Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri Beserta Artinya
Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri Beserta Artinya

Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri Beserta Artinya

Mendekatkan diri pada Allah SWT salah satunya dilakukan dengan beribadah. Salah satu ibadah yang mesti dilakukan oleh umat muslim adalah zakat fitrah. Zakat fitrah adalah suatu ibadah yang bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan jiwa, mata, telinga, dan tangan dari sifat-sifat kikir. Zakat fitrah juga merupakan bentuk ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim yang berada di bawah naungan Islam. Selain melakukan zakat fitrah, ada juga doa yang wajib dibaca saat melaksanakannya. Berikut ini adalah doa zakat fitrah untuk diri sendiri beserta artinya.

Doa Zakat Fitrah

Doa yang wajib dibaca ketika melakukan zakat fitrah adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ، وَلِلَّهِ الحَمْدُ نَصَرَنِي اللهُ وَعَافَانِي

Artinya: “Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Semoga Allah memberi kemenangan dan keselamatan kepadaku.”

Faedah Membaca Doa Zakat Fitrah

Membaca doa zakat fitrah diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi pembacanya. Salah satunya adalah menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dengan menyebut nama Allah SWT, maka orang yang membaca doa ini akan tersadar akan kebesaran Tuhan dan bahwa segala sesuatu berasal dari Allah SWT. Selain itu, dengan membaca doa zakat fitrah ini juga diyakini dapat membuka pintu rezeki bagi pembacanya. Akhirnya, orang yang membaca doa ini juga diharapkan dapat melakukan banyak kebaikan dan diampuni dari segala dosa.

Cara Melakukan Zakat Fitrah

Untuk melakukan zakat fitrah terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, zakat fitrah dapat dibayarkan dengan uang tunai. Jumlah yang harus dibayarkan adalah sebanyak satu sa’ beras atau setara dengannya. Misalnya, jika satu sa’ beras bernilai Rp50.000, maka yang harus dibayarkan adalah sebanyak Rp50.000. Kedua, zakat fitrah juga bisa dibayarkan dengan barang seperti beras, gandum, garam, ataupun kurma.

Selain melakukan zakat fitrah, orang yang melakukan juga wajib membaca doa yang telah disebutkan di atas. Doa tersebut adalah doa zakat fitrah untuk diri sendiri beserta artinya. Dengan membaca doa ini, maka ibadah zakat fitrah yang dilakukan dapat memberikan banyak manfaat baik dari sisi spiritual maupun material.

Kesimpulan

Zakat fitrah merupakan suatu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim. Untuk melakukan zakat fitrah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan uang tunai atau barang seperti beras, gandum, garam, dan kurma. Selain itu, saat melaksanakan zakat fitrah juga wajib membaca doa zakat fitrah untuk diri sendiri beserta artinya. Doa tersebut diharapkan mampu memberikan manfaat baik dari sisi spiritual maupun material.