Kumpulan Doa Sehari-hari dalam Bahasa Arab dan Artinya
Kumpulan Doa Sehari-hari dalam Bahasa Arab dan Artinya

Kumpulan Doa Sehari-hari dalam Bahasa Arab dan Artinya

Doa adalah pemohonan kepada Allah SWT yang menjadi jalan utama umat Islam untuk mendapatkan limpahan rahmat dan karunia-Nya. Dengan doa, orang Islam dapat berharap untuk mendapatkan kebaikan dan keberkahan dalam dunia dan akhirat. Di dalam Al Qur’an dan hadits, Allah SWT telah mengajarkan kita berbagai jenis doa sehari-hari yang dapat kita contoh dan tiru, demi menyatukan hubungan kita dengan-Nya.

Doa sehari-hari yang diajarkan oleh Allah SWT kepada umat Islam terdiri dari berbagai bentuk doa, baik dalam bahasa Arab maupun bahasa Indonesia. Berikut adalah beberapa kumpulan doa sehari-hari dalam bahasa Arab dan artinya dalam bahasa Indonesia.

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan yang diajarkan Allah SWT adalah بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (Bismillahirrahmanirrahim). Doa ini berarti “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Dengan mengucapkan doa ini, kita diingatkan untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan-Nya.

Doa Sesudah Makan

Doa sesudah makan yang diajarkan Allah SWT adalah الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ (Alhamdulillahilladzi ath’amana wa saqoana wa ja’alana minal muslimin). Doa ini berarti “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan dan minuman, dan telah menjadikan kami dari orang-orang yang berserah diri (kepada-Nya).” Dengan mengucapkan doa ini, kita diingatkan untuk selalu bersyukur atas karunia-Nya yang tiada bandingannya.

Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur yang diajarkan Allah SWT adalah اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَمُوتُ وَأَحْيَا (Allahumma bismika amuutu wa ahyaa). Doa ini berarti “Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan hidup.” Dengan mengucapkan doa ini, kita diingatkan untuk selalu bersandar kepada Allah SWT dalam segala hal.

Doa Sesudah Tidur

Doa sesudah tidur yang diajarkan Allah SWT adalah الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ (Alhamdulillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nushoor). Doa ini berarti “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah menyebabkan kami mati, dan hanya kepada-Nya lah kami kembali.” Dengan mengucapkan doa ini, kita diingatkan untuk selalu berterimakasih kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan-Nya.

Doa Kebutuhan

Doa kebutuhan yang diajarkan Allah SWT adalah اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ (Allahumma inni a’udzu bika minal hammi walhazani, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’udzu bika minal jubni wal bakhli, wa a’udzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijal). Doa ini berarti “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari keletihan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, kemaluan, utang yang banyak dan penindasan orang.” Dengan mengucapkan doa ini, kita diingatkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT untuk memenuhi segala kebutuhan kita.

Doa Menghadapi Masalah

Doa menghadapi masalah yang diajarkan Allah SWT adalah اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ (Allahumma inni a’udzu bika minal hammi walhazani, wa a’udzu bika min ‘adzabil qabri, wa a’udzu bika min fitnatil mahya wal mamati, wa a’udzu bika min sharri kulli syaithanin wa haammatin). Doa ini berarti “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari keletihan, kesedihan, azab kubur, fitnah hidup dan mati, dan segala kejahatan setiap syaitan dan binatang buas.” Dengan