Manfaat Sholat Dhuha dan Artinya
Manfaat Sholat Dhuha dan Artinya

Manfaat Sholat Dhuha dan Artinya

Sholat Dhuha, atau yang juga dikenal dengan sholat Dhuha adalah jenis salat yang dilakukan pada waktu dhuha, yaitu sekitar jam 7 pagi hingga jam 9 pagi. Banyak orang yang tidak tahu bahwa sholat Dhuha memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa bagi orang yang melakukannya. Sholat Dhuha memiliki arti yang besar dalam agama Islam, dan ada banyak hadist yang menceritakan tentang pentingnya melakukan sholat Dhuha.

Pada dasarnya, sholat Dhuha adalah salat sunnah yang dianjurkan oleh Allah SWT. Maksudnya adalah, kita dianjurkan untuk melakukan sholat Dhuha, tetapi tidak wajib untuk melakukannya. Namun, meskipun sholat Dhuha bukan salat wajib, ia tetap memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa bagi orang yang melakukannya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Keutamaan Sholat Dhuha

Salah satu keutamaan sholat Dhuha adalah membantu orang yang melakukannya mendapatkan kemuliaan di sisi Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Aisyah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang melakukan shalat Dhuha, maka ia akan mendapatkan kemuliaan di sisi Allah SWT.”

Selain itu, sholat Dhuha juga bisa membantu orang yang melakukannya untuk mendapatkan keselamatan di hari akhir nanti. Hal ini disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang melakukan sholat Dhuha, maka ia akan mendapatkan keselamatan di hari akhir nanti.”

Sholat Dhuha juga bisa membantu orang yang melakukannya untuk menjauh dari siksa neraka. Hal ini disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang melakukan sholat Dhuha, maka ia akan terhindar dari siksa neraka.”

Arti Sholat Dhuha

Selain manfaat-manfaat yang disebutkan di atas, sholat Dhuha juga memiliki arti yang besar bagi orang yang melakukannya. Arti dari sholat Dhuha adalah mengampuni dosa-dosa dan menjauhkan diri dari perbuatan yang tidak baik. Hal ini disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sholat Dhuha adalah bentuk mengampuni dosa-dosa dan menjauhkan diri dari perbuatan yang tidak baik.”

Sholat Dhuha juga bisa membantu orang yang melakukannya untuk mendapatkan kebahagiaan dan keberuntungan. Hal ini disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang melakukan sholat Dhuha, maka ia akan mendapatkan kebahagiaan dan keberuntungan.”

Cara Melakukan Sholat Dhuha

Untuk dapat merasakan manfaat dan arti dari sholat Dhuha, tentu saja kita harus tahu cara melakukannya dengan benar. Berikut ini adalah cara melakukan sholat Dhuha yang benar:

  • Pertama, lengkapi wudhu dengan benar sesuai ketentuan syariat.
  • Kedua, cari tempat yang bersih dan suci untuk melaksanakan sholat Dhuha.
  • Ketiga, niat melakukan sholat Dhuha dengan mengucapkan “nawaitu shalatil dhuha”.
  • Keempat, mulailah salat dengan membaca surat Al-Fatihah.
  • Kelima, baca surat pendek lainnya sebanyak tujuh kali.
  • Keenam, selesaikan sholat dengan salam.

Setelah selesai melakukan sholat Dhuha, kita harus beristighfar dengan mengucapkan “astaghfirullah”. Hal ini akan membantu kita untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sholat Dhuha memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa bagi orang yang melakukannya. Selain itu, sholat Dhuha juga memiliki arti yang besar bagi orang yang melakukannya, yaitu untuk mendapatkan ampunan dan keselamatan di hari akhir nanti. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu melakukan sholat Dhuha dengan benar sesuai dengan cara yang telah disebutkan di atas.