Mengenal Doa untuk Orang yang Meninggal dan Artinya
Mengenal Doa untuk Orang yang Meninggal dan Artinya

Mengenal Doa untuk Orang yang Meninggal dan Artinya

Doa untuk orang yang telah meninggal ialah ungkapan sikap hormat kita terhadap jasad orang yang telah meninggal, sekaligus doa agar rohnya diterima di sisi Tuhan. Dengan membaca doa, kita juga dapat mengungkapkan rasa sedih, kasih dan simpati yang kita miliki terhadap orang yang telah berpulang.

Sejak zaman dahulu, doa untuk orang yang telah meninggal telah menjadi tradisi di berbagai budaya di dunia. Beberapa orang menggunakan bahasa Latin untuk membaca doa tersebut. Berikut ini adalah beberapa doa untuk orang yang telah meninggal dan artinya dalam bahasa Latin.

Doa untuk Orang yang Meninggal dan Artinya

Doa pertama yang sering diucapkan untuk orang yang telah meninggal adalah “Requiem aeternam dona eis, Domine” yang berarti “Berikanlah kepadanya kekekalan yang abadi, ya Tuhan”. Doa ini mengungkapkan penghormatan kita terhadap orang yang telah meninggal dan berharap dia mendapatkan kekekalan di sisi Tuhan.

Selanjutnya adalah “In paradisum deducant te angeli” yang dapat diartikan sebagai “Mari para malaikat menghantarkannya ke surga”. Doa ini berharap orang yang telah meninggal disambut oleh para malaikat dan dibawa ke surga.

Doa berikutnya adalah “Eternam requiem dona eis, Domine” yang berarti “Berikanlah kepadanya kekekalan yang abadi, ya Tuhan”. Doa ini mengungkapkan penghormatan kita terhadap orang yang telah meninggal dan berharap dia mendapatkan kekekalan di sisi Tuhan.

Selanjutnya adalah “Requiescant in pace” yang berarti “Damaikanlah mereka di alam kedamaian”. Doa ini berharap orang yang telah meninggal dapat damai di alam kedamaian di sisi Tuhan.

Doa berikutnya yang sering diucapkan untuk orang yang telah meninggal adalah “Requiem aeternam dona eis, Domine” yang berarti “Berikanlah kepadanya kekekalan yang abadi, ya Tuhan”. Doa ini mengungkapkan penghormatan kita terhadap orang yang telah meninggal dan berharap dia mendapatkan kekekalan di sisi Tuhan.

Selanjutnya adalah “Et lux perpetua luceat eis” yang dapat diartikan sebagai “Dan terang abadi terangi mereka”. Doa ini berharap orang yang telah meninggal mendapatkan terang abadi dari Tuhan.

Doa berikutnya adalah “Requiem aeternam dona eis, Domine” yang berarti “Berikanlah kepadanya kekekalan yang abadi, ya Tuhan”. Doa ini mengungkapkan penghormatan kita terhadap orang yang telah meninggal dan berharap dia mendapatkan kekekalan di sisi Tuhan.

Selanjutnya adalah “Domine, exaudi orationem meam” yang dapat diartikan sebagai “Tuhan, dengarkanlah doaku”. Doa ini berharap Tuhan mendengar doa dan permohonan kita untuk orang yang telah meninggal.

Doa berikutnya adalah “Requiem aeternam dona eis, Domine” yang berarti “Berikanlah kepadanya kekekalan yang abadi, ya Tuhan”. Doa ini mengungkapkan penghormatan kita terhadap orang yang telah meninggal dan berharap dia mendapatkan kekekalan di sisi Tuhan.

Selanjutnya adalah “In pace requiescat” yang dapat diartikan sebagai “Damaikanlah dia di alam kedamaian”. Doa ini berharap orang yang telah meninggal damai di alam kedamaian di sisi Tuhan.

Kesimpulan

Doa untuk orang yang telah meninggal adalah ungkapan hormat kita terhadap jasad orang yang telah meninggal dan berharap dia diterima di sisi Tuhan. Beberapa doa untuk orang yang telah meninggal dan artinya dalam bahasa Latin antara lain Requiem aeternam dona eis, Domine, In paradisum deducant te angeli, Eternam requiem dona eis, Domine, Requiescant in pace, Et lux perpetua luceat eis, Domine, exaudi orationem meam, dan In pace requiescat. Doa-doa tersebut mengungkapkan penghormatan kita terhadap orang yang telah meninggal dan berharap dia mendapatkan kekekalan abadi di sisi Tuhan.