Kumpulan Bacaan Doa Setelah Salat Dhuha dan Artinya
Kumpulan Bacaan Doa Setelah Salat Dhuha dan Artinya

Kumpulan Bacaan Doa Setelah Salat Dhuha dan Artinya

Salat Dhuha adalah salat sunnah yang dikerjakan pada waktu Dhuha. Waktu Dhuha adalah waktu yang dimulai dari berakhirnya matahari terbit sampai sebelum terbenam. Umumnya waktu Dhuha dimulai dari jam 7 pagi hingga jam 9 pagi. Salat Dhuha ini dianjurkan untuk dilakukan sebelum melakukan aktivitas lain dan dikerjakan secara berjamaah maksimal 4 orang. Selain itu, setelah selesai salat Dhuha, biasanya para jamaah akan berdoa menggunakan doa tertentu. Berikut ini adalah kumpulan bacaan doa setelah salat Dhuha beserta artinya.

1. Doa Setelah Salat Dhuha Agar Mendapatkan Kemudahan Dalam Beraktivitas

Doa: “Allahumma innii as’alukal ‘afwa wal ‘afiyah, wa ‘aafiyatal quluub, wa noorad daa’irati, wa rizqal harits, wa ‘aafiyah maa syaa’allaahu lanaa” (HR. Ibnu Majah)

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kemudahan, keselamatan, ketenteraman hati, cahaya penglihatan, rezeki yang berlimpah, dan keselamatan sebagaimana yang telah dijanjikan Allah kepada kami.”

2. Doa Setelah Salat Dhuha Agar Selalu Dilindungi Allah

Doa: “Allahumma anta as-salaamu wa minkas-salaamu, tabaarakta yaa dzal-jalaali wal ikraam” (HR. Ahmad)

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah sumber segala keselamatan dan keselamatan itu ada dari-Mu. Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”

3. Doa Setelah Salat Dhuha Untuk Mendapatkan Kemudahan Pada Hidup

Doa: “Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon waasi’an, wa ‘amalan mutaqorriban, wa qalban saleeman wa ‘aafiyatad daa’irati wa silman qawiyyati” (HR. At-Tirmidzi)

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang cukup, amal yang diterima, hati yang tenang, penglihatan yang sehat dan kesabaran yang kuat.”

4. Doa Setelah Salat Dhuha Untuk Mendapatkan Kebahagiaan

Doa: “Allahumma innii as’aluka al-‘afwa wal ‘afiyah, wa rizqal hasanah, wa noorad daa’irati, wa ‘aafiyatad daaril qur’aani wal ‘aafiyatad daaril as-saalihaati wa ‘aafiyatad daraajati wa ‘aafiyatad diyaari, wa silman qawiyyati, wa khairal ‘amal” (HR. Ibnu Majah)

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kemudahan, keselamatan, rezeki yang baik, cahaya penglihatan, keselamatan di rumah yang diisi oleh Al-Quran, keselamatan di rumah yang diisi oleh orang-orang yang saleh, keselamatan di jalan, keselamatan di tempat tinggal, kesabaran yang kuat, dan kebaikan dalam segala amal.”

5. Doa Setelah Salat Dhuha Untuk Mendapatkan Kecerdasan

Doa: “Allahumma innii as-aluka al-‘afwa wal ‘afiyah, wa ‘ilman naafi’an, wa hikmah tammatan, wa fadhlal hamiidatil laziina ‘ahadta bihi wa ahsaanta bihi wa ‘aafiyatad daa’irati” (HR. Abu Daud)

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kemudahan, keselamatan, ilmu yang bermanfaat, hikmah yang sempurna, keutamaan yang telah Engkau berikan kepada orang-orang yang mencintai-Mu danyang Engkau ridhai, serta keselamatan penglihatan.”

6. Doa Setelah Salat Dhuha Untuk Mendapatkan Ridho Allah

Doa: “Allahumma inii as’aluka al-‘afwa wal ‘afiyah, wa rizqon waasi’an, wa ‘amalan mutaqorriban, wa qalban saleeman, wa ridhaaka wa jalalaka” (HR. At-Tirmidzi)

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kemudahan, keselamatan, rezeki yang cukup, amal yang diterima, hati yang tenang, dan ridho dan kemuliaan-Mu.”

7. Doa Setelah Salat Dhuha Untuk Mendapatkan Keberkahan dalam Segala Hal

Doa: “Allahumma inii as-aluka al-‘afwa wal ‘afiyah, wa rizqon waasi’an, wa ‘amalan mutaqorriban, wa qalban saleeman, wa barakaatil qur’aani, wa barakaatil as-saalihaati” (HR. At-Tirmidzi)

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kemudahan, keselamatan, rezeki yang cukup, amal yang diterima, hati yang tenang, keberkahan Al-Quran dan keberkahan orang-orang yang saleh.”

8. Doa Setelah Salat Dhuha Untuk Mendapatkan Kebahagiaan Hati

Doa: “Allahumma innii as-aluka al-‘afwa wal ‘afiyah, wa rizqon waasi’an, wa ‘amalan mutaqorriban, wa qalban saleeman, wa rahmataka yaa arhamar-rahimeen” (HR. Ibnu Majah)

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kemudahan, keselamatan, rezeki yang cukup, amal yang diterima, hati yang tenang, dan rahmat-Mu, Wahai Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.”

9. Doa Setelah Salat Dhuha Untuk Mendapatkan