Kumpulan Doa Buka Puasa dan Artinya
Kumpulan Doa Buka Puasa dan Artinya

Kumpulan Doa Buka Puasa dan Artinya

Puasa adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Di bulan Ramadhan, seluruh umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Di samping itu, setiap hari pada bulan Ramadhan, umat muslim juga mengucapkan doa buka puasa yang sangat bermakna. Doa ini diucapkan setelah adzan maghrib sebagai tanda akan berakhirnya ibadah puasa yang telah kita jalankan. Berikut adalah kumpulan doa buka puasa dan artinya.

Doa Buka Puasa yang Pertama

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُArtinya: “Telah hilanglah rasa haus, telah tersirap darah, semoga Allah memberikan balasan yang berlipat ganda.” (HR. Muslim)

Doa Buka Puasa yang Kedua

اللَّهُمَّ اِنِّيْ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ امنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُArtinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena Engkau, aku beriman kepada Engkau, aku bertawakal kepada Engkau, dan dengan rizki yang Engkau berikanlah aku membuka puasa.” (HR. Muslim)

Doa Buka Puasa yang Ketiga

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُArtinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena-Mu dan dengan rizki yang Engkau berikanlah aku berbuka.” (HR. Abu Dawud)

Doa Buka Puasa yang Keempat

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِيArtinya: “Ya Allah, aku memohon dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau memberikan ampunan kepadaku.” (HR. Muslim)

Doa Buka Puasa yang Kelima

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْنَا وَإِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرَّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْنَاArtinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu sebaik-baiknya puasa yang telah Engkau tetapkan untuk kami dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan puasa yang telah Engkau tetapkan untuk kami.” (HR. Ibnu Majah)

Doa Buka Puasa yang Keenam

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ فِيْهِ بِرَحْمَتِكَ وَإِحْسَانِكَ وَإِيْتَايِكَ عَطِيْفَةً قَوِيَّةً نَصِيْحَةً مُتَّقِيْةً وَنَشْوَةً مُبَارَكَةًArtinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu, kebaikan-Mu, karunia dan anugerah-Mu yang besar dan kuat, nasehat yang berhati-hati dan nikmat yang diberkati.” (HR. Ibnu Majah)

Doa Buka Puasa yang Ketujuh

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ حِينَ أَفْطَرَ وَحِينَ أَصْبَحَ وَحِينَ أَمْسَيَArtinya: “Ya Allah, segala puji bagi-Mu di waktu aku berbuka, di waktu pagi, dan di waktu sore.” (HR. Ahmad)

Doa Buka Puasa yang Kedelapan

اللَّهُمَّ إِنِّيْ اَصْبَحْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ وَمَلاَئِكَتَكَ وَجَمِيْعَ خَلْقِكَ وَأَنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ لاَإِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ وَأَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَArtinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku telah menyaksikan Engkau, menyaksikan pembawa ‘Arsy-Mu, malaikat-malaikat-Mu, seluruh makhluk-Mu dan bahwa Engkau adalah Allah, tiada Tuhan selain Engkau, tiada sekutu bagi-Mu dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Mu” (HR. Muslim)