Inilah Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajud Bagi yang Melakukannya   
Inilah Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajud Bagi yang Melakukannya  

Inilah Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajud Bagi yang Melakukannya  

Mungkin manfaat sholat tahajud sudah banyak diketahui oleh kaum muslimin. Biasanya amalan satu ini dilakukan pada malam hari dengan syarat-syarat tertentu. Sederhananya adalah amalan tersebut bisa disebut sebagai tahajud jika sebelumnya kamu sudah tidur dan kemudian terbangun karena suatu alasan tertentu.

Amalan ini memang tidak wajib, namun manfaat dan keutamaannya mendekati pahala amalan wajib. Tidak salah memang jika banyak orang tua menganjurkan anaknya untuk rutin melakukan amalan tersebut. Apalagi bagi para santri, amalan ini jelas sudah menjadi kebiasaan. Terutama dengan ditambah beberapa amalan sunnah lainnya tentunya.

Ada banyak sekali manfaat dan keutamaan ketika rutin menjalankan tahajud setiap malam. Situasi kondisi sunyi, kamu bisa lebih cepat merasakan tenang untuk berkomunikasi bersama Sang Pencipta. Waktu di mana dikabulkan setiap doa ketika kamu meminta dengan ikhlas. Bahkan masih banyak keutamaan istimewa kamu dapatkan.

Amalan untuk Menghapus Berbagai Dosa

Dilakukan pada malam menjelang pagi dan kabarnya malaikat akan mengaminkan setiap doa. Waktu seperti ini sangat cocok untuk memohon ampunan Sang Khaliq supaya dihapuskan berbagai dosa. Malaikat berkeliling dan juga akan mendoakan setiap hamba yang dengan ikhlas demi memperoleh ampunan Sang Khaliq.

Suasana sunyi tanpa gangguan merupakan sarana tepat untuk kamu berkomunikasi bersama Sang Khaliq. Bahkan dengan rutin mengamalkan sunnah ini akan membuat kamu terhindar dari dosa di kemudian hari. manfaat sholat tahajud ini akan diberikan kepada setiap hamba-Nya dengan penuh rahmat supaya mendapatkan derajat lebih tinggi.

Waktu di Mana Doa Akan Dikabulkan

Diriwayatkan dari Jabir r.a: “Sesungguhnya diwaktu malam itu terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengan waktu itu seorang hamba muslim memohon kebaikan kepada Allah berkenaan dengan urusan dunia dan akhirat, sudah pasti Allah akan memberikannya kepadanya. Waktu itu terdapat pada setiap malam.” (HR. Muslim).

Salah satu waktu paling mustajab untuk untuk meminta doa Sang Pencipta adalah ketika tahajud. Selain itu juga sangat cocok untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta mengenai berbagai masalah yang kamu alami. Suasana sunyi serta tenang mampu membuat pikiran lebih jernih sehingga pesan-pesan akan terlihat jelas.

Baik untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Mungkin masih banyak orang bertanya-tanya mengapa salah satu manfaat sholat tahajud adalah mampu menjaga kesehatan tubuh. Padahal di waktu tersebut paling enak adalah istirahat untuk melepaskan semua rasa lelah setelah seharian bekerja. Namun faktanya adalah bangun jam 3 pagi dan melakukan amalan ini sangat berguna.

Pada jam-jam tersebut belum banyak kendaraan beraktivitas sehingga kualitas udara lebih jernih dari biasanya. Sangat cocok untuk membantu aliran darah serta membersihkan kotoran pada tubuh. Mungkin seseorang dengan kebiasaan menjalankan sholat tersebut akan merasakan khasiatnya. Efek positif yang sangat dahsyat untuk hidup lebih sehat.

Mendapatkan Kasih Sayang dari Allah

Lebih memilih bangun lebih awal padahal masih ada waktu untuk tetap menikmati rasanya tidur lelap. Bangun lebih awal dan menghadap kepada Sang Khaliq untuk mendekatkan diri serta menyampaikan keluh kesah. Orang-orang seperti ini sudah dijamin akan mendapatkan kasih sayang Allah karena dia mampu melawan syahwatnya.

Setiap hamba yang di cintai-Nya akan selalu memiliki kecukupan selama hidupnya tanpa ada kekurangan sedikitpun. Hal tersebut karena orang tersebut memiliki derajat lebih tinggi karena ketaqwaan dan keikhlasannya. Mendapatkan kasih sayang seperti ini tidak semua orang bisa mendapatkan. Apalagi ditambah dengan janji yang sudah diberikan.

Sholat Paling Afdhol Sholat 5 Waktu

Mungkin sebagian besar kaum muslimin masih bingung tentang sholat mana saja yang memiliki keutamaan lebih tinggi setelah sholat fardhu. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tahajud dengan banyak riwayat yang mengatakan demikian. Manfaat sholat tahajud sangat dahsyat bagi hamba yang menjalankannya karena sudah dibuktikan.

Ketika seseorang tanpa mengeluh bangun lebih awal untuk bergegas menjalankan sholat tersebut makan akan memperoleh banyak keistimewaan. Bahkan kamu nanti akan diberikan keringanan ketika hari penghakiman setelah kiamat. Selain itu juga setiap doa-doa yang kamu minta akan dikabulkan melalui beberapa jalan.

Jika belum terbiasa memang akan sulit bangun lebih awal dan menjalankan amalan tersebut. Namun percayalah jika sudah terbiasa maka badan akan secara otomatis bangun pada saatnya nanti. Kamu juga bisa memohon ampunan serta berdoa dengan khusuk. Apalagi manfaat sholat tahajud sanat dahsyat jika bisa dirasakan.