Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud: Beserta Artinya
Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud: Beserta Artinya

Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud: Beserta Artinya

Menjalankan sholat tahajud merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT. Sholat ini dianjurkan untuk dilaksanakan setelah sholat Isya dan sebelum terbit fajar. Selain itu, sholat tahajud juga diyakini akan memberikan banyak keutamaan dan pahala bagi yang melaksanakannya.

Namun, tahukah Anda bahwa sholat tahajud memiliki dzikir dan doa yang dianjurkan sebagai sesudah sholat tahajud? Dzikir dan doa tersebut dianjurkan untuk meningkatkan ketaatan dan ibadah kepada Allah SWT. Berikut ini adalah dzikir dan doa sesudah sholat tahajud beserta artinya.

1. Dzikir Sesudah Sholat Tahajud: “Subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x, Allahu Akbar 33x”

Dzikir yang pertama adalah dengan membaca “Subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x, Allahu Akbar 33x”. Membaca kalimat tersebut berarti Anda mengucapkan kemuliaan kepada Allah SWT dan memuji-Nya atas segala kebesaran-Nya. Di dalam Al-Qur’an surat Al-Hashr ayat 24 juga terdapat kalimat “Subhanallah” yang artinya “Maha Suci Allah”.

2. Dzikir Sesudah Sholat Tahajud: “Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadiir”

Dzikir kedua yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat tahajud adalah “Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadiir”. Membaca dzikir ini berarti Anda menyatakan bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah SWT. Selain itu, Anda juga menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada di muka bumi ini adalah milik Allah SWT dan semua ini berada di bawah kuasa-Nya.

3. Dzikir Sesudah Sholat Tahajud: “Subhaanaka Allahumma wa bihamdika, ash-hadu anlaa ilaaha illa anta, astaghfiruka wa atubu ilaik”

Dzikir yang ketiga adalah “Subhaanaka Allahumma wa bihamdika, ash-hadu anlaa ilaaha illa anta, astaghfiruka wa atubu ilaik”. Membaca dzikir ini berarti Anda menyatakan kemuliaan dan memuji Allah SWT. Selain itu, Anda juga menyatakan bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah SWT. Anda juga meminta ampunan kepada Allah atas semua dosa yang telah Anda lakukan.

4. Dzikir Sesudah Sholat Tahajud: “Laa haula wa laa quwata illaa billaah”

Dzikir yang keempat adalah “Laa haula wa laa quwata illaa billaah”. Membaca dzikir ini berarti Anda menyatakan bahwa tidak ada daya dan kekuatan yang berasal dari selain Allah SWT. Ini adalah bentuk penghormatan dan pengakuan atas kemuliaan Allah SWT.

5. Dzikir Sesudah Sholat Tahajud: “Rabbi a’innii ‘alaa dhikrika wa shukrika wa husni ‘ibadatika”

Dzikir yang kelima adalah “Rabbi a’innii ‘alaa dhikrika wa shukrika wa husni ‘ibadatika”. Membaca dzikir ini berarti Anda memohon pertolongan kepada Allah untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam berdzikir, memuji-Nya dan melakukan ibadah yang baik. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan ketaatan kepada-Nya.

6. Doa Sesudah Sholat Tahajud: “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”

Doa yang pertama adalah “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”. Membaca doa ini berarti Anda memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah Anda lakukan. Anda juga memohon kepada-Nya agar Allah SWT memberikan ampunan kepada Anda dan mengampuni semua dosa-dosa yang telah Anda lakukan.

7. Doa Sesudah Sholat Tahajud: “Allahummaghfir li warhamni wahdini warzuqni wa ‘aafini”

Doa yang kedua adalah “Allahummaghfir li warhamni wahdini warzuqni wa ‘aafini”. Membaca doa ini berarti Anda memohon pertolongan kepada Allah SWT untuk memperoleh ampunan, kasih sayang, petunjuk, keberuntungan dan perlindungan. Dengan demikian, Anda dapat menjalankan ibadah kepada-Nya dengan baik.

8. Doa Sesudah Sholat Tahajud: “Allahummaj’alni minat tawwabin wa zurriyatil muttaqin”

Doa yang ketiga adalah “Allahummaj’alni minat tawwabin wa zurriyatil muttaqin”. Membaca doa ini berarti Anda memohon pertolongan kepada Allah SWT agar Anda dapat menjadi orang yang bertaubat dan anak-anak yang taqwa. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan banyak keutamaan di hadapan Allah SWT.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa dzikir dan doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat tahajud beserta artinya. Dengan membaca dzikir dan doa tersebut, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam beribadah dan beramal kepada Allah SWT. Karena itu, jangan lupa untuk selalu membaca dzikir dan doa tersebut setiap Anda melaksanakan sholat tahajud.