Khotmil Qur’an Lengkap & Artinya
Khotmil Qur’an Lengkap & Artinya

Khotmil Qur’an Lengkap & Artinya

Khotmil Qur’an adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Doa khotmil Qur’an biasa diucapkan ketika kita selesai membaca Al-Qur’an. Doa khotmil Qur’an ini punya banyak manfaat, seperti memohon kepada Allah agar kita terhindar dari siksa-Nya, memohon kebaikan dalam hidup, dan meningkatkan keimanan kita. Doa khotmil Qur’an ini dapat dibaca baik saat berdiri maupun duduk. Berikut ini adalah doa khotmil Qur’an lengkap dengan artinya.

Doa Khotmil Qur’an

أَسْتَوْدِعُ اللهَ الْكِتَابَ الذِي نَزَلَ بِهِ عَلَيْكَ وَالْحِكْمَةَ وَالْعِلْمَ الَّذِي وَضَعَ بَيْنَ يَدَيْكَ فَتَقَبَّلَهُ مِنِّي وَأَسْلُمْ لَكَ

Artinya

Aku menyerahkan kepada Allah kitab yang diturunkan kepadamu dan hikmah dan ilmu yang diberikan-Nya kepadamu. Aku mohon agar Allah menerimanya dari diriku dan aku tunduk patuh kepada-Nya.

Fadhilah Doa Khotmil Qur’an

Doa khotmil Qur’an ini memiliki banyak fadhilah untuk yang melaksanakannya. Di antara manfaatnya ialah sebagai berikut:

1. Selalu dicatat dan dibalas oleh Allah. Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah akan mencatat dan menyimpan setiap doa yang dikabulkan, serta mencatat dan menyimpan setiap doa yang tidak dikabulkan.” (HR. Tirmidzi).

2. Memohon pertolongan dan kekuatan dari Allah. Doa khotmil Qur’an juga memohon pertolongan dan kekuatan dari Allah. Dengan membaca doa ini, kita akan diperkuat oleh Allah dan dijauhkan dari setiap kesulitan dan bencana.

3. Menjaga keimanan. Doa khotmil Qur’an juga bisa menjaga keimanan kita. Dengan membaca doa ini, kita akan tahu kebenaran Al-Qur’an dan melaksanakan apa yang telah Allah firmankan.

4. Mendapatkan berkah dari Allah. Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca doa khotmil Qur’an dengan penuh khusyuk dan ikhlas, maka Allah akan memberinya berkah.” (HR. Thabrani).

5. Mengurangi rasa nyeri dan sakit. Doa khotmil Qur’an juga bisa mengurangi rasa nyeri dan sakit. Berdasarkan hadist berikut ini, “Doa khotmil Qur’an akan menghilangkan sesak napas dan rasa sakit.” (HR. Abu Daud).

Kesimpulan

Doa khotmil Qur’an adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Doa ini punya banyak manfaat, seperti memohon kepada Allah agar kita terhindar dari siksa-Nya, memohon kebaikan dalam hidup, dan meningkatkan keimanan kita. Selain itu, doa khotmil Qur’an juga memiliki banyak fadhilah, seperti selalu dicatat dan dibalas oleh Allah, memohon pertolongan dan kekuatan dari Allah, menjaga keimanan, mendapatkan berkah dari Allah, dan mengurangi rasa nyeri dan sakit. Oleh karena itu, marilah kita selalu membaca doa khotmil Qur’an dengan penuh khusyuk dan ikhlas.