Kisah dan Kumpulan Mustajab Doa Nabi Sulaiman
Kisah dan Kumpulan Mustajab Doa Nabi Sulaiman

Kisah dan Kumpulan Mustajab Doa Nabi Sulaiman

Mustajab Doa Nabi Sulaiman memang sudah dikenal sejak lama, hal ini Allah sudah memberikan kelebihan terhadapnya. Dengan adanya doa ini akan mempermudah umat Islam untuk beribadah.

Nabi Sulaiman juga dikenal mampu berbicara dengan hewan dan kaya raya. Nabi Sulaiman memperoleh mukjizat yang begitu luar biasa.

Kisah Mustajab Doa Nabi Sulaiman

Hingga kini kisah Nabi Sulaiman melegenda, bahkan namanya telah disebutkan sebanyak 27 kali di dalam Al Quran sebagai penanda bahwa beliau termasuk manusia yang mengesankan.

Salah satu mukjizat yang diberikan oleh Nabi Sulaiman adalah kecerdasan yang luar biasa. Bahkan, Studi dari UIN Sunan Ampel Surabaya menyebutkan bahwa Nabi Sulaiman telah menggunakan data tersebut.

Bahkan, ia mengolahnya untuk menjadi informasi dalam mengambil keputusan yang tepat. Nabi Sulaiman juga sudah mengimplementasikan dasar-dasar teori dan konsep manajemen informasi.

Selain itu, ada Mustajab Doa Nabi Sulaiman yang diajarkan oleh para nabi dengan manfaat dan keutamaannya tersendiri.

Selama masa kenabiannya berjalan, banyak sekali doa yang diajarkan oleh Nabi Sulaiman dan dapat diamalkan seluruh umat Islam di dunia sampai saat ini.

Kumpulan Doa-doa Nabi Sulaiman

Di antara banyaknya doa yang sering diamalkan oleh Nabi Sulaiman. Wisata Nabawi, sudah mencatat beberapa doa Nabi Sulaiman yang dapat digunakan oleh umat Islam sampai saat ini, seperti:

1. Doa Bersyukur Kepada Allah

Biasanya seluruh amalan manusia akan menentukan apakah dia di akhirat nanti masuk surga atau neraka. Mustajab Doa Nabi Sulaiman ini selalu mengingatkan Kamu agar tetap selalu bersyukur menjadi hamba Allah SWT.

Sehingga dapat merasakan nikmat iman dan nikmat dalam melakukan semua amalan shaleh.

“Ya tuhanku, berilah niscaya kepadaku agar selalu mensyukuri nikmatMu yang Engkau anugerahkan dan kedua orang tuaku, agar mengerjakan amal shaleh. Masukkanlah aku kedalam kelompok hamba-hamba yang shaleh,” (QS An-Naml: 19).

Tidak semua manusia akan diberi hidayah untuk menjadi hamba Allah yang baik. Dalam hal tersebut, seseorang harus selalu bersyukur atas dibukakan pintu hati untuk menerima kebenaran dari ajaran agama Islam.

Cara dengan menetapkan iman yang ada di dalam hati, selalu banyak bersyukur serta meluangkan waktu dengan Mustajab Doa Nabi Sulaiman.

2. Doa Mendapatkan Kekayaan dari Jalan Benar

Pada saat Nabi Sulaiman mengamalkan dan membaca doa ini, termasuk menjadi bagian dari dakwahnya. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada yang dapat menandingi kekuatan serta kekayaannya saat itu.

Sehingga tidak ada lagi manusia yang mampu menyombongkan kekayaannya, salah satunya seperti Ratu Bilqis. Adapun beberapa Mustajab Doa Nabi Sulaiman akan dijelaskan, di bawah ini:

“Ya Tuhanku, ampunilah dan anugerahkanlah aku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapapun, sesungguhnya hanya Engkau yang Maha Pemberi,” (QS Shaad: 35).

Hanya dengan mengamalkannya Doa Nabi Sulaiman ini, seseorang bisa berharap agar memperoleh kekayaan dan keberkahan dalam menjalani kehidupan sebaik-baiknya.

Contohnya saja, dengan menjadikan kekayaan sebagai alat untuk beribadah serta tunduk terhadap

3. Doa Selalu Bersyukur Terhadap Nikmat Allah

Nabi Sulaiman merupakan sosok yang selalu pandai bersyukur serta menggantungkan diri terhadap Tuhannya. Jadi segala apapun yang terjadi dalam hidupnya mulai dari ujian, cobaan, perintah, semuanya akan selalu disyukurinya.

Nabi Sulaiman juga akan selalu memanjatkan Mustajab Doa Nabi Sulaiman sebagai salah satu bentuk rasa syukurnya terhadap Allah.

“Alhamdulillahil ladzii fadhdhalanaa alaa kasyiirim min ibaadihil mu’minìina.” Berarti: segala puji atas Allah yang melebihkan kami dari seluruh hambanya yang beriman,” (QS An-Naml: 15).

