Niat dan Doa Sholat Dhuha beserta Artinya
Niat dan Doa Sholat Dhuha beserta Artinya

Niat dan Doa Sholat Dhuha beserta Artinya

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu sebelum matahari terbit, dengan mengerjakan dua rakaat dan ditambah dengan doa-doa tertentu yang dibaca setelah sholat. Sholat Dhuha ini punya banyak keutamaan di antaranya adalah kita akan mendapatkan pahala yang besar. Sebagian ulama menyebutkan bahwa sholat Dhuha ini termasuk sholat yang paling banyak pahala yang didapatkan.

Niat sholat Dhuha adalah sebagai berikut “Nawaitu Sholatul Dhuhaa Ihdinaas Shiyam” yang artinya “Aku niat melaksanakan sholat sunnah Dhuha dengan maksud syariat”. Setelah melakukan niat, maka jalankan sholat dengan mengerjakan dua rakaat. Setelah itu, bacalah doa yang dibaca setelah sholat Dhuha. Berikut doa yang dibaca setelah sholat Dhuha beserta artinya.

Doa Sholat Dhuha dan Artinya

Doa sholat Dhuha yang dibaca setelah melakukan sholat adalah sebagai berikut: “Allaahumma laka asyaluka bi anfusinaa wa bi amaalinaa wa bi zakaatinaa wa bi hajatinaa wa bi ‘ibaadatinaa wa bi ahlika wa bi ahdiya” yang artinya “Ya Allah, kami mohon kepada-Mu dengan kepribadian kami, dengan amal kami, dengan zakat kami, dengan hajat kami, dengan ibadah kami, dengan keluarga kami, dan dengan persetujuan kami”.

Selain doa di atas, sebagian ulama menyebutkan bahwa dibaca pula doa berikut ini “Allaahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fid dunyaa wal aakhirati” yang artinya “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keampunan dan kesehatan di dunia dan akhirat”.

Doa di atas memiliki keutamaan tersendiri, yaitu: pertama, kita akan mendapatkan pahala (thawab) yang besar dari Allah Swt. Kedua, Allah Swt akan memberikan lindungan dan perlindungan kepada kita sehingga kita akan selalu mendapatkan keberuntungan dan kesuksesan di dunia dan di akhirat.

Ketiga, Allah Swt akan menerima doa-doa kita dan memberikan kita kebaikan dan keberkahan. Keempat, akan mendapatkan kekuatan jiwa dan spiritual. Kelima, akan mendapatkan kesabaran dan ketenangan di dalam hati. Keenam, akan mendapatkan kemuliaan di hadapan Allah Swt.

Manfaat Sholat Dhuha

Selain mendapatkan banyak manfaat dan keutamaan, ada beberapa manfaat yang didapatkan jika kita rutin melakukan sholat Dhuha. Pertama, kita bisa mendapatkan kekuatan spiritual untuk melawan berbagai godaan dan cobaan. Kedua, kita akan mendapatkan ketenangan di dalam hati. Ketiga, kita bisa mendapatkan kemuliaan di hadapan Allah Swt. Keempat, kita akan mendapatkan berkah dan keberuntungan dalam hidup.

Kelima, kita bisa mendapatkan petunjuk dan hidayah dari Allah Swt. Keenam, kita akan mendapatkan kekuatan dan kepercayaan diri di dalam menghadapi berbagai rintangan. Ketujuh, kita akan mendapatkan kecerdasan dan kebijaksanaan. Terakhir, kita akan mendapatkan kemampuan untuk menjalankan tugas-tugas yang berat.

Kesimpulan

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang harus dilakukan setelah matahari terbit dengan mengerjakan dua rakaat dan ditambah dengan doa-doa tertentu. Niat sholat Dhuha adalah “Nawaitu Sholatul Dhuhaa Ihdinaas Shiyam” dan doanya adalah “Allaahumma laka asyaluka bi anfusinaa wa bi amaalinaa wa bi zakaatinaa wa bi hajatinaa wa bi ‘ibaadatinaa wa bi ahlika wa bi ahdiya” serta “Allaahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fid dunyaa wal aakhirati”. Sholat Dhuha memiliki banyak manfaat dan keutamaan yang sangat besar di antaranya kita akan mendapatkan pahala yang besar, keampunan, kesehatan, lindungan, keberuntungan, kekuatan jiwa dan spiritual, kesabaran dan ketenangan di dalam hati, kemuliaan di hadapan Allah Swt, kecerdasan dan kebijaksanaan, serta kekuatan dan kepercayaan diri.