Lafal Doa dan Artinya
Lafal Doa dan Artinya

Lafal Doa dan Artinya

Doa adalah suatu usaha untuk menyampaikan perasaan kepada Allah SWT. Dengan menyebutkan doa, kita bisa menyampaikan harapan, permintaan, bersyukur dan berterima kasih. Doa-doa tersebut biasanya berasal dari ayat-ayat Al-Quran dan hadits-hadits nabi. Doa-doa tersebut pun dibaca dengan lafal yang benar dan tepat.

Namun, tidak semua orang mengetahui lafal doa. Banyak orang yang hanya mengetahui artinya saja. Inilah sebabnya mengapa di sini kami akan membahas lafal doa beserta artinya. Dengan mengetahui lafal doa, kalian pun bisa mengucapkannya dengan benar dan tepat.

Lafal Doa Sholat

Lafal doa yang pertama adalah lafal doa sholat. Doa sholat adalah doa yang dibaca ketika kita melakukan sholat. Doa ini pun sangat penting untuk dibaca sebelum dan sesudah melakukan sholat. Berikut adalah lafal doa sholat beserta artinya.

Awal doa sholat (dibaca sebelum sholat):

“Alloohumma sholli ‘alaa Muhammad” (Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Muhammad).

Doa setelah takbiratul ihram (dibaca setelah takbiratul ihram):

“Subhaanaka Allaahumma wa bihamdika wa tabaarakasmuka wa ta’aala jadduka wa laa ilaaha ghairuk” (Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji hanya bagi-Mu, dan Maha suci nama-Mu, dan Maha tinggi kekuasaan-Mu. Dan tidak ada Tuhan selain dari-Mu).

Doa setelah ruku (dibaca setelah ruku):

“Subhaana rabbiyal a’laa wa bihamdihi” (Maha suci Tuhanku Yang Maha Tinggi dan segala pujian hanya bagi-Nya).

Doa setelah sujud (dibaca setelah sujud):

“Subhaana rabbiyal a’laa wa bihamdihi wa tabaarakasmuhu wa laa ilaaha ghairuh” (Maha suci Tuhanku Yang Maha Tinggi, dan semua puji bagi-Nya, dan Maha suci nama-Nya, dan tidak ada Tuhan selain dari-Nya).

Lafal Doa Masuk dan Keluar Wc

Lafal doa yang kedua adalah lafal doa masuk dan keluar wc. Doa ini biasanya dibaca ketika kita masuk dan keluar toilet. Doa ini pun sangat penting untuk dibaca agar kita serta lingkungan sekitar senantiasa dalam keadaan bersih. Berikut adalah lafal doa masuk dan keluar wc beserta artinya.

Doa masuk wc (dibaca sebelum masuk wc):

“Alloohumma innii a’uudzubika minal khubthi wal khabaa’ith” (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari godaan dan kejahatan).

Doa keluar wc (dibaca setelah keluar wc):

“Ghufronaka” (Aku memohon ampun kepada-Mu).

Doa Makan dan Minum

Lafal doa yang selanjutnya adalah lafal doa makan dan minum. Doa ini biasanya dibaca ketika kita sebelum dan sesudah makan dan minum. Doa ini pun sangat penting untuk dibaca agar kita dapat menikmati makanan dan minuman dengan bersyukur. Berikut adalah lafal doa makan dan minum beserta artinya.

Doa sebelum makan (dibaca sebelum makan):

“Bismillaahirrohmaanirrohiim” (Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang).

Doa sesudah makan (dibaca setelah makan):

“Alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin” (Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam).

Doa Pagi dan Sore

Lafal doa yang terakhir adalah lafal doa pagi dan sore. Doa ini biasanya dibaca ketika kita melakukan sholat subuh dan sholat maghrib. Doa ini pun sangat penting untuk dibaca agar kita dapat menyambut hari baru dengan bersyukur. Berikut adalah lafal doa pagi dan sore beserta artinya.

Doa pagi (dibaca ketika sholat subuh):

“Alloohumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dunyaa wal aakhiroh” (Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebajikan dan kesehatan di dunia dan akhirat).

Doa sore (dibaca ketika sholat maghrib):

“Alloohumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dunyaa wal aakhiroh wa as-alukash sholawata wat-tohoroh” (Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebajikan dan kesehatan di dunia dan akhirat. Dan aku mohon kepada-Mu keberkahan dan kemurnian).

Kesimpulan

Itulah lafal doa-doa yang biasa dibaca serta artinya. Doa-doa tersebut di atas dapat kita gunakan untuk menyampaikan perasaan kepada Allah SWT. Dengan mengetahui lafal doa, kita pun dapat mengucapkannya dengan benar dan tepat. Semoga dengan mengetahui lafal doa ini, kita senantiasa terhindar dari godaan dan kejahatan.