Macam-Macam Doa Iftitah Latin dan Artinya
Macam-Macam Doa Iftitah Latin dan Artinya

Macam-Macam Doa Iftitah Latin dan Artinya

Doa iftitah adalah doa yang biasa dibaca ketika memulai shalat, doa ini juga merupakan bentuk pengakuan iman kepada Allah SWT. Di dalam kehidupan beragama, doa iftitah juga dibaca sebelum memulai ibadah tertentu, sebagai bentuk pengakuan dan pengajaran akan kewajiban beragama.

Doa iftitah yang dibaca biasanya adalah bahasa Latin, karena bahasa Latin merupakan bahasa yang digunakan untuk agama, dan sering digunakan untuk berdoa. Banyak orang yang tidak mengerti maknanya, namun masih mengamalkan doa iftitah ini. Untuk itu, pada artikel kali ini kami akan mengulas dan memberikan penjelasan tentang macam-macam doa iftitah dalam bahasa Latin dan artinya.

Doa Iftitah Latin dan Artinya

Doa iftitah pertama adalah “A’udhu billahi minasy syaithanir rajiim”. Doa ini artinya adalah “Aku berlindung kepada Allah dari syaitan yang terkutuk”. Doa ini biasa dibaca sebelum memulai shalat dan ibadah tertentu. Doa ini merupakan bentuk pengakuan akan adanya syaitan yang menggoda manusia. Dengan mengucapkan doa ini, kita meminta perlindungan kepada Allah SWT dari godaan syaitan.

Doa iftitah kedua adalah “Bismillahi Rahmanir Rahiim”. Doa ini artinya adalah “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Doa ini biasa dibaca ketika memulai shalat ataupun ibadah tertentu. Dengan mengucapkan doa ini, kita mengakui dan mengabdikan diri kepada Allah SWT sebagai Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Doa iftitah ketiga adalah “Subhanaka Rabbana we bihamdika, Allahumma ighfir li”. Doa ini artinya adalah “Maha Suci Engkau, Rabb kami dan segala puji bagi-Mu. Ya Allah, ampunilah aku”. Doa ini biasa dibaca ketika memulai shalat ataupun ibadah tertentu. Dengan mengucapkan doa ini, kita mengakui keagungan dan kemahasuciaan Allah SWT, serta memohon ampunan kepada-Nya.

Doa iftitah keempat adalah “Subhanallahi wabihamdihi”. Doa ini artinya adalah “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya”. Doa ini biasa dibaca ketika memulai shalat ataupun ibadah tertentu. Dengan mengucapkan doa ini, kita mengakui keagungan dan kemahasuciaan Allah SWT, serta memuji-Nya.

Doa iftitah kelima adalah “Allahumma antas Salam wa minkas Salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram”. Doa ini artinya adalah “Ya Allah, Engkaulah yang Maha Selamat dan dari-Mu datang segala keselamatan, Maha Suci Engkau dengan keagungan dan karunia-Mu”. Doa ini biasa dibaca ketika memulai shalat ataupun ibadah tertentu. Dengan mengucapkan doa ini, kita mengakui bahwa semua keselamatan hanya datang dari Allah SWT.

Doa iftitah keenam adalah “Subhanallahi walhamdulillahi, wala ilaha illallah, wallahu akbar”. Doa ini artinya adalah “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, tidak ada tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar”. Doa ini biasa dibaca ketika memulai shalat ataupun ibadah tertentu. Dengan mengucapkan doa ini, kita mengakui bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang Maha Suci dan Maha Besar.

Doa iftitah ketujuh adalah “La haula wala quwwata illa billah”. Doa ini artinya adalah “Tidak ada daya dan kekuatan selain dari Allah”. Doa ini biasa dibaca ketika memulai shalat ataupun ibadah tertentu. Dengan mengucapkan doa ini, kita mengakui bahwa kita tidak memiliki kekuatan sendiri dan hanya bisa bergantung kepada bantuan Allah SWT.

Doa iftitah kedelapan adalah “Rabbana atina fid dunya hasanatan wa fil akhirati hasanatan wa qinaz zambilna”. Doa ini artinya adalah “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksaan.” Doa ini biasa dibaca ketika memulai shalat ataupun ibadah tertentu. Dengan mengucapkan doa ini, kita meminta kepada Allah SWT agar diberi kebaikan di dunia dan akhirat, serta dijauhkan dari siksaan-Nya.

Doa iftitah kesembilan adalah “Rabbi inni limaa anzalta ilayya min khairin faqir”. Doa ini artinya adalah “Ya Rabb, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu keutamaan yang telah Engkau berikan kepadaku”. Doa ini biasa dibaca ketika memulai shalat ataupun ibadah tertentu. Dengan mengucapkan doa ini, kita meminta kepada Allah SWT untuk menyempurnakan segala keutamaan yang telah diberikan kepada kita.

Doa iftitah kesepuluh adalah “Subhanallahi walhamdulillahi, wala haula wala quwwata illah billah”. Doa ini artinya adalah “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, tidak ada daya dan kekuatan selain dari Allah”. Doa ini biasa dibaca ketika memulai shalat ataupun ibadah tertentu. Dengan mengucapkan doa ini, kita mengakui bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang Maha Suci dan Maha Kuasa.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan dan penjelasan tentang macam-macam doa iftitah dalam bahasa Latin dan artinya. Dengan mengetahui makna dari doa