Keutamaan dan Arti Bismillahirrahmanirrahim dalam Bahasa Arab
Keutamaan dan Arti Bismillahirrahmanirrahim dalam Bahasa Arab

Keutamaan dan Arti Bismillahirrahmanirrahim dalam Bahasa Arab

Keutamaan dan arti Bismillahirrahmanirrahim dalam bahasa Arab memang wajib untuk dipahami secara baik dan benar, karena bisa sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa mencoba untuk menggunakan kalimat tersebut saat ingin melakukan sesuatu.

Kalimat Bismillahirrahmanirrahim merupakan sebuah lafadz yang sering diucapkan serta diamalkan oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia. Pada umumnya kalimat tersebut dibacakan ketika ingin melakukan berbagai kegiatan tertentu.

Perlu menjadi perhatian bahwa keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim memiliki makna yang mendalam. Jadi, bukan hanya sekedar tulisan saja. Kalimat tersebut sangat indah jika dijadikan kaligrafi serta digunakan pada hiasan di dalam rumah maupun masjid.

Pada dasarnya tulisan tersebut merupakan lafadz dengan bahasa Arab. Bagi seluruh umat Islam yang mengetahui cara untuk membacanya tentu akan lebih memilih cara membaca dengan tulisan bahasa Arab, karena lebih mudah pelafasannya.

Ejaan dalam bahasa arab lebih jelas serta mudah disesuaikan dengan makhorijul hurufnya. Jadi keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim bisa kamu pahami dengan mudah jika mengetahui makna dari setiap kata yang terdapat pada kalimat tersebut.

Sejarah Singkat Mengenai Tulisan Bismillah

Bukan hanya mempelajari mengenai keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim saja. Kami juga akan memberikan informasi mengenai sejarah singkat kalimat tersebut. Sejarah pertama kalinya tulisan tersebut belum banyak diketahui oleh sebagian besar umat islam.

Padahal kalimat bismillah merupakan kalimat yang sangat sering diucapkan oleh umat islam diseluruh dunia sebelum melakukan berbagai aktivitas. Maka dari itu penjelasan singkat ini akan menambah wawasan sekaligus pengertian kamu mengenai sejarah bismillah.

Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa Allah SWT telah menciptakan sebuah pena dan Allah menjadikan pena itu dengan satu ikatan. Sedangkan jarak antara ikatan kurang lebih berkisar antara 500 tahun dalam perjalanan.

Setelah itu, Allah melihat dengan penuh kewibawaan, tidak lama kemudian terbelahlah pena itu, lalu Allah berfirman “ Wahai pena, tuliskanlah di atas papan, segala sesuatu yang ada, dan segala sesuatu yang akan terjadi hingga hari kiamat.”

Kemudian pena tersebut berkata kepada Allah SWT. “Ya Tuhanku, harus menggunakan apa untuk menulis kalimat tersebut, Allah berfirman, “ Wahai pena, demi kemuliaan dan keagunganKu, barang siapa yang berkata Bismillahirrahmanirahim.

Dari umat Nabi Muhammad Saw walau hanya satu kali. Maka Aku akan mencatatnya dengan memberikan pahala ibadah selama 700 Tahun. Sejarah tersebut diambil dari kitab Khoziinatil Asrar yang dikarang oleh Asaid Muhammad Haqi Najili.

Dari sejarah singkat yang sudah dijelaskan, kita sudah mengetahui bahwa keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim sangat besar makna dan manfaatnya. Jadi, tidak akan sia-sia dalam mempelajarinya.

Keutamaan Kalimat Bismillah Menurut Hadist

Untuk kamu yang seorang muslim, terdapat berbagai keutamaan yang bisa kamu dapatkan melalui kalimat tersebut. Perlu menjadi perhatian, bahwa kalimat tersebut menjadi wajib diucapkan setiap hari, bahkan jika akan melakukan suatu kegiatan tertentu.

1.     Menghancurkan Syaitan

Keutamaan pertama yang akan kamu dapatkan adalah dapat menghancurkan syaitan. Hal itu disebutkan oleh Rasullulah SAW bahwa apabila seorang hamba telah membaca kalimat Bismillah, niscaya Syaitan akan hancur sebagaimana hancurnya timah di atas apa. HR.Muslim.

