Kumpulan Doa Orang Tua Beserta Artinya
Kumpulan Doa Orang Tua Beserta Artinya

Kumpulan Doa Orang Tua Beserta Artinya

Doa adalah salah satu cara untuk berhubungan dengan Tuhan. Doa yang diucapkan berasal dari hati dan diharapkan Tuhan akan memberikan jawaban atas doa yang terucap. Orang tua biasanya sering mengajarkan doa-doa tertentu kepada anak-anaknya. Doa yang biasa diajarkan oleh orang tua adalah doa-doa yang berkaitan dengan kesucian, kebaikan, dan kesetiaan. Berikut adalah daftar doa orang tua beserta artinya.

1. Doa Harian Anak

Doa harian anak adalah salah satu doa yang biasa dipelajari oleh anak-anak. Doa ini berisi permintaan dan harapan agar anak-anak dapat menjadi anak yang baik, sholeh dan bertanggung jawab. Doa ini berbunyi, “Ya Allah, jadikanlah aku anak yang soleh, berbakti kepada kedua orang tuaku, dan berbuat kebajikan kepada makhluk-Mu.” Artinya adalah “Ya Allah, kuatkanlah aku agar menjadi anak yang soleh, berbakti kepada kedua orang tuaku, dan berbuat kebaikan kepada semua makhluk-Mu.”

2. Doa Bismillah

Doa bismillah adalah salah satu doa yang sering dipelajari oleh anak-anak. Doa ini berisi permintaan kepada Allah agar anak-anak dapat menjadi anak yang baik, soleh dan berbakti. Doa ini berbunyi, “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, semoga Allah memberkahi kuatkanlah aku menjadi anak yang baik, soleh dan berbakti.” Artinya adalah “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, semoga Allah memberkahi aku agar menjadi anak yang baik, soleh dan berbakti.”

3. Doa Kasih Sayang Orang Tua

Doa kasih sayang orang tua adalah salah satu doa yang biasa dipelajari oleh anak-anak. Doa ini berisi permintaan kepada Allah agar anak-anak dapat menghargai orang tuanya dengan sepenuh hati dan menjaga hubungan yang baik dengan orang tuanya. Doa ini berbunyi, “Ya Allah, kasihanilah aku dengan kasih sayang orang tuaku, jadikanlah aku anak yang taat dan berbakti pada mereka.” Artinya adalah “Ya Allah, kasihanilah aku dengan kasih sayang orang tuaku, jadikanlah aku anak yang taat dan berbakti kepada mereka.”

4. Doa Kasih Sayang Keluarga

Doa kasih sayang keluarga adalah salah satu doa yang biasa dipelajari oleh anak-anak. Doa ini berisi permintaan kepada Allah agar anak-anak dapat menghargai keluarga mereka dan menjaga hubungan yang baik dengan keluarga mereka. Doa ini berbunyi, “Ya Allah, kasihanilah aku dengan kasih sayang keluargaku, jadikanlah aku anak yang bijaksana dan berbakti pada keluarga.” Artinya adalah “Ya Allah, kasihanilah aku dengan kasih sayang keluargaku, jadikanlah aku anak yang bijaksana dan berbakti kepada keluarga.”

5. Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur adalah salah satu doa yang biasa dipelajari oleh anak-anak. Doa ini berisi permintaan kepada Allah agar anak-anak dapat beristirahat dengan tenang dan nyenyak. Doa ini berbunyi, “Ya Allah, jadikanlah aku anak yang rajin beribadah dan berdoa sebelum tidur, jagalah aku dari segala kejahatan dan kemungkaran.” Artinya adalah “Ya Allah, jadikanlah aku anak yang rajin beribadah dan berdoa sebelum tidur, jagalah aku dari segala kejahatan dan kemungkaran.”

6. Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan adalah salah satu doa yang biasa dipelajari oleh anak-anak. Doa ini berisi permintaan kepada Allah agar anak-anak dapat bersyukur atas nikmat yang diberikan-Nya. Doa ini berbunyi, “Ya Allah, berkatilah makanan ini untuk kami dan jadikanlah kami orang-orang yang bersyukur.” Artinya adalah “Ya Allah, berkatilah makanan ini untuk kami dan jadikanlah kami orang-orang yang bersyukur atas nikmat-Mu.”

7. Doa Agar Zein Anak Menjadi Baik

Doa agar Zein anak menjadi baik adalah salah satu doa yang biasa dipelajari oleh orang tua. Doa ini berisi permintaan kepada Allah agar anak-anak dapat menjadi anak yang baik dan bijaksana. Doa ini berbunyi, “Ya Allah, jadikanlah anakku Zein menjadi anak yang baik, berakhlakul karimah dan sholeh.” Artinya adalah “Ya Allah, jadikanlah anakku Zein menjadi anak yang baik, berakhlakul karimah dan soleh.”

8. Doa Agar Anak Berilmu

Doa agar anak berilmu adalah salah satu doa yang biasa dipelajari oleh orang tua. Doa ini berisi permintaan kepada Allah agar anak-anak dapat memiliki ilmu yang berguna dan bermanfaat. Doa ini berbunyi, “Ya Allah, jadikanlah anak-anakku berilmu dan bermanfaat serta beriman kepada-Mu dan kepada Rasul-Mu.” Artinya adalah “Ya Allah, jadikanlah anak-anakku berilmu dan bermanfaat serta beriman kepada-Mu dan kepada Rasul-Mu.”

9. Doa Agar Anak Berbuat Kebajikan

Doa agar anak berbuat kebajikan adalah salah satu doa yang biasa dipelajari oleh orang tua