Doa Wudhu dan Setelahnya Beserta Artinya
Doa Wudhu dan Setelahnya Beserta Artinya

Doa Wudhu dan Setelahnya Beserta Artinya

Lakukan wudhu adalah satu di antara rukun islam yang wajib dipenuhi oleh setiap muslim sebelum mengerjakan ibadah. Wudhu atau mandi wajib adalah salah satu tahapan ritual yang diperlukan oleh seorang muslim yang akan menunaikan shalat. Dengan melakukan wudhu, seorang muslim menjadi suci dan bersih agar dapat menunaikan shalat dengan baik. Di dalam melakukan wudhu, seorang muslim harus mengucapkan doa wudhu dan juga setelah wudhu. Berikut ini adalah doa wudhu dan setelahnya beserta artinya.

Doa Wudhu dan Artinya

Doa wudhu adalah doa yang harus diucapkan ketika melakukan wudhu. Berikut ini adalah doa wudhu dan artinya:

“Bismillah, aku bertawakkal kepada Allah. Dengan nama Allah Yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang.”

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang, aku bertawakkal kepada Allah.

Doa Setelah Wudhu dan Artinya

Ketika sudah selesai melakukan wudhu, seorang muslim juga harus mengucapkan doa setelah wudhu. Doa ini adalah sebagai berikut:

“Allahumma antas salamu wa minkas salamu, tabarakta ya dzal jalali wal ikram.”

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah sumber semua keselamatan, dan dariMu datangnya keselamatan. Maha suci Engkau, ya Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Keutamaan Wudhu

Karena wudhu menjadi salah satu rukun islam yang wajib dipenuhi oleh setiap muslim, maka dilakukanlah dengan sungguh-sungguh. Melakukan wudhu dengan benar dan tepat sesuai dengan syari’at islam juga akan menambah keutamaannya. Di antaranya adalah:

1. Seorang muslim akan mendapatkan pahala setiap kali melakukan wudhu. Hal ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa setiap kali melakukan wudhu, maka dosa-dosa yang telah diperbuat sebelumnya akan diampuni.

2. Melakukan wudhu juga akan meningkatkan keimanan seorang muslim. Dengan melakukan wudhu, seseorang dapat mengontrol emosi dan hawa nafsu yang mungkin dapat mengganggu ibadahnya.

3. Melakukan wudhu juga akan membantu seseorang untuk menjadi lebih bersih dan suci lahir batin. Dengan menjalankan wudhu, maka seorang muslim juga akan menjadi lebih baik secara jasmani maupun rohani.

Faedah Melakukan Wudhu

Selain mendapatkan keutamaan, melakukan wudhu juga akan memberikan faedah bagi seorang muslim. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Dengan melakukan wudhu, maka seseorang akan lebih cepat melepaskan diri dari kebiasaan buruk dan meningkatkan kedisiplinan.

2. Melakukan wudhu juga akan meningkatkan konsentrasi dan daya tahan dalam beragama. Dengan berwudhu, seseorang akan lebih mudah mengingat Allah dan beribadah dengan ikhlas.

3. Selain itu, melakukan wudhu juga dapat mengurangi stres dan mengembalikan kondisi jiwa yang baik. Hal ini karena proses wudhu akan menenangkan jiwa dan meningkatkan konsentrasi.

Pentingnya Doa Wudhu dan Setelahnya

Setelah mengetahui keutamaan dan faedah yang didapatkan dengan melakukan wudhu, tentu saja mengucapkan doa wudhu dan setelahnya menjadi hal yang penting. Dengan mengucapkan doa ini, maka seorang muslim akan mendapatkan keutamaan dan faedah yang lebih banyak lagi. Selain itu, doa ini juga akan menjadi penghambat bagi siapapun yang ingin berbuat dosa.

Kesimpulan

Melakukan wudhu adalah salah satu rukun islam yang wajib dipenuhi oleh setiap muslim. Wudhu ini harus dilakukan dengan benar dan tepat sesuai dengan syari’at islam. Selain itu, ketika melakukan wudhu juga harus diikuti dengan mengucapkan doa wudhu dan setelahnya. Doa ini akan mendapatkan keutamaan dan faedah bagi siapapun yang melakukannya. Dengan demikian, penting bagi setiap muslim untuk memahami doa wudhu dan setelahnya beserta artinya.