2.     Mendapatkan 400 Kebaikan

Mempelajari keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim akan memberikan kamu 400 kebaikan. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW bahwa tidak ada dari seorang hamba yang membaca kalimat tersebut, kecuali Allah memerintahkan malaikat mencatat amal untuknya dalam 400 kebaikan. HR. Muslim.

3.     Dapat Menghapus Dosa

Keutamaan yang bisa kamu dapatkan lainnya adalah dapat menghapus doa. Keutamaan kalimat itu dapat membantu untuk menghapuskan dosa-dosa seperti sabda Rasulullah barangsiapa yang sudah membaca kalimat bismillah, maka tidak tersisa dosa-dosa yang kecil.

4.     Mendapat Catatan Orang Baik

Lanjut dengan keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim yang akan membuat kamu mendapatkan catatan sebagai orang baik. Dalam HR. Abu Daud, Rasulullah bersabda bahwa barangsiapa yang telah membaca bismillah, maka namanya akan ditulis sebagai orang yang baik serta terbebas dari kekafiran.

5.     Dapat Terhindar dari Fitnah

Keutamaan lainnya adalah dapat terhindari dari fitnah. Dalam HR. Muttafaqun Alaih disebutkan bahwa jika kalian berdiri hendaklah mengucapkan kalimat bismillah, sungguh apabila ada manusia yang memfitnah, maka malaikat akan mencegah mereka dari perbuatan fitnah.

6.     Akan Mendatangkan Keberkahan

Keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim juga akan mendatangkan berbagai keberkahan dalam melakukan berbagai pekerjaan. Allah SWT berfirman bahwa setiap perkara penting yang tida dimulai dengan bismillah, maka amalannya akan terputus dalam berkahnya. HR. Abu Daud.

Memahami Arti Kata Bismillah

Mempelajari mengenai keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim menjadi salah satu faktor terpenting untuk kamu. Hal tersebut agar kamu benar-benar mengamalkan dan mendapatkan banyak keutamaan seperti yang sudah disebutkan diatas.

Kalimat bismillah memiliki peran sangat penting dalam kehidupan sehari-hari semua umat Muslim di dunia. Oleh karena itu, bismillah sangat dianjurkan untuk diucapkan setiap ingin melakukan berbagai aktivitas tertentu.

Keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim adalah menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Arti yang lainnya bahwa kegiatan akan dimulai dengan mengucapkan kalimat tersebut akan menambah nilai ibadah.

Semua aktivitas yang didahului oleh kalimat tersebut merupakan sebuah tanda bahwa kamu melakukan suatu aktivitas karena Allah Taala, dengan mengatasnamakan Allah maka hendaknya mengucapkan kalimat tersebut setiap kali ingin melakukan sesuatu.

Dalam Surah Az Zariyat ayat 56, Allah telah berfirman bahwa aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar beribadah hanya kepada-Ku. Dengan kata lain, tidak ada satupun hal yang dapat manusia atau jin lakukan kecuali yang akan bernilai sebagai ibadah.

Dalam kegiatan seperti makan, bersosialisasi, bekerja serta kegiatan positif lainnya akan memiliki nilai ibadah jika mengatasnamakannya dengan menyebut kalimat bismillahirrahmanirrahim. Perlu diingat, hal tersebut tidak boleh dilakukan sembarangan.

Keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim secara harfiah adalah dengan menyebut nama Allah. Kalimat tersebut merupakan bagian dari kalimat basmallah yang mempunyai arti dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Arti secara umum adalah meniatkan segala sesuatu atas nama Allah. Arti tersebut merupakan sebuah upaya agar bisa memohon restu serta kelancaran hanya kepada Allah SWT. Sehingga setiap aktivitas bisa berjalan dengan lancar.

Pengertian Bacaan Bismillah Menurut Ulama

Keutamaan dan arti Bismillahirramanirrahim bisa kamu pahami jika sudah memahami berbagai pengertiannya menurut ulama. Para ulama sendiri telah menjabarkan setiap kata agar menjadi pengertian yang mudah untuk dipahami.

  1. Mulai dari awalan Bi yang memiliki arti kekuasaan serta pertolongan. Setiap orang yang melafazkan bacaan tersebut sebelum memulai sesuatu dengan niat baik atas dasar kekuasaan dan pertolongan Allah. Maka Allah akan menjaganya.
  2. Pada Bismillahirrahmanirrahin erat berkaitan dengan kalimat tauhid yang berbunyi La Ilaha illa Allah. Kalimat tersebut merupakan kalimat mulia yang membesarkan nama Allah.
  3. Bismillah diucapkan sebagai salah satu bentuk pengakuan bahwa Allah merupakan sang penguasa alam semesta yang memiliki keagungan.
  4. Bismillah juga mengandung dua sifat Allah yatu ar-rahin dan ar-rahman. Ar rahim berarti Allah maha penyayang sedangkan ar-rahman artinya Allah maha pengasih.