Allah SWT juga mengatakan bahwa bila seseorang selalu bersyukur, maka nikmatnya akan ditambah. Nikmat ini sebenarnya banyak bentuknya hanya dengan mengandalkan Mustajab Doa Nabi Sulaiman.

Jadi selama Kamu yakin atas kenikmatan tersebut berasal dari Allah SWT, maka seseorang akan selalu bersyukur terhadap hal tersebut.

Keutamaan dari Membaca Doa Nabi Sulaiman

Orang baik adalah sosok yang mampu meraih hikmah atas sesuatu. Dalam hal tersebut, berarti hikmah bagi seseorang yang membaca Doa Nabi Sulaiman.

Terdapat beberapa hikmah yang bisa didapatkan ketika Mustajab Doa Nabi Sulaiman, yaitu:

1. Lebih Bersyukur Atas Karunia Allah

Seseorang yang sudah berusaha secara keras dan diimbangi dengan doa, akan memperoleh hasil yang diinginkan. Hal ini dikarenakan ada karunia Allah SWT di dalamnya.

Nabi Sulaiman juga sudah mengajarkan agar umatnya selalu mensyukuri nikmat terhadap karunia Allah SWT. Mengingat bahwa semuanya yang ada di dunia ini hanya pemberian dan dapat diambil sewaktu-waktu.

2. Lebih Paham Arti Usaha

Kekayaan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman memang terkesan datang begitu saja, hal ini karena ia memintanya kepada Allah SWT. Padahal, Namun, sebelumnya Nabi Sulaiman mengalami hal yang begitu berat.

Sama dengan manusia pada umumnya, walaupun mendapatkan sebuah mukjizat Nabi Sulaiman juga sering mengalami masalah. Oleh sebab itu, kekayaan yang dimiliki turun karena hasil dari kerja kerasnya.

Jika Kamu ingin mendapatkan kekayaan bisa menerapkan Mustajab Doa Nabi Sulaiman.

3. Menghargai Makhluk Allah SWT

Semua hal yang Allah SWT ciptakan di dunia ini tentunya tidak akan sia-sia. Sama halnya dengan makhluk, Nabi Sulaiman telah mengajarkan untuk bisa lebih menghargai makhluknya.

Bahkan, Allah SWT juga telah menganugerahkan kelebihan terhadap nabinya, salah satunya Nabi Sulaiman AS. Nabi Sulaiman sendiri termasuk salah satu putra dari Nabi Daud AS, yang mempunyai sifat bijaksana.

Sifat bijaksana dan Mustajab Doa Nabi Sulaiman, diwarisi dari Nabi Daud sehingga Nabi ini bisa memimpin kerajaan besar. Bahkan, tidak hanya memimpin umat manusia saja jin juga.

Nabi Sulaiman juga mendapatkan mukjizat dari Allah SWT yaitu berbicara dengan hewan, jadi tidak hanya diberikan sebuah kekuasaan dan kekayaan luar biasa.

Fakta Nabi Sulaiman Sang Pemimpin

Terdapat banyak sekali pelajaran yang dapat diambil umat Islam dari Mustajab Doa Nabi Sulaiman. Salah satunya yakni pintar, sikap rendah hati, serta tidak sombong dalam memimpin.

Berikut ini sudah ada beberapa fakta terkait kisah Nabi Sulaiman yang sudah ada dalam Al-Qur’an, dan dapat dijadikan sebagai pelajaran untuk berbuat baik.

1. Nabi Sulaiman Dapat Mendengar Semut dan Burung

Berdasarkan, Al-Qur’an Surah An-Naml ayat 18 sudah dikisahkan Nabi Sulaiman melintas bersama bala tentaranya yang terdiri dari manusia, dan burung untuk melewati lembah. Ternyata, pada lembah ini termasuk rumah bagi para semut.

Ketika Nabi Sulaiman mendengar hal tersebut, malah tersenyum dan tertawa. Bahkan, beliau memerintahkan para bala tentaranya untuk selalu berhati-hati saat melangkah.

Hal ini dikarenakan pada tempat tersebut termasuk rumah bagi seluruh semut. Seperti yang sudah dijelaskan langsung dalam Al-Qur’an Surah An-Naml ayat 19 dan Mustajab Doa Nabi Sulaiman.

2. Singgasana Ratu Balqis Dapat Dipindahkan

Kisah antara Nabi Sulaiman dengan Ratu Balqis sudah terabadikan dengan jelas dalam Al-Qur’an. Di mana saat itu Nabi Sulaiman telah memerintahkan burung tersebut untuk mengantarkan surat.

Surat ini termasuk seruan dari Nabi Sulaiman kepada Ratu Balqis. Bahkan, para pembesar dari Ratu Balqis menghormatinya dan tidak lagi memiliki sikap angkuh.

