Niat Berpuasa dan Doa Berbuka Puasa Beserta Artinya
Niat Berpuasa dan Doa Berbuka Puasa Beserta Artinya

Niat Berpuasa dan Doa Berbuka Puasa Beserta Artinya

Puasa adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi kaum muslimin. Puasa yang dilakukan selama bulan Ramadhan ini memiliki nilai yang sangat tinggi. Untuk melakukannya, seorang muslim harus memulainya dengan niat yang kuat. Di samping niat, saat berbuka puasa juga dilakukan dengan doa tertentu. Berikut lafadz niat berpuasa dan doa berbuka puasa beserta artinya.

Niat Berpuasa

Niat berpuasa adalah ungkapan yang harus dimulai oleh setiap muslim saat berpuasa. Niat berpuasa dapat dilakukan dengan mengucapkan lafadz yang disyariatkan. Berikut lafadz niat berpuasa dan artinya:

“Nawaytu ‘alal-Fardhi li-Shahri Ramadhan”

Artinya: “Saya niat mengerjakan ibadah puasa di bulan Ramadhan”.

Doa Berbuka Puasa

Doa berbuka puasa adalah doa yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk dibaca saat berbuka puasa. Ini merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan melalui berbuka puasa. Di bawah ini adalah lafadz doa berbuka puasa dan artinya:

“Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftartu”

Artinya: “Ya Allah, aku berbuka puasa dengan makanan yang Engkau rezekikan”.

Doa Selesai Berpuasa

Doa selesai berpuasa adalah doa yang dibaca saat berbuka puasa selesai. Doa ini disyariatkan agar seorang muslim dapat merasakan manfaat berpuasa yang sebenarnya. Di bawah ini adalah lafadz doa selesai berpuasa dan artinya:

“Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa ‘ala rizqika aftartu”

Artinya: “Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu, aku beriman kepada-Mu dan aku berbuka dengan rezeki yang Engkau berikan”.

Doa Setelah Shalat Tarawih

Tarawih adalah salah satu ibadah yang dilakukan saat bulan Ramadhan. Di akhir shalat tarawih, seorang muslim disyariatkan untuk membaca doa tertentu. Di bawah ini adalah lafadz doa setelah shalat tarawih dan artinya:

“Rabbi habli minas-saaliheen”

Artinya: “Ya Rabb, masukkanlah aku dalam golongan orang-orang yang saleh”.

Doa Setelah Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an juga merupakan salah satu ibadah yang disyariatkan di bulan Ramadhan. Setelah selesai membaca Al-Qur’an, seorang muslim disyariatkan untuk membaca doa tertentu. Di bawah ini adalah lafadz doa setelah membaca Al-Qur’an dan artinya:

“Rabbanaghfirli zunubi wa kullahu dhamban wa akhsah”

Artinya: “Ya Rabb, ampunilah segala dosaku, semua kesalahanku dan kesalahan-kesalahan yang tidak aku sadari”.

Doa Sahur

Sahur adalah salah satu ibadah wajib yang dilakukan saat bulan Ramadhan. Di saat berbuka puasa, seorang muslim disyariatkan untuk membaca doa tertentu. Di bawah ini adalah lafadz doa sahur dan artinya:

“Allahumma laka sahmtu wa ‘ala rizqika aftsartu”

Artinya: “Ya Allah, aku berbuka puasa untuk-Mu dengan makanan yang Engkau rezekikan”.

Kesimpulan

Niat berpuasa dan doa berbuka puasa beserta artinya adalah lafadz yang disyariatkan oleh Allah SWT bagi seorang muslim untuk dibaca saat melaksanakan ibadah puasa. Niat berpuasa adalah ungkapan yang harus dimulai oleh setiap muslim saat berpuasa. Doa berbuka puasa adalah doa yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk dibaca saat berbuka puasa. Doa selesai berpuasa adalah doa yang dibaca saat berbuka puasa selesai. Doa setelah shalat tarawih adalah doa yang dibaca saat berbuka puasa selesai. Doa setelah membaca Al-Qur’an adalah doa yang dibaca saat selesai membaca Al-Qur’an. Doa sahur adalah doa yang dibaca saat berbuka puasa.