Doa Ziarah Kubur Arab Latin dan Artinya
Doa Ziarah Kubur Arab Latin dan Artinya

Doa Ziarah Kubur Arab Latin dan Artinya

Ziarah kubur adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Berziarah ke kuburan orang tersayang atau saudara-saudara kita yang telah meninggal dunia adalah amalan yang sangat mustajab. Bahkan, di dalam Al Qur’an dan hadits Nabi saw, terdapat dalil-dalil yang menunjukkan pentingnya berziarah ke kubur.

Adapun doa-doa yang dibaca ketika ziarah kubur, berbeda-beda menurut ajaran masing-masing madzhab. Salah satu madzhab yang populer di masyarakat Indonesia adalah madzhab Syafi’i. Dalam madzhab ini, terdapat beberapa doa ziarah kubur yang biasa dibaca oleh para jemaah. Berikut adalah doa ziarah kubur Arab Latin dan artinya:

Doa Ziarah Kubur Arab Latin

أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَغْفِرَ لِأَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ

Artinya

Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan Yang memiliki ‘Arsy yang Maha Agung, agar Dia memberikan ampunan kepada ahli kubur dari kalangan laki-laki mukmin dan laki-laki muslim, dan juga kepada perempuan-perempuan mukmin dan muslim.

Doa Ziarah Kubur Arab Latin

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ رَحْمَةً وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِأَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ

Artinya

Ya Allah, kami memohon rahmat dari-Mu, Padamu adalah sebaik-baik rahmat. Ya Allah, ampunilah ahli kubur dari kalangan laki-laki mukmin dan laki-laki muslim, dan juga kepada perempuan-perempuan mukmin dan muslim.

Doa Ziarah Kubur Arab Latin

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْماً كَثِيْراً

Artinya

Ya Allah, kabulkanlah doa kami untuk Nabi Besar Muhammad dan keluarganya, dan limpahkanlah rahmat dan salam yang banyak kepada mereka.

Doa Ziarah Kubur Arab Latin

أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَغْفِرَ لِأَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَنْ يَجْعَلَ لَهُمْ مِنْ أَجْرِهِمْ أَجْرَ الشَّافِعِيِّيْنَ وَالْمُجَاهِدِيْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللَّهِ

Artinya

Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan Yang memiliki ‘Arsy yang Maha Agung, agar Dia memberikan ampunan kepada ahli kubur dari kalangan laki-laki mukmin dan laki-laki muslim, dan juga kepada perempuan-perempuan mukmin dan muslim, serta agar Dia memberikan pahala yang sama seperti pahala yang didapat oleh orang-orang yang berjuang di jalan Allah seperti orang-orang yang berjihad di jalan Allah.

Doa Ziarah Kubur Arab Latin

اَللَّهُمَّ رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَحْيِنَا مَا كَانَ مِيْتاً وَأَخْرِجْنَا مِنَ الْأَضْحَاكِ إِلَى النَّعِيْمِ

Artinya

Ya Allah, Tuhan semesta alam, Yang Maha Mengetahui segala yang ghaib dan yang nyata, hidupkanlah yang telah mati dan keluarkanlah kami dari kesedihan menuju sukacita.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa doa ziarah kubur Arab Latin dan artinya yang dianjurkan oleh madzhab Syafi’i. Doa-doa tersebut biasa dibaca oleh umat muslim ketika melakukan ziarah kubur. Dengan mengamalkan doa-doa ini, diharapkan kita dapat mendapatkan pahala dari Allah SWT.