Doa Ziarah Kubur Arab dan Artinya
Doa Ziarah Kubur Arab dan Artinya

Doa Ziarah Kubur Arab dan Artinya

Doa adalah amalan yang merupakan wujud dari ibadah dan menyebut nama Allah SWT. Doa juga berfungsi untuk meminta pertolongan, memohon ampun, memohon hidayah, dan mengungkapkan rasa syukur. Seperti yang kita ketahui, orang Arab adalah salah satu ras yang memiliki banyak tradisi dan kebiasaan. Mereka juga memiliki tradisi yang berkaitan dengan ziarah kubur. Apa itu ziarah kubur? Ziarah kubur adalah suatu tradisi yang dilakukan oleh orang-orang Arab untuk mengunjungi kuburan para sahabat dan kerabat. Saat berziarah, mereka biasanya akan melakukan doa dan membaca Al-Quran.

Doa ziarah kubur Arab sendiri adalah doa yang digunakan untuk mengajak orang-orang yang sudah meninggal untuk meminta ampun dan hidayah. Doa ini biasanya dibaca setelah orang-orang tersebut selesai berziarah. Doa ini juga menjadi cara yang baik untuk menghormati orang yang telah meninggal dan menjaga hubungan dengan mereka. Jadi, berikut adalah beberapa doa ziarah kubur Arab dan artinya.

Doa Ziarah Kubur Arab dan Artinya

1. “Allahummaghfirlahum warhamhum wa’fu’anhum wa’fuw’anhum, wa’fuw’anhum wa’dawniyyan lahum wa’dawwam”

Doa ini berarti: “Ya Allah, ampunilah mereka, kasihilah mereka, sempurnakan hidayah mereka, jauhkan dari mereka segala kesusahan, jauhkan dari mereka segala keburukan, dan berikan kepada mereka kekuatan untuk berdiri dan tahan lama.”

2. “Allaahummaghfir lil-mayyitin wal-mawtaa wa ‘aafihim wa’fuw’anhum wa rahmatan min qablihim wa aakhirihim”

Doa ini berarti: “Ya Allah, ampunilah orang-orang yang sudah meninggal dan yang masih hidup, sembuhkan mereka, jauhkan dari mereka segala keburukan, dan berilah mereka rahmat di dunia dan akhirat.”

3. “Allahummaghfir lahum wa rahmatan wa ‘aafihim wa’fuw’anhum wa rahmatan min qablihim wa aakhirihim”

Doa ini berarti: “Ya Allah, ampunilah mereka, berilah mereka rahmat, sembuhkan mereka, jauhkan dari mereka segala keburukan, dan berilah mereka rahmat di dunia dan akhirat.”

4. “Allahummaghfir lahum wa rahmatan wa ‘aafihim wa’fuw’anhum wa rahmatan wa barakatan min qablihim wa aakhirihim”

Doa ini berarti: “Ya Allah, ampunilah mereka, berilah mereka rahmat, sembuhkan mereka, jauhkan dari mereka segala keburukan, dan berilah mereka berkah di dunia dan akhirat.”

5. “Allahummaghfirlahum wa rahmatan wa ‘aafihim wa’fuw’anhum wa rahmatan wa barakatan wa maghfiratan min qablihim wa aakhirihim”

Doa ini berarti: “Ya Allah, ampunilah mereka, berilah mereka rahmat, sembuhkan mereka, jauhkan dari mereka segala keburukan, berilah mereka berkah, dan ampunilah mereka di dunia dan akhirat.”

6. “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anhum”

Doa ini berarti: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Menyukai pengampunan, maka ampunilah mereka.”

7. “Allahummaghfir lahum wa rahmatan wa ‘aafihim wa’fuw’anhum wa rahmatan wa barakatan wa maghfiratan wa sa’adatan min qablihim wa aakhirihim”

Doa ini berarti: “Ya Allah, ampunilah mereka, berilah mereka rahmat, sembuhkan mereka, jauhkan dari mereka segala keburukan, berilah mereka berkah, ampunilah mereka, dan beri mereka kesenangan di dunia dan akhirat.”

8. “Allahummaghfir lahum wa rahmatan wa ‘aafihim wa’fuw’anhum wa rahmatan wa barakatan wa maghfiratan wa sa’adatan wa nazhatan min qablihim wa aakhirihim”

Doa ini berarti: “Ya Allah, ampunilah mereka, berilah mereka rahmat, sembuhkan mereka, jauhkan dari mereka segala keburukan, berilah mereka berkah, ampunilah mereka, beri mereka kesenangan, dan kasih sayang di dunia dan akhirat.”

9. “Allahummaghfir lahum wa rahmatan wa ‘aafihim wa’fuw’anhum wa rahmatan wa barakatan wa maghfiratan wa sa’adatan wa nazhatan wa ridhaan min qablihim wa aakhirihim”

Doa ini berarti: “Ya Allah, ampunilah mereka, berilah mereka rahmat, sembuhkan mereka, jauhkan dari mereka segala keburukan, berilah mereka berkah, ampunilah mereka, beri mereka kesenangan, kasih sayang, dan ridha di dunia dan akhirat.”

10. “Allahummaghfir lahum wa rahmatan wa ‘aafihim wa’fuw’anhum wa rahmatan wa barakatan wa maghfiratan wa sa’adatan wa nazhatan wa ridhaan wa tawfiyatan min qablihim wa aakhirihim”

Doa ini berarti: “Ya Allah, ampunilah mereka, berilah mereka rahmat, sembuhkan mereka, jauhkan dari mereka segala keburukan, berilah mereka berkah, ampunilah mereka, beri mereka kesenangan, kasih sayang, ridha, dan keselamatan di dunia dan akhirat.”

Kesimpulan