahi Rabbil ‘Aalamiin. Wa rozaqnaa fiihii min ghoofiril waaliidaini wa rozaqnaa thoyyibaat. Wa tazkiiras sholawaat. Wa bihii na’amal maa wa-aalaynaa wa ‘alaa ‘aalamiina wal muslimiina wa ‘alaa ahlihii. Wabarik ‘alaynaa fiih. Aamiin.”

Doa Mau Makan dalam Islam

Doa mau makan merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat disarankan dalam Islam. Hal ini disebabkan bahwa doa mau makan merupakan sebuah bentuk syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita. Selain itu, dengan doa mau makan ini juga kita dapat memohon kepada Allah SWT untuk memberi kita rizki yang baik dan berkah dalam setiap makanan yang kita makan.

Faedah Doa Mau Makan

Ada berbagai macam faedah yang bisa kita dapatkan dengan melakukan doa mau makan. Faedah utama adalah kita dapat menjadi lebih bersyukur karena telah diberikan nikmat makan oleh Allah SWT. Selain itu, dengan melakukan doa mau makan ini juga kita dapat menjaga kebersihan diri kita baik secara fisik maupun mental. Hal ini disebabkan karena doa mau makan ini membuat kita lebih menyadari akan ketersediaan makanan yang kita makan dan akan lebih menghargai makanan tersebut.

Arti Doa Mau Makan

Arti dari doa mau makan adalah sebuah bentuk doa yang memohon kepada Allah SWT untuk memberikan rahmat dan berkah-Nya sehingga makanan yang kita makan dapat bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu, doa mau makan juga merupakan sebuah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya. Doa ini juga dapat membuat kita lebih bersyukur dan menghargai setiap makanan yang kita makan.

Kesimpulan

Doa mau makan adalah sebuah bentuk doa yang biasanya dibacakan sebelum melakukan aktivitas makan. Tujuan dari doa ini adalah untuk mengingatkan kita bahwa makanan yang kita makan adalah sebuah nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT dan juga untuk mengingatkan diri kita bahwa sebelum kita makan, kita harus berdoa terlebih dahulu. Dengan melakukan doa mau makan ini, kita dapat menjadi lebih bersyukur dan menghargai setiap makanan yang kita makan.