Niat Doa Iftitah Beserta Artinya
Niat Doa Iftitah Beserta Artinya

Niat Doa Iftitah Beserta Artinya

Doa iftitah adalah doa yang dibaca sebelum memulai shalat. Niat atau tujuan membaca doa iftitah adalah untuk menyatakan kesungguhan dan keikhlasan hati saat melakukan shalat. Dengan membaca doa iftitah, seseorang akan menjadikan shalat sebagai ibadah yang tulus dan ikhlas. Doa iftitah biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu niat dan doa. Dalam bagian niat, seseorang biasanya akan menyebut siapa yang akan dilakukan shalat dan shalat apa yang akan dilakukan. Sedangkan bagian doa biasanya akan berisi permohonan pada Allah SWT agar memberikan kebaikan dan kemudahan selama melakukan shalat.

Arti Niat Doa Iftitah

Dalam menyebutkan niat doa iftitah, seseorang biasanya akan menyebutkan tujuan atau niat yang dimiliki saat melakukan shalat. Niat ini akan menyatakan niat siapa yang melakukan shalat, jenis shalat apa yang akan dilakukan, dan jumlah rakaatnya. Misalnya, seseorang yang akan melakukan shalat Shubuh 2 rakaat, maka niatnya adalah “Nawaitu an usholli shalata Shubuhan awwalahu wa akhirahu”. Artinya, “Aku niat melakukan shalat Shubuh dua rakaat, awal dan akhir”.

Doa Iftitah

Selanjutnya setelah menyebutkan niat, seseorang akan melanjutkan dengan doa iftitah. Doa iftitah ini biasanya berisi permohonan pada Allah SWT agar memberikan kemudahan dan kebaikan saat melakukan shalat. Doa iftitah juga berisi rasa syukur dan takwa kepada Allah SWT. Berikut adalah doa iftitah yang sering digunakan: “Subhaanaka allahumma wa bihamdika, ash-hadu an la ilaha illa anta, astaghfiruka wa atubu ilayk”. Artinya, “Maha suci Engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampunan kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu”.

Manfaat Niat Doa Iftitah

Mengucapkan niat doa iftitah sebelum melakukan shalat memiliki manfaat yang sangat besar. Pertama, niat doa iftitah membuat seseorang lebih tekun dan khusyuk saat melakukan shalat. Dengan menyebutkan niat, maka seseorang akan menyadari bahwa ia sedang melakukan ibadah, sehingga dia akan lebih fokus dan konsentrasi saat melakukan shalat. Kedua, niat doa iftitah akan membuat seseorang merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Dengan mengingat-Nya, seseorang akan merasa lebih rindu dan yakin bahwa Allah SWT akan mendengar doanya.

Kesimpulan

Niat doa iftitah adalah doa yang biasa dibaca sebelum memulai shalat. Niat doa iftitah akan menyatakan niat siapa yang melakukan shalat, jenis shalat apa yang akan dilakukan, dan jumlah rakaatnya. Doa iftitah biasanya berisi permohonan pada Allah SWT agar memberikan kemudahan dan kebaikan selama melakukan shalat. Mengucapkan niat doa iftitah sebelum melakukan shalat memiliki manfaat yang sangat besar, seperti membuat seseorang lebih tekun dan khusyuk saat melakukan shalat, serta membuat seseorang merasa lebih dekat dengan Allah SWT.

Kesimpulan

Doa iftitah adalah doa yang biasa dibaca sebelum melakukan shalat. Niat doa iftitah akan menyatakan niat siapa yang melakukan shalat, jenis shalat apa yang akan dilakukan, dan jumlah rakaatnya. Doa iftitah biasanya berisi permohonan pada Allah SWT agar memberikan kemudahan dan kebaikan selama melakukan shalat. Mengucapkan niat doa iftitah sebelum melakukan shalat memiliki manfaat yang sangat besar, seperti membuat seseorang lebih tekun dan khusyuk saat melakukan shalat, serta membuat seseorang merasa lebih dekat dengan Allah SWT.