Doa Witir Sesuai Sunnah dan Artinya
Doa Witir Sesuai Sunnah dan Artinya

Doa Witir Sesuai Sunnah dan Artinya

Apa Itu Doa Witir?

Doa witir adalah salah satu jenis doa yang dianjurkan oleh agama Islam. Doa witir merupakan tambahan dari shalat malam yang dilaksanakan setelah shalat Isya. Doa witir dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Islam setiap malam. Doa witir akan membantu seseorang dalam memperoleh hikmah dan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

Doa Witir Sesuai Sunnah dan Artinya

Doa witir yang sesuai sunnah merupakan doa yang dilakukan setelah shalat Isya. Doa witir ini diawali dengan membaca tasbih, tahmid, dan tahlil. Kemudian, setelah membaca tasbih, tahmid, dan tahlil, seseorang bisa melanjutkan shalat witir dengan membaca doa-doa berikut:

“Allahumma antas salam wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram.” Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah sebaik-baiknya, dan di antara sebaik-baiknya Engkau adalah selamat. Engkau adalah Maha Mulia dan Maha Memiliki Kemuliaan.”

“Subhanallahi walhamdulillahi, wala ilaha illallah, wallahu akbar.” Artinya: “Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, dan Allah adalah Maha Besar.”

“Allahuma inni auzu bika minal hammin wal huzni, wa auzu bika minal ‘ajzi wal kasali, wa auzu bika minal jubni wal bukhli, wa auzu bika min ghalabatid dini, wa qahrir rijal.” Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebimbangan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan keserakahan, aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan dan kebodohan, aku berlindung kepada-Mu dari kegagalan dalam agama dan penaklukan oleh laki-laki.”

Keutamaan Doa Witir

Doa witir memiliki beberapa keutamaan yang tidak dimiliki doa lainnya. Keutamaan yang terdapat pada doa witir adalah sebagai berikut:

Pertama, orang yang melaksanakan doa witir akan mendapatkan pahala yang besar. Hal ini dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau bersabda: “Barangsiapa yang melakukan shalat witir dengan penuh khusyu’, maka Allah SWT akan memberikan pahala untuknya setara dengan pahala yang diterima oleh orang yang berpuasa sebulan penuh.”

Kedua, doa witir akan membantu orang yang melaksanakannya untuk mendapatkan ketenangan jiwa. Doa witir akan membantu untuk menenangkan diri dan melepaskan segala beban yang ada. Ini artinya, doa witir akan membantu untuk menyelamatkan seseorang dari kesedihan dan kebimbangan.

Ketiga, doa witir akan membuat seseorang lebih dekat dengan Allah SWT. Dengan melaksanakan doa witir secara rutin, seseorang akan lebih dekat dengan Allah SWT. Hal ini akan membuat seseorang semakin mengenal Allah SWT dan menemukan hikmah yang terkandung pada setiap doa yang dibaca.

Cara Melaksanakan Doa Witir

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melaksanakan doa witir. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, seseorang harus melaksanakan shalat Isya secara khusyu’. Shalat Isya harus dilaksanakan dengan penuh kesabaran dan khusyu’. Ini akan membantu seseorang untuk mencapai ketinggian dalam ibadah.

Kedua, setelah selesai shalat Isya, seseorang harus membaca tasbih, tahmid, dan tahlil. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Ketiga, setelah itu, seseorang bisa melanjutkan dengan membaca doa witir yang telah disebutkan sebelumnya. Cara yang benar untuk membaca doa witir adalah dengan membaca tiga kali setiap doa. Setelah itu, seseorang bisa melanjutkan dengan membaca doa-doa lainnya.

Kesimpulan

Doa witir adalah salah satu jenis doa yang dianjurkan oleh agama Islam. Doa witir bisa dilakukan setelah shalat Isya. Doa witir memiliki beberapa keutamaan di antaranya adalah pahala yang besar, membantu untuk mendapatkan ketenangan jiwa, dan membuat seseorang lebih dekat dengan Allah SWT. Cara yang benar untuk melaksanakan doa witir adalah dengan membaca tasbih, tahmid, dan tahlil dan kemudian membaca doa witir tiga kali setiap doa.