Hafalkan Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Beserta Artinya
Hafalkan Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Beserta Artinya

Hafalkan Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Beserta Artinya

Kebiasaan melaksanakan sholat lima waktu sehari-hari sebagai salah satu rukun Islam merupakan kewajiban setiap muslim. Selain itu, sebagai seorang muslim diharuskan untuk berdzikir kepada Allah SWT. Dzikir bisa dilakukan kapan saja, namun ada bacaan-bacaan spesifik yang harus dilakukan setelah sholat. Bacaan tersebut dinamakan ‘Doa Setelah Sholat’ atau ‘Dzikir Setelah Sholat’.

Doa setelah sholat dimaksudkan sebagai cara untuk memuji dan memohon ampunan Tuhan. Hal ini juga diyakini dapat meningkatkan kekuatan membaca Alquran dan mendorong kedekatan kita dengan Allah SWT. Bacaan doa setelah sholat juga bisa membantu meningkatkan keimanan seseorang. Jika dilakukan secara rutin, doa setelah sholat juga dapat melatih kesabaran dan memperkuat komitmen kita dalam beribadah kepada Allah SWT.

Doa Setelah Sholat

Doa setelah sholat adalah bacaan yang wajib dilakukan setelah selesai melaksanakan sholat. Biasanya doa setelah sholat terdiri dari beberapa kalimat. Berikut adalah beberapa doa setelah sholat yang harus dihafalkan:

1. Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa setelah sholat fardhu adalah doa yang harus dilakukan setelah melakukan sholat fardhu. Doa ini biasanya berupa berulang-ulang menyebut kalimat “subhanallah”. Berikut adalah doa setelah sholat fardhu beserta artinya:

الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ لَمْ يَجْعَلْنَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِيْنَ – Artinya: Segala puji bagi Allah yang tidak menjadikan kami termasuk golongan orang-orang yang zalim.

2. Doa Setelah Sholat Sunnah

Doa setelah sholat sunnah adalah doa yang biasanya dilakukan setelah melakukan sholat sunnah. Doa ini biasanya berupa kalimat “sallallahu ‘alaihi wa sallam”. Berikut adalah doa setelah sholat sunnah beserta artinya:

الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ – Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah mengutus rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang benar, agar dapat memenangkan agama di atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak suka.

3. Doa Setelah Sholat Witir

Doa setelah sholat witir adalah doa yang harus dilakukan setelah melakukan sholat witir. Doa ini biasanya berupa kalimat “astaghfirullah”. Berikut adalah doa setelah sholat witir beserta artinya:

اللهُمَّ أَنْتَ السَّلامُ وَمِنْكَ السَّلامُ تَبَارَكْتَ يا ذَا الجَلالِ وَالإِكْرَامِ – Artinya: Ya Allah, Engkaulah Yang Maha Memberi Kesejahteraan dan dariMu lah keselamatan. Maha Suci Engkau, wahai Dzat Yang Maha Mulia dan Maha Pengasih.

Kesimpulan

Memahami dan menghafalkan doa setelah sholat adalah suatu keharusan bagi setiap muslim. Doa setelah sholat dapat meningkatkan keimanan, meningkatkan pengingat kepada Allah SWT, dan meningkatkan kekuatan membaca Alquran. Dengan memahami dan menghafalkan doa setelah sholat, kita dapat mendekatkan diri dengan Allah SWT.