Hafal Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Artinya
Hafal Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Artinya

Hafal Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Artinya

Makan adalah salah satu aktivitas yang dilakukan manusia untuk menjaga kesehatannya. Di Indonesia, sebelum dan sesudah makan, biasanya dilakukan doa sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur terhadap Allah SWT. Doa sebelum dan sesudah makan dalam agama Islam biasanya dibaca dalam bahasa Arab. Berikut ini adalah hafalan doa sebelum dan sesudah makan beserta artinya.

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan adalah bentuk syukur dan ucapan terima kasih kita kepada Allah SWT sebagai pencipta segala makanan, baik yang kita makan maupun yang kita tidak makan. Doa sebelum makan yang biasa dibaca adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Bismilahirrahmanirrahim

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang”.

Doa Sesudah Makan

Doa sesudah makan adalah bentuk syukur dan ucapan terima kasih kita kepada Allah SWT karena telah memberikan kita makanan yang kita makan. Doa sesudah makan yang biasa dibaca adalah sebagai berikut:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Alhamdulillahi Alladzii at’amanaa wa saqoohna wa ja’alnaa minal muslimiin

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makanan dan minuman kepada kita, dan menjadikan kita di antara orang-orang yang berserah diri”.

Doa Selesai Makan

Selain doa sebelum dan sesudah makan, ada juga doa yang biasa dibaca setelah selesai makan. Doa ini biasa dibaca untuk meminta kepada Allah agar diampuni dari segala dosa. Doa selesai makan yang biasa dibaca adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.

Fadilah Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Doa sebelum dan sesudah makan memiliki fadilah dan keutamaan tersendiri. Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu makan, hendaklah ia berdoa. Jika tidak berdoa maka janganlah ia meninggalkan meja makannya sebelum ia berdoa.” (HR. Abu Dawud).

Selain itu, berdasarkan hadis Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang melakukan dua doa ini di waktu makan (sebelum dan sesudah makan) tidak akan ditolak: ‘Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar.’ Dan ‘Allahumma a’innii ‘alaa dzikril kitaab wa husnil ‘ibaadah’” (HR. Tirmidzi) yang artinya, “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka. Ya Allah, tolonglah aku dalam mengingat-Mu, mencintai-Mu, dan mengabdi kepada-Mu.”

Kesimpulan

Doa sebelum dan sesudah makan merupakan salah satu bentuk syukur dan ucapan terima kasih kita kepada Allah SWT. Berdasarkan hadis, ada beberapa doa yang biasa dibaca sebelum, sesudah, dan setelah selesai makan. Setiap doa tersebut memiliki arti dan makna tersendiri. Selain itu, doa sebelum dan sesudah makan juga memiliki fadilah dan keutamaan tersendiri yang akan mendatangkan berkah dan keberkahan kepada orang yang membacanya.

Referensi

QuranicAudio. 2021. “Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan”. Diakses pada 28 April 2021. https://quranicaudio.com/doa-sebelum-makan-dan-sesudah-makan/