Kumpulan Doa Bahasa Arab dan Artinya
Kumpulan Doa Bahasa Arab dan Artinya

Kumpulan Doa Bahasa Arab dan Artinya

Doa adalah suatu bentuk komunikasi antara seseorang dengan Tuhannya. Doa juga dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk ibadah yang dapat menghubungkan seseorang dengan Tuhannya. Doa juga dianggap sebagai salah satu bentuk pengakuan atas kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Doa juga diyakini dapat menjadi jembatan bagi seseorang untuk mencapai tujuan dan impiannya.

Doa dalam bahasa Arab adalah bentuk doa yang umum digunakan oleh umat Islam. Doa dalam bahasa Arab disebut dengan “dua”. Ini karena doa yang digunakan dalam bahasa Arab berisi dua bagian penting yaitu Ta’awwudh dan Tasmiyah. Ta’awwudh adalah bentuk pengakuan atas kekuasaan Allah SWT. Sementara Tasmiyah adalah bentuk pengakuan atas nama Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa contoh doa bahasa Arab dan artinya:

Doa Niat Shalat

Doa niat shalat adalah doa yang digunakan untuk melakukan shalat. Doa niat shalat ini juga dikenal sebagai doa niat ibadah. Doa ini berbunyi: “Nawaytu ‘alal-khair. Inniy wa’adtu ‘alal-thayyib. Laa ilaaha illa anta, subhaanaka inniy kuntu minaz-zalimin.” Artinya: “Aku berniat melakukan yang baik. Sesungguhnya aku telah berniat melakukan yang terbaik. Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zhalim.”

Doa Dhuha

Doa Dhuha adalah doa yang biasa digunakan untuk mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan. Doa ini berbunyi: “Rabbighfirli wa-rhamni wa-hdini wa-‘aafini wa-rzuqni wa-yassir li ta’malii wa-tawaffanii a’maalii.” Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku, kasihilah aku, berilah petunjuk kepadaku, mudahkanlah urusanku, berilah rezeki kepadaku, mudahkanlah aku dalam menjalankan urusanku, dan perkenankanlah aku untuk menyelesaikan semua urusanku.”

Doa Iftitah

Doa Iftitah adalah doa yang biasa digunakan oleh orang yang akan memulai sesuatu. Doa ini berbunyi: “Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahilla rabbil ‘aalamiin.” Artinya: “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Doa Tasbih

Doa Tasbih adalah doa yang digunakan untuk mengucapkan memuji dan mengagungkan Allah SWT. Doa ini berbunyi: “Subhaanallaahi wa bihamdihi, subhaanallaahi al-`adziim.” Artinya: “Maha Suci Allah dan segala puji baginya, Maha Suci Allah yang Maha Agung.”

Doa Qunut

Doa Qunut adalah doa yang biasa digunakan untuk berdoa kepada Allah SWT. Doa ini berbunyi: “Rabbanaa taqobbal minnaa innaka antas-samaawati wal-ardh wa man fiikhaa.” Artinya: “Ya Tuhan kami, terimalah doa kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas semesta alam dan segala isinya.”

Doa Hajat

Doa Hajat adalah doa yang biasa digunakan untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT. Doa ini berbunyi: “Rabbanaa hablanaa min azwajinaa wa dhurriyyatinaa qurrata ‘a’yunin wa jama’naa lil-muttaqiina.” Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan anak-anak yang shalih dan jadikanlah kami sebagai orang-orang yang bertakwa.”

Doa Wirid

Doa Wirid adalah doa yang biasa digunakan untuk mendoakan kebaikan bagi orang lain. Doa ini berbunyi: “Allahumma inniy as-aluka min khairin naafi’in wa rizqin waasi’in wa ‘afiyatin wa tawaffiyatin wa maghfiratin wa ‘aafiyatin.” Artinya: “Ya Allah, aku memohon kebaikan, kemanfaatan, rezeki, kesehatan, kematian yang baik, ampunan dan kesehatan.”

Kesimpulan

Doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat menghubungkan seseorang dengan Allah SWT. Doa dalam bahasa Arab adalah bentuk doa yang umum digunakan oleh umat Islam. Ada berbagai macam doa bahasa Arab yang tersedia, seperti doa niat shalat, doa Dhuha, doa Iftitah, doa Tasbih, doa Qunut, doa Hajat, dan doa Wirid. Dengan menggunakan doa-doa ini, seseorang dapat berdoa kepada Allah SWT dan memohon pertolongan dan kebaikan bagi orang lain.