Lafal Doa Qunut Beserta Artinya
Lafal Doa Qunut Beserta Artinya

Lafal Doa Qunut Beserta Artinya

Doa qunut adalah sebuah doa yang biasa disebutkan pada saat melaksanakan shalat subuh. Doa qunut biasanya disebutkan dalam posisi ruku’ atau setelah bangkit dari ruku’. Doa qunut pada dasarnya diperuntukkan bagi orang-orang yang telah mencapai tingkat keimanan yang tinggi. Namun, tidak ada salahnya jika semua orang melakukan doa qunut untuk berdoa kepada Allah. Berikut lafal doa qunut beserta artinya.

Lafal Doa Qunut

Berikut ini lafal doa qunut yang biasa disebutkan:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَاسَ ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الشَّافِي لاَ شَافِيَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Arti Doa Qunut

Berikut adalah arti dari doa qunut di atas:

Ya Allah, Rabb semua manusia, hilangkanlah kesusahan kami. Ya Allah, Engkau adalah pengobat, tidak ada pengobat selain Engkau, pengobatan yang tidak meninggalkan penyakit.

Keutamaan Doa Qunut

Doa qunut merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang melakukan qunut dalam shalat subuh, maka ia telah mengikuti sunnah para nabi sebelumnya.”

Selain itu, doa qunut juga bisa memberikan manfaat tersendiri bagi pemiliknya. Ibnu Mas’ud ra menceritakan bahwa doa qunut bisa menghilangkan kesusahan, menyelamatkan dari musibah, dan memberikan karunia-karunia yang berlimpah dari Allah SWT.

Kapan Melakukan Doa Qunut

Doa qunut biasanya dilakukan di malam hari atau saat melaksanakan shalat subuh. Di malam hari, doa qunut bisa digunakan untuk berdoa kepada Allah SWT. Sedangkan saat shalat subuh, doa qunut biasanya dibaca setelah ruku’ atau setelah bangkit dari ruku’.

Pada awalnya, melakukan doa qunut di malam hari dan saat shalat tidaklah wajib. Namun, seiring berjalannya waktu, para ulama telah menyepakati untuk melakukan doa qunut di saat shalat subuh.

Bolehkah Melakukan Doa Qunut Sendiri?

Pada dasarnya, melakukan doa qunut sendiri diperbolehkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, anda harus menggunakan lafal doa qunut yang benar. Kedua, anda harus mengerti arti dari doa qunut yang anda baca agar bisa merasakan manfaat dari doa qunut tersebut.

Hukum Melakukan Doa Qunut

Menurut Al-Quran dan hadits, melakukan doa qunut diperbolehkan. Namun, para ulama berbeda pendapat tentang hukum melakukan doa qunut. Sebagian ulama berpendapat bahwa doa qunut merupakan sunnah, sedangkan sebagian lain berpendapat bahwa doa qunut merupakan wajib. Oleh karena itu, setiap orang boleh melakukan doa qunut sesuai dengan pendapat yang ia yakini.

Bagaimana Cara Melakukan Doa Qunut?

Untuk melakukan doa qunut, anda harus berdiri di tempat yang dianjurkan pada saat melaksanakan shalat subuh. Setelah itu, anda harus berdoa dengan lafal doa qunut yang benar dan mengerti arti doa qunut yang anda baca. Selain itu, anda juga harus menyertakan niat sebelum membaca doa qunut agar doa qunut yang anda lakukan bisa diterima oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Doa qunut adalah sebuah doa yang biasa disebutkan pada saat melaksanakan shalat subuh. Melakukan doa qunut diperbolehkan oleh agama Islam, namun hukumnya bisa berbeda-beda. Untuk melakukan doa qunut, anda harus menyertakan niat sebelum membaca doa qunut dan mengerti arti doa qunut yang anda baca agar manfaat yang didapatkan bisa maksimal.