Macam Doa Iftitah dan Artinya
Macam Doa Iftitah dan Artinya

Macam Doa Iftitah dan Artinya

Doa Iftitah adalah doa yang biasa diucapkan ketika akan memulai sholat. Doa ini dibaca oleh imam ketika akan membaca al-Quran. Doa ini juga dibaca ketika memulai wahyu, memulai hadits, membaca kitab suci dan lainnya. Doa ini mengandung arti yang penting dan berharga bagi umat Islam. Doa ini juga memiliki berbagai macam dan artinya juga berbeda-beda menurut sunah dan syariat. Mari kita simak bersama macam-macam doa Iftitah dan artinya.

Doa Iftitah yang Biasa Dibaca

Doa Iftitah yang paling umum dibaca ketika sholat adalah “Allahumma salli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama sallayta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, wa barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, fil ‘alamina innaka Hamidun Majid”. Doa ini berarti “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada nabi Ibrahim dan kepada keluarganya. Dan berikanlah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan keberkahan kepada nabi Ibrahim dan keluarganya di seluruh alam semesta. Sesungguhnya Engkau Maha Pemurah dan Maha Mulia”.

Doa Iftitah yang Lain

Selain doa di atas, ada juga doa Iftitah yang lain yang biasa dibaca oleh imam ketika memulai sholat. Doa ini adalah “Allahumma bismika amutu wa ahya” yang berarti “Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan aku mati”. Ada juga doa “A’udzu billahi minasy syaithani rajim” yang berarti “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk”. Selain itu, ada juga doa “Bismillahirrahmanirrahim” yang berarti “Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

Doa Iftitah untuk Membaca Al-Quran

Selain doa yang biasa dibaca ketika sholat, ada juga doa Iftitah yang dibaca ketika membaca Al-Quran. Doa ini adalah “Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Subhanallahi wal hamdu lillahi, wala ilaha illallah, wallahu akbar, wala hawla wala quwwata illa billahil aliyyil adzim”. Doa ini berarti “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan selain dengan izin Allah, Yang Maha Agung lagi Maha Tinggi”.

Doa Iftitah untuk Membaca Hadits

Ada juga doa Iftitah yang dibaca saat membaca hadits. Doa ini adalah “Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Subhanallahi wal hamdu lillahi, wala ilaha illallah, wala hawla wala quwwata illa billahil aliyyil adzim”. Doa ini berarti “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan selain dengan izin Allah, Yang Maha Agung lagi Maha Tinggi”.

Doa Iftitah untuk Membaca Kitab Suci

Selain membaca Al-Quran dan Hadits, ada juga doa Iftitah yang dibaca saat membaca kitab suci lainnya. Doa ini adalah “Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Subhanallahi wal hamdu lillahi, wala ilaha illallah, wala hawla wala quwwata illa billahil aliyyil adzim”. Doa ini berarti “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan selain dengan izin Allah, Yang Maha Agung lagi Maha Tinggi”.

Doa Iftitah untuk Wahyu

Ada juga doa Iftitah yang dibaca saat membaca wahyu. Doa ini adalah “Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Subhanallahi wal hamdu lillahi, wala ilaha illallah, wala hawla wala quwwata illa billahil aliyyil adzim”. Doa ini berarti “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan selain dengan izin Allah, Yang Maha Agung lagi Maha Tinggi”.

Kesimpulan

Doa Iftitah adalah doa yang biasa diucapkan ketika akan memulai sholat. Doa ini dibaca oleh imam ketika akan membaca al-Quran, wahyu, hadits, dan kitab suci lainnya. Doa ini memiliki berbagai macam dan artinya juga berbeda-beda menurut sunah dan syariat. Doa ini mengandung arti yang penting dan berharga bagi umat Islam. Dengan membaca doa Iftitah, kita akan mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT. Semoga kita selalu diberikan rahmat dan kesejahteraan oleh Allah SWT.