Niat dan Tata Cara Bacaan Doa Sholat Tasbih Lengkap dan Artinya
Niat dan Tata Cara Bacaan Doa Sholat Tasbih Lengkap dan Artinya

Niat dan Tata Cara Bacaan Doa Sholat Tasbih Lengkap dan Artinya

Doa sholat tasbih adalah salah satu doa untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT. Doa sholat tasbih juga memiliki niat dan tata cara tertentu sebagai kaidah yang dianjurkan. Pada artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi lengkap mengenai niat dan tata cara bacaan doa sholat tasbih lengkap dan artinya.

Niat Doa Sholat Tasbih

Niat doa sholat tasbih adalah dengan menyebutkan niat di dalam hati yaitu “Aku niat sholat tasbih 4 rakaat karena Allah SWT.”. Jika kamu ingin membaca doa sholat tasbih, maka niat tersebut harus disebutkan terlebih dahulu dalam hati.

Tata Cara Bacaan Doa Sholat Tasbih

Tata cara bacaan doa sholat tasbih adalah dengan membaca surat Al Fatihah di setiap rakaatnya. Setelah itu, lanjutkan dengan membaca ayat kursi. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan membaca doa sholat tasbih. Bacaan doa sholat tasbih seperti berikut: “Allahu Akbar 34x, Subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x.” Jika kamu telah selesai membaca doa sholat tasbih, maka lanjutkan dengan bacaan tasbih yang berikut ini: “La ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli shai’in qadiir.”

Arti Doa Sholat Tasbih

Doa sholat tasbih adalah doa yang menyatakan bahwa hanya Allah SWT yang berhak untuk disembah. Dengan membaca doa ini, kita berharap Allah SWT akan senantiasa meridhoi segala amal ibadah kita. Doa sholat tasbih juga berarti kita mengakui bahwa hanya Allah saja yang memiliki kekuasaan atas segala sesuatu di alam semesta.

Keutamaan Membaca Doa Sholat Tasbih

Membaca doa sholat tasbih memiliki beberapa keutamaan. Di antaranya adalah membuat hati menjadi tenang, menerima hidayah Allah SWT, dan memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat. Doa sholat tasbih juga dipercaya dapat menolak segala bentuk bala yang akan menimpa seseorang. Selain itu, doa sholat tasbih juga bisa meningkatkan semangat dan menghilangkan perasaan malas.

Waktu dan Tempat Membaca Doa Sholat Tasbih

Doa sholat tasbih bisa dibaca di mana saja dan kapan saja. Namun, lebih baik jika membaca doa sholat tasbih pada malam hari ketika suasana perlahan. Jika memungkinkan, baca doa sholat tasbih di masjid atau di tempat yang tenang. Karena di tempat-tempat seperti itu, kita bisa lebih fokus untuk beribadah dan berdoa.

Hadist Tentang Doa Sholat Tasbih

Berikut adalah hadist tentang doa sholat tasbih yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA: “Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca doa sholat tasbih sebanyak 40 kali sehari, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya walaupun jumlahnya sebanyak buih di laut.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Nasehat Tentang Doa Sholat Tasbih

Kamu disarankan untuk sering membaca doa sholat tasbih. Karena dengan membaca doa ini, kamu bisa mendapatkan banyak keutamaan. Selain itu, kamu juga harus memperbanyak membaca doa lainnya. Sebagai muslim, kita harus selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dan keberkahan dalam segala hal.

Kesimpulan

Doa sholat tasbih adalah salah satu doa yang dianjurkan untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT. Doa ini memiliki niat dan tata cara bacaan tertentu. Membaca doa sholat tasbih juga memiliki banyak keutamaan, seperti membuat hati tenang, menerima hidayah Allah SWT, dan memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat. Mari kita semakin sering membaca doa sholat tasbih agar kita senantiasa diberikan kemudahan dan keberkahan dalam segala hal.