Bahkan, pada saat itu Ratu Balqis sudah memberitahukan isi pesan dan menerima pesan tersebut kepada para pembesarnya. Hal ini juga sudah tertuang jelas dalam Mustajab Doa Nabi Sulaiman.

 

Selanjutnya, Ratu Balqis telah mengirim pasukannya untuk bertemu dengan Nabi Sulaiman.

Namun, ada beberapa penafsiran mengatakan pasukan yang dikirim sangat banyak yaitu berjumlah 12 ribu, seperti tertuang dalam surah An-Naml ayat 37.

Sejak saat itu, Nabi Sulaiman telah memerintahkan pasukannya untuk mengatakan kepada Ratu Balqis dan pembesarnya.

Dimana Mustajab Doa Nabi Sulaiman yang sudah diberikan oleh Allah SWT kepadanya dengan memindahkan singgasana Ratu Balqis ke istananya.

Bahkan, berdasarkan Surah An-Naml ayat 39 telah disebutkan, bahwa ada seorang jin bernama Ifrit yang bersedia memindahkan singgasana Ratu Balqis sebelum Nabi Sulaiman.

Namun, Surah An-Naml ayat 40 menyebutkan bahwa, seorang yang memiliki ilmu dari kitab bahkan bisa memindahkan singgasana Ratu Balqis hanya dalam sekejap mata.

3. Tobatnya Ratu Balqis dan Bala Tentara

Ketika Ratu Balqis dan bala tentaranya sudah beranjak dari tempat Nabi Sulaiman. Malah mereka terkejut karena singgasana yang ada di hadapannya mirip seperti miliknya di Negeri Saba’.

Telah disebutkan, jarak antara Negeri Saba’ terletak di Yaman dan kerajaan Nabi Sulaiman di wilayah Yerusalem (sekitar 2.022 km).

Sesudah kejadian tersebut, Ratu Balqis dan bala tentaranya sangat takjub dan mengaku kelemahannya. Ratu Balqis akhirnya meminta maaf dengan Nabi Sulaiman atas kekhilafannya selama ini.

Bahkan, ia menerima Nabi Sulaiman termasuk utusan Allah SWT. Selanjutnya, Ratu Balqis dan bala tentaranya malah bertobat serta memutuskan untuk masuk agama Islam.

Mukjizat Nabi Sulaiman yang Istimewa

Dari beberapa kisah para nabi, beliau memiliki Mustajab Doa Nabi Sulaiman yang istimewa. Dimana Nabi Daud merupakan ayahnya dan keduanya termasuk manusia yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

Dengan kecerdasan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman, ia menjadi penerus dari kerajaan ayahnya. Sementara itu, beliau ternyata juga telah mewarisi sifat bijaksana dari Nabi Daud.

Adanya perpaduan tersebut, Nabi Sulaiman juga mempunyai kuasa dalam sebuah kerajaan yang luar biasa. Banyak sekali pesan moral yang bisa didapatkan dalam kisah Nabi Sulaiman.

Salah satu karakter Nabi Sulaiman yang bisa didapatkan yaitu sikap rendah hati, pintar dan tidak mempunyai sifat sombong.

Sementara itu, Allah SWT juga memberikan Nabi Sulaiman dengan mukjizat yang tidak dimiliki oleh nabi lainnya. Nabi Sulaiman ternyata bisa langsung berkomunikasi dengan seluruh jenis binatang, dan dapat memerintah angin.

Selain itu, ternyata Nabi Sulaiman juga bisa langsung melihat jin dan memerintahkan mereka. Salah satu kisah yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman, yaitu beliau dengan pasukannya terdiri dari jin, manusia dan burung-burung dapat berbaris melalui sebuah lembah.

Bagi Kamu yang ingin memiliki hidup tentram, tenang dan rezeki yang banyak bisa menerapkan doa Nabi Sulaiman tersebut.

Namun, jangan lupa untuk terus berusaha serta beribadah dengan patuh agar apa yang sudah dilakukan bisa didapatkan. Kamu bisa langsung menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar doa tersebut bisa cepat dikabulkan.

Bagi Kamu yang inbkn mengamalkan doa Nabi Sulaiman, maka dapat mengamalkannya setiap selesai shalat wajib. Doa-doa tersebut dibaca sebanyak 21 kali.

Berikutnya, Kamu juga dianjurkan untuk menunaikan shalat hajat maupun shalat tahajud di malam hari dilanjutkan’ dengan membaca doanya sebanyak 100 kali.

Salah satu kunci agar doa segera dikabulkan maka harus istiqomah, ikhlas, khusyuk dan yakin bahwa Allah SWT akan merahmati.

Semoga apa yang sudah dijelaskan dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kamu. Dari beberapa Mustajab Doa Nabi Sulaiman yang sudah disebutkan di atas masih banyak lagi.