Doa Wudhu dan Sesudah Wudhu dan Artinya
Doa Wudhu dan Sesudah Wudhu dan Artinya

Doa Wudhu dan Sesudah Wudhu dan Artinya

Doa adalah suatu bentuk ibadah yang merupakan ungkapan rasa syukur dan permohonan kepada Allah. Doa wudhu adalah salah satu doa yang diajarkan dalam agama Islam. Doa ini dibaca saat sebelum dan sesudah melakukan wudhu. Wudhu merupakan salah satu syarat sahnya shalat. Dengan melakukan wudhu, seseorang diharapkan dapat bersih dari hadast besar dan kecil. Berikut adalah doa wudhu dan sesudah wudhu beserta artinya.

Doa Sebelum Wudhu

Berikut adalah doa sebelum wudhu yang dapat kita baca:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِى وَسِعَتْ كُلَّ شَىْءٍ اَنْ تَغْفِرَ لِى

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuni aku.” (HR. Muslim)

Doa Sesudah Wudhu

Berikut adalah doa sesudah wudhu yang dapat kita baca:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ اَنْ تُجْعَلَ هٰذَا الْوُضُوْءَ عَلَىَى مَغْفِرَةً مِنْ جَمِيْعِ ذُنُوْبِى وَاَنْ تَتِمَّ نِعْمَتَكَ عَلَيَّ وَاَنْ تُصَلِّى عَلَىَ مُحَمَّدٍ وَآلِهِ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau membuat wudhu ini sebagai pengampunan bagiku dari segala dosa, kebaikan-Mu terhadapku sempurna dan Engkau limpahkan segala rahmat dan salam atas Nabi Muhammad dan keluarganya.” (HR. Abu Daud)

Fadhilah dan Keutamaan Wudhu

Selain menjadi syarat sahnya shalat, wudhu memiliki fadhilah dan keutamaan tersendiri. Di antaranya, Allah berjanji akan memberikan pahala yang besar bagi orang yang melakukan wudhu dengan benar dan ikhlas. Hal ini dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

Dari Abu Hurairah ra ia berkata, Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang berwudhu lalu berjalan dengan berjalan yang ditujukan untuk shalat, maka setiap satu langkahnya akan menghapus dosa dan memperbanyak pahala.” (HR. Ahmad)

Selain itu, wudhu juga bisa menjadi sarana untuk mencapai kedekatan dengan Allah. Hal ini disampaikan oleh Rasulullah saw dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam An-Nasai.

Dari Abu Hurairah ra ia berkata, Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang melakukan wudhu dengan benar dan sempurna, maka Allah akan menghilangkan dari tubuhnya dosa-dosa yang seperti bulu keledai.” (HR. An-Nasai)

Kesimpulan

Doa wudhu adalah doa yang dibaca sebelum dan sesudah melakukan wudhu. Wudhu merupakan salah satu syarat sahnya shalat. Dengan membaca doa wudhu, seseorang akan mendapatkan pahala yang besar dan meningkatkan kedekatan dengan Allah. Dengan demikian, mari kita lakukan wudhu dengan benar dan sempurna serta mengucapkan doa wudhu sebelum dan sesudah melakukan wudhu.

Kesimpulan

Doa wudhu adalah salah satu doa yang diajarkan oleh agama Islam. Wudhu merupakan salah satu syarat sahnya shalat. Dengan membaca doa wudhu, seseorang akan mendapatkan pahala yang besar dan meningkatkan kedekatan dengan Allah. Mari kita lakukan wudhu dengan benar dan sempurna serta mengucapkan doa wudhu sebelum dan sesudah melakukan wudhu.