Macam Macam Doa Iftitah Beserta Artinya
Macam Macam Doa Iftitah Beserta Artinya

Macam Macam Doa Iftitah Beserta Artinya

Doa iftitah adalah doa yang dibaca ketika seseorang membuka suatu acara, misalnya shalat, ceramah, atau pun rapat. Ada banyak macam doa iftitah yang bisa dipilih, misalnya doa iftitah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini biasanya dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari acara yang akan dilaksanakan.

Doa Iftitah yang Diajarkan oleh Rasulullah SAW

Doa iftitah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah doa yang paling sering digunakan. Doa iftitah ini juga menjadi doa yang wajib dibaca sebelum membuka suatu acara. Doa ini diawali dengan bacaan “Allaahumma Rabbanaa lakal-hamdu” yang artinya “Ya Allah, Tuhan kami, hanya milik Engkau segala kemuliaan dan puji-pujian”. Doa ini juga ditutup dengan bacaan “Wa Lillaahi Al-hamdu, Wa Subhaanallahi Rabbul-ʿAalamiin” yang artinya “Dan hanya milik Allah segala puji-pujian, dan Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam”.

Macam Macam Doa Iftitah Lainnya

Selain doa iftitah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, ada juga beberapa doa iftitah yang lain yang bisa dipilih. Doa iftitah yang lain ini biasanya dipilih sesuai dengan tujuan dan kebutuhan dari acara yang akan dilaksanakan. Misalnya, jika acara yang akan dilaksanakan adalah acara dakwah, maka pemilihan doa iftitah yang tepat adalah doa iftitah berisi kalimat-kalimat yang berkaitan dengan dakwah. Beberapa contoh doa iftitah dakwah adalah “Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, wa lillaahilhamdu” yang artinya “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Segala puji hanya untuk Allah, dan hanya milik Allah semua kemuliaan”.

Doa Iftitah dalam Shalat

Selain untuk membuka suatu acara, doa iftitah juga bisa digunakan untuk membuka shalat. Doa iftitah yang dibaca ketika membuka shalat adalah doa iftitah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini biasanya diawali dengan bacaan “Allaahumma Rabbanaa lakal-hamdu” yang artinya “Ya Allah, Tuhan kami, hanya milik Engkau segala kemuliaan dan puji-pujian”. Doa ini juga ditutup dengan bacaan “Wa Lillaahi Al-hamdu, Wa Subhaanallahi Rabbul-ʿAalamiin” yang artinya “Dan hanya milik Allah segala puji-pujian, dan Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam”.

Doa Iftitah untuk Membuka Rapat

Selain untuk membuka shalat, doa iftitah juga bisa digunakan untuk membuka rapat. Doa iftitah yang dipilih untuk membuka rapat biasanya berisi kalimat-kalimat yang menunjukkan tujuan rapat. Contohnya adalah “Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, wa lillaahilhamdu, wa la hawla wa la quwwata illa billah, wa lillaahilhamdu” yang artinya “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Segala puji hanya untuk Allah, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah, dan hanya milik Allah segala kemuliaan”.

Doa Iftitah untuk Membuka Ceramah

Untuk membuka ceramah, biasanya dipilih doa iftitah yang berisi kalimat-kalimat yang berhubungan dengan penyampaian ilmu. Contohnya adalah “Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, wa lillaahilhamdu, Allahumma innii as’aluka ‘ilman naafi’an wa fadlan mubaarakan wa rizqon waasi’an wa rizqon kariiman” yang artinya “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Segala puji hanya untuk Allah, Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, karunia yang baik, rezeki yang luas dan rezeki yang berkat”.

Kesimpulan

Doa iftitah adalah doa yang biasanya dibaca ketika membuka suatu acara, misalnya shalat, ceramah, ataupun rapat. Doa iftitah yang paling sering digunakan adalah doa iftitah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Namun, ada juga beberapa doa iftitah lain yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan dan kebutuhan dari acara yang akan dilaksanakan. Pemilihan doa iftitah yang tepat akan membuat acara yang akan dilaksanakan lebih lancar dan bermanfaat.