Kumpulan Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya
Kumpulan Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Kumpulan Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Shalat adalah salah satu ibadah yang paling utama dan paling dianjurkan oleh Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an: “Hai orang-orang yang beriman, sembahlah Allah dan berjihadlah di jalan-Nya agar kamu mendapat kemenangan.” (QS. Al-Baqarah: 218). Oleh karena itu, setiap muslim wajib melaksanakan shalat lima waktu sehari secara berjamaah di masjid.

Selain menjalankan shalat secara berjamaah, seorang muslim juga dianjurkan untuk berdoa setelah shalat. Doa setelah shalat fardhu ini bisa berupa doa sholat sunnah, doa sholat tahajud, doa sholat witir, dan doa lainnya. Berikut ini adalah beberapa doa setelah shalat fardhu beserta artinya.

Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

1. Doa Pembuka

Doa pembuka adalah doa yang paling awal dibaca setelah melakukan shalat. Doa ini adalah doa yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini adalah sebagai berikut:

“Allahumma salli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama sallaita ‘ala ibrahima wa ‘ala ali ibrahima, innaka hamidum majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala ibrahima wa ‘ala ali ibrahima, innaka hamidum majid.” (HR. Tirmidzi).

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan rahmat dan kesejahteraan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

2. Doa Sholat Sunnah

Doa sholat sunnah adalah doa yang biasa dibaca setelah melaksanakan shalat fardhu. Doa sholat sunnah ini sebagai berikut:

“Rabbi aslamtu wajhiya lilladzi fataras samawati wal-arda hanifan wabithtu wajhiya lilladzi falyatimas samawati wal-arda, inna allaha samiun ‘alimun.” (HR. Muslim)

Artinya: “Ya Tuhanku, aku datang menghadap-Mu dengan wajah yang bersih, berlaku dengan ketaatan kepada-Mu yang menciptakan langit dan bumi dengan berlaku adil dan aku datang menghadap-Mu dengan wajah yang bersih, sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

3. Doa Sholat Tahajud

Selain doa sholat sunnah, seorang muslim juga dianjurkan untuk berdoa setelah melaksanakan shalat tahajud. Doa ini adalah sebagai berikut:

“Allahumma innaka a’fuvun tuhibbul a’fva fafu anni.” (HR. Abu Dawud)

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Menyukai pengampunan, maka ampunilah aku.”

4. Doa Sholat Witir

Doa sholat witir adalah doa yang biasa dibaca setelah melaksanakan shalat witir. Doa ini adalah sebagai berikut:

“Allahu akbaru kabiran, anjaza wajhu rabbika waman yasya’u syukran.” (HR. Al-Bukhari)

Artinya: “Allah Maha Besar dengan kebesaran-Nya, Allah telah menyempurnakan wajah Tuhanmu dan barang siapa yang berterima kasih sudah pasti dibalas dengan terima kasih.”

5. Doa Lainnya

Selain doa-doa di atas, masih banyak doa lain yang bisa dibaca setelah melaksanakan shalat fardhu. Doa-doa tersebut antara lain:

“Rabbana wala tuhammilna ma lana illa bi idhni kamilina, wailamal mursalina wa’ala alihi tawakkalna.” (QS. Al-Baqarah: 143)

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat, melainkan berikanlah kepada kami cukup (kekuatan) untuk menanggungnya, dan turunkanlah rahmat-Mu kepada kami dan dari pada-Mu lah kami berharap (pertolongan).”

“Rabbana innaka raoofun raheem.” (QS. Al-Baqarah: 143)

Artinya: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Kesimpulan

Doa setelah sholat fardhu adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah shalat fardhu. Doa ini bisa berupa doa sholat sunnah, doa sholat tahajud, doa sholat witir, dan doa lainnya. Doa ini merupakan cara untuk berdoa kepada Allah SWT dan memohon rahmat dan keberkahan-Nya. Dengan membaca doa setelah sholat fardhu, maka kita bisa mendapatkan keberkahan dan keberuntungan dari Allah SWT.