Manfaat Puasa Senin Kamis yang Tidak Banyak Diketahui   
Manfaat Puasa Senin Kamis yang Tidak Banyak Diketahui  

Manfaat Puasa Senin Kamis yang Tidak Banyak Diketahui  

Bagi kaum muslimin, manfaat puasa senin kamis sudah banyak dirasakan baik dari segi spiritual maupun kesehatan. Puasa ini pada dasarnya bukan sebuah anjuran wajib, namun sunah. Rasulullah SAW juga sudah memberikan contoh kepada umatnya. Karena itu sampai saat ini amalan tersebut banyak dilakukan.

Dari segi spiritual, kamu bisa mendapatkan berbagai keutamaan seperti pengampunan dari berbagai berbagai dosa. Banyak hadist yang sudah meriwayatkan keutamaan dari amalan yang sudah diakui oleh banyak ulama. Jadi sudah sewajarnya bagi kaum muslimin mengikuti anjuran yang sudah disampaikan oleh banyak ulama.

Bukan dari segi spiritual saja, penelitian modern juga sudah menunjukkan bahwa amalan seperti ini berguna bagi kesehatan. Sudah banyak penelitian dari dunia medis sudah membuktikan keampuhan dan khasiatnya amalan ini. Bahkan beberapa ahli kesehatan selalu memberikan saran supaya berpuasa bahkan ketika sedang sakit sekalipun.

Hari di Mana Diangkat Semua Dosa

Bagi kaum muslim, bukan rahasia umum lagi bahwa ini merupakan waktu di mana dosa diangkat. Maksudnya adalah pada saat itu dosa 7 hari sebelumnya akan dilaporkan dihadapan Sang Khaliq. Tentu saja ini banyak disampaikan melalui hadist shahih riwayat ahli ulama, misalnya Imam Tirmidzi serta yang lainya.

Selain itu, imam besar lain meriwayatkan pesan serupa yang berkaitan dengan amalan dari berpuasa. Misalnya saja Abu Hurairah serta Imam An Nasa’i juga meriwayatkan tentang manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan spiritual seseorang. Karenanya, berpuasa dinilai jauh lebih besar serta penting untuk setiap orang.

Waktu di Mana Nabi Muhammad Lahir

Para ulama sudah sepakat hari kelahiran Nabi adalah hari senin sehingga penting sekali bagi kebanyakan orang muslim dunia. Karenanya, biasanya kaum muslimin melakukan amalan ini secara rutin sebagai bentuk kecintaan kepada Nabi Muhammad. Hal tersebut ada dalam hadist riwayat dari Imam Muslim.

Ketika ditanya oleh para sahabat, Nabi menjawab “pada hari itu aku dilahirkan, dan pada hari itu juga wahyu diturunkan atasku” (HR Muslim). Dengan hadist seperti ini tentu meningkatkan keutamaan berpuasa. Terutama sebagai penambah tabungan amal supaya memiliki banyak pahala demi keselamatan di akhirat mendatang.

Hari di Mana Pintu Surga Dibuka

Berbagai riwayat telah menyebutkan mengenai terbukanya pintu ampunan pada 2 waktu tersebut. Tentu saja manfaat puasa senin kamis ini sangat penting bagi seseorang. Kaum muslimin berhak menerima ampunan selama bukan melakukan dosa besar. Pengampunan akan diberikan bagi hambanya yang tidak saling berselisih bersama saudaranya.

“Pintu surga akan dibuka pada hari senin dan kamis. Setiap hamba-Nya yang tidak melakukan dosa syirik akan diampuni hari itu kecuali yang melakukan percekcokan dengan saudaranya. Nanti akan disampaikan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai. Akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai” (HR Muslim)

Melatih Kesabaran dan Godaan Setan

Melawan godaan hati, mata, perkataan, serta pikiran merupakan pengertian puasa secara umum. Memang tidak mudah menahan berbagai keinginan duniawi, terutama masalah harta dan sejenisnya. Namun kamu bisa mengurangi hal tersebut dengan rutin melakukan dengan berpuasa sehingga manfaat puasa senin kamis bisa kamu dapatkan dengan baik.

Hawa nafsu jika sudah ditekan serta kamu bisa terlepas dari semua godaan nafsu, maka beribadah tidak akan sulit lagi. Mendekatkan diri kepada Allah SWT juga lebih khusuk karena berada pada fase kamu lepas dari godaan. Akan sangat baik juga jika ditambah dengan amalan lain tentunya.

Menambah Pahala dan Amalan Ibadah

Meskipun amalan ini bukan merupakan amalan wajib, namun pahala yang didapatkan juga banyak. Berpuasa senin kamis digunakan sebagai pelengkap amalan wajib sehingga kamu mampu menabung pahala untuk hari akhir. Apalagi amalan satu ini cukup istimewa karena banyak ditekankan oleh para ulama besar.

Biasanya beberapa orang mengamalkan amalan ini ketika akan menghadapi suatu hal. Misalnya akan ada ujian kelulusan atau sejenisnya yang cukup penting. Maka amalan tersebut dilakukan dengan berbagai keutamaan dan manfaat dari puasa senin kamis. Tidak heran memang jika banyak orang sering mengamalkan amalan seperti ini.

Memang ada banyak amalan sunah dengan pahala berlimpah dan semuanya baik dilakukan. Berpuasa hari senin kamis juga menjadi amalan sunah yang sangat ditekankan oleh para ulama dunia. Apalagi mengingat manfaat puasa senin kamis yang cukup besar bagi spiritual seseorang.