Dzikir dan Doa Setelah Sholat Subuh Latin dan Artinya
Dzikir dan Doa Setelah Sholat Subuh Latin dan Artinya

Dzikir dan Doa Setelah Sholat Subuh Latin dan Artinya

Sholat Subuh merupakan salah satu sholat wajib yang dikerjakan sehari-hari. Setelah menyelesaikan sholat, maka tak lengkap jika tidak mengikuti dzikir dan doa setelah sholat Subuh. Tak sedikit orang yang merasa bingung mengenai dzikir dan doa setelah sholat Subuh latinnya. Berikut ini adalah dzikir dan doa setelah sholat Subuh latin dan artinya.

Doa Setelah Sholat Subuh

Doa setelah sholat subuh yang dianjurkan untuk dibaca adalah doa berikut ini: “Allahumma laka shalatu, wa ‘alaika tasliyatu, wa ‘ala jami’il muslimin wal muslimat, Allahumma taqobbal shalatu.”

Arti Doa Setelah Sholat Subuh

Arti doa tersebut adalah “Ya Allah, shalatku ini untuk-Mu, dan tasliyatku ini pun untuk-Mu, dan untuk segenap kaum muslimin dan muslimat. Ya Allah, terimalah shalatku ini.”

Dzikir Setelah Sholat Subuh

Setelah menyelesaikan sholat Subuh, maka disunnahkan untuk melakukan dzikir setelah shalat Subuh. Dzikir setelah sholat Subuh yang dianjurkan untuk dibaca adalah: “Allahumma inni a’udhu bika minal-kufri wal-faqri, wa qalbi yagusa bih. Allahumma inni a’udhubika minal-judi wal-harami, wa ajzi wal-kasali, wa syarri kasali, wa syarri dzambi, wa syarri qabasi.”

Arti Dzikir Setelah Sholat Subuh

Arti dzikir tersebut adalah “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Dan juga aku berlindung kepada-Mu dari berjudi, perbuatan haram, kemalasan, kelemahan, kejahatan, dan kebodohan.”

Doa dan Dzikir Setelah Sholat Subuh Lainnya

Selain dzikir dan doa setelah sholat Subuh di atas, Anda juga bisa membaca doa dan dzikir setelah sholat Subuh berikut ini: “Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama shollaita ‘ala ibrahima wa ‘ala ali ibrahima, innaka hamidum majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala ibrahima wa ‘ala ali ibrahima, innaka hamidum majid.”

Arti Doa dan Dzikir Setelah Sholat Subuh

Arti dzikir dan doa tersebut adalah “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan rahmat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkaulah Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, karuniakanlah keberkahan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah menganugerahkan keberkahan kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkaulah Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

Doa dan Dzikir Setelah Sholat Subuh Lainnya

Ada lagi doa dan dzikir lainnya yang dapat Anda baca setelah menyelesaikan sholat Subuh. Doa dan dzikir tersebut adalah “Allahumma anta Rabbi la ilaha illa anta, khalaqtani wa ana ‘abduka, wa ana ala ‘ahdika wa wa’dika mastathota, a’udzu bika min syarri ma sana’tu, abu’u laka bini’matika ‘alaiya, wa abu’u bidzunubi, wa adkhilhu fi dzulalika wa adkhilhu fi al ‘aafiyati fi yaumal qiyamati.”

Arti Doa dan Dzikir Setelah Sholat Subuh

Arti dzikir dan doa tersebut adalah “Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tak ada Tuhan selain Engkau, Engkau yang telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku bersumpah kepada-Mu berdasarkan janji dan ikrar-Mu yang telah Engkau tetapkan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala yang tidak aku kehendaki. Aku memohon kepada-Mu anugerah-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku. Aku memohon kepada-Mu untuk melepaskan dosa-dosaku dan memasukkan aku ke dalam surga-Mu pada hari kiamat nanti.”

Conclusion

Demikianlah dzikir dan doa setelah sholat Subuh beserta latin dan artinya yang dapat Anda amalkan setelah melaksanakan sholat Subuh. Dengan begitu, maka sholat Subuh Anda semakin utama dan berkah.