Menurut para ulama tersebut, keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim bisa menjadi sangat istimewa dan mempunyai makna yang tidak bisa di spelekan. Jika kamu percaya dengan kebesaran Allah, maka apapun akan terjadi dengan kehendakNya.

Bismillah merupakan awalan pada surat-surat Rasulullah SAW. Bacaan tersebut juga menjadi pemula pada saat mandi, wudhu dan tayamum. Kalimat tersebut menjadi pelindung dari godaan setan yang terkutut pada saat kamu makan.

Kalimat tersebut juga menjadi penghalang antara pandangan jin serta aurat manusia. Bismillah menjadi syarat utama untuk kehalalan hewan sembelih. Jadi, tidak ada salahnya jika selalu mengingat kalimat tersebut ketika ingin melakukan apapun.

Memahami Makna Bacaan Bismillah

Tidak lengkap jika hanya membahas keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim saja tanpa tahu maknanya. Menyebut Bismillah dalam setiap awal pekerjaan akan bertujuan untuk mengingat kebesaran Allah SWT. Bacaan tersebut sangat dianjurkan untuk diucapkan oleh seluruh umat islam.

Makna terbesar yang akan kamu dapatkan adalah pengaruh bacaan tersebut yang dimana Allah akan turut serta dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. Perlu menjadi catatan, pekerjaan harus dalam porsi kebaikan, bukan keburukan maupun yang dapat mencelakakan orang.

Dengan bacaan tersebut, artinya kamu memohon serta berdoa kepada Allah agar bisa menghadapi segala jenis tantangan, halangan serta rintangan. Diberikan kemudahan serta kelancaran pada setiap pekerjaan.

Makna tersebut akan menjadi berkah bagi setiap orang yang memulai pekerjaan dengan menyebut bismillah. Menyadari akan keagungan Allah menjadi salah satu faktor terpenting seseorang dalam keberhasilan dalam melakukan apapun.

Makna bacaan tersebut secara umum bisa dipahami sebagai salah satu niat bagi segala sesuatu yang dilakukan atas nama Allah SWT. Bismillah berarti memohon untuk dilancarkan dan direstukan oleh Allah SWT. Jadi, jika ingin kegiatan lancar hendaknya mengamalkan kalimat tersebut.

Selain membantu kamu terhindar dari godaan setan yang terkutuk, keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim juga dapat memberikan keberkahan serta banyak pahala atas semua tindakan yang dilakukan. Hal tersebut bisa menjadi lading pahala untuk kamu.

Penulisan Kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim

Dalam penulisannya sendiri terdapat berbagai versi. Pertama, khat tsuluts yang menggunakan tanda disebelah kiri dan kanan, sedangkan khat farisi hanya menggunakan kotak sebagai penghias tulisan kaligrafi tersebut.

Kaligrafi bismillah juga sering dikreasikan menjadi berbagai bentuk untuk menambah kesan seni dan estetika dari tulisannya. Namun, perlu menjadi perhatian, arti dan maknanya akan tetap sama seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Pengembangan penulisan kaligrafi menjadi salah satu jalan untuk pencinta seni mengembangkan kreativitasnya. Kaligrafi biasa dilukis dalam bentuk pemandangan, burung, kapal, love, bisa juga digambar berbentuk sepeda dan bintang.

Kreativitas tersebut sering dijadikan ajang perlombaan untuk orang-orang pecinta seni. Jadi, bukan hanya memahami mengenai maknanya tapi bisa juga diimplementasikan dalam sebuah karya gambar yang penuh dengan keindahan dan estetika original.

Kalimat tersebut menjadi sangat indah bila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi jika ingin melakukan sesuatu dengan ikhlas dan sabar. Niscaya Allah akan sangat membantu dan menjaga kamu.

Keutamaan dan arti bismillahirrahmanirrahim bisa diamalkan dimanapun dan kapanpun. Jika mengingat Allah dimanapun dan kapanpun niscaya Allah juga akan mengingat serta memberikan segala bentuk kemudahan dalam setiap aktivitas yang dilakukan.