Dzikir Setelah Witir dan Doa Setelah Sholat Witir Beserta Artinya
Dzikir Setelah Witir dan Doa Setelah Sholat Witir Beserta Artinya

Dzikir Setelah Witir dan Doa Setelah Sholat Witir Beserta Artinya

Shalat Witir adalah salah satu jenis shalat sunnah yang khusus dikerjakan setelah melaksanakan shalat malam. Meskipun shalat witir ini adalah sunnah, namun Allah SWT akan memberikan pahala yang besar bagi orang yang melaksanakannya setiap malam. Di dalamnya terkandung pengakuan akan keagungan Allah SWT dan juga rasa syukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya.

Setelah melaksanakan shalat witir, biasanya dilakukan dzikir dan doa-doa yang berkaitan dengannya. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai dzikir setelah witir dan doa setelah sholat witir beserta artinya. Dengan mengetahui dzikir dan doa setelah witir ini, tentunya kita akan lebih mudah untuk menghidupkan kembali sunnah ini.

Dzikir Setelah Witir

Dzikir setelah witir merupakan wajib bagi kita untuk melakukannya. Perintah dzikir setelah witir terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 205:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat, maka ingatlah Allah dengan menyandarkan (duduk) dan berdiri serta berbaring di sisi kananmu. Kemudian apabila kamu sudah merasa tenang, maka dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. Al-A’raf : 205)

Berdasarkan ayat di atas, maka setelah melaksanakan shalat witir kita seharusnya melakukan dzikir dan berdoa. Dzikir dan doa yang kita lakukan setelah witir ini bisa berupa doa pribadi atau doa yang telah ditetapkan. Berikut ini adalah beberapa dzikir setelah witir yang bisa kita lakukan:

  • Subhanallahi walhamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar.
  • Allahumma laka sumtu wa bika aamantu wa alayka tawakaltu wa ala rizqika aftarthu.
  • Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta, khalaqtanee wa ana abduka, wa ana ala ahdika wa wa’dika mastata’tu, a’udhubika min sharri ma sana’tu, aboo’u laka bini’matika alayya wa aboo’u bithanbee faghfir lee fa innahu laa yaghfiruzzunub illa anta.
  • Allahumma inni a’udhubika minal khubuthi wal khaba’ith.
  • Allahummaghfirlee warhamnee wahdini warzuqnee.
  • Allahummaj’alnee minat tawwabeena waj’alnee minal mutatahhireen.

Doa Setelah Sholat Witir Beserta Artinya

Selain dzikir setelah witir, kita juga harus melakukan doa setelah shalat witir. Doa ini akan membantu kita untuk mendapatkan pahala yang besar dan juga berbagai nikmat dari Allah SWT. Berikut adalah beberapa doa setelah witir beserta artinya:

  • Allahumma inni a’udhubika minal khubuthi wal khaba’ith: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan dan keburukan.”
  • Allahummaghfirlee warhamnee wahdini warzuqnee: “Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, berilah aku petunjuk dan karuniakanlah aku (dengan rizki yang baik).”
  • Allahummaj’alnee minat tawwabeena waj’alnee minal mutatahhireen: “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang disucikan.”

Kesimpulan

Melakukan dzikir dan doa setelah witir adalah hal yang wajib bagi kita untuk melakukannya. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT dan juga berbagai nikmat yang akan diberikan-Nya. Jadi, selain melaksanakan shalat witir, jangan lupa juga untuk melakukan dzikir dan doa setelah witir agar mendapatkan pahala yang besar.