Doa untuk Pengantin dan Artinya
Doa untuk Pengantin dan Artinya

Doa untuk Pengantin dan Artinya

Doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang penting bagi umat islam. Doa menjadi salah satu cara kita untuk memohon petunjuk, karunia, dan pertolongan Allah SWT. Bahkan, doa juga bisa menjadi mediator antara manusia dan Tuhan. Sehingga, jangan heran jika doa merupakan bagian penting dalam kehidupan umat islam.

Tak hanya untuk keseharian saja, doa pun juga sangat diperlukan untuk acara pernikahan. Ya, doa untuk pengantin dapat memberikan berbagai macam manfaat. Diantaranya, doa untuk pengantin akan menjadi bentuk rasa syukur pengantin atas kehadiran Allah SWT yang telah melakukan pernikahan itu. Selain itu, doa untuk pengantin juga akan memberikan keberkahan bagi upacara pernikahan itu sendiri.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa doa untuk pengantin dan artinya yang bisa kamu pergunakan saat acara pernikahan.

Doa Nabi Ibrahim AS

Doa pertama yang sering dipergunakan saat acara pernikahan adalah doa Nabi Ibrahim AS. Doa tersebut diucapkan oleh Nabi Ibrahim ketika ingin menggauli istri tercinta, Siti Sarah. Doa ini pun bisa kamu gunakan saat acara pernikahan. Berikut ini adalah doa Nabi Ibrahim AS dan artinya:

“Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin pria) seorang yang bermanfaat bagi dirinya dan seorang yang mensucikan dirinya. Ya Allah, berilah kepadanya keturunan yang baik. Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin wanita) seorang yang bermanfaat bagi dirinya dan seorang yang mensucikan dirinya. Ya Allah, berilah kepadanya keturunan yang baik.”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin pria) seorang yang beruntung, seorang yang bertaqwa, dan seorang yang mensucikan dirinya. Ya Allah, berilah kepadanya keturunan yang baik. Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin wanita) seorang yang beruntung, seorang yang bertaqwa, dan seorang yang mensucikan dirinya. Ya Allah, berilah kepadanya keturunan yang baik.”

Doa Nabi Muhammad SAW

Selain doa Nabi Ibrahim, doa Nabi Muhammad SAW pun juga sering dipergunakan saat acara pernikahan. Doa Nabi Muhammad SAW ini diucapkan pada saat Rasulullah ingin menyelesaikan akad nikahnya dengan Khadijah RA. Berikut ini adalah doa Nabi Muhammad SAW dan artinya:

“Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin pria) seorang yang bersifat baik dan memiliki kasih sayang. Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin wanita) seorang yang bersifat baik dan memiliki kasih sayang.”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin pria) seorang yang memberikan kebahagiaan, seorang yang bertaqwa, dan seorang yang menyayangi. Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin wanita) seorang yang memberikan kebahagiaan, seorang yang bertaqwa, dan seorang yang menyayangi.”

Doa untuk Pengantin Baru

Selain doa di atas, dipercaya juga ada doa khusus untuk pengantin baru. Doa ini dinilai bisa memberikan keberkahan dan petunjuk dari Allah SWT bagi kedua pengantin. Berikut ini adalah doa khusus untuk pengantin baru dan artinya:

“Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin pria) seorang yang bertaqwa, berakhlak mulia, dan berbuat kebaikan. Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin wanita) seorang yang bertaqwa, berakhlak mulia, dan berbuat kebaikan.”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin pria) seorang yang bersabar, berlaku adil, dan berbakti. Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin wanita) seorang yang bersabar, berlaku adil, dan berbakti.”

Doa untuk Kesuksesan Perkawinan

Selain doa untuk pengantin, doa untuk kesuksesan perkawinan pun juga bisa kamu gunakan untuk memberikan keberkahan pada pengantin. Berikut ini adalah doa untuk kesuksesan perkawinan dan artinya:

“Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin pria) seorang yang bijaksana dalam menghadapi segala hambatan dan ujian. Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin wanita) seorang yang bijaksana dalam menghadapi segala hambatan dan ujian.”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin pria) seorang yang bisa berbuat baik dalam menyelesaikan masalah. Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin wanita) seorang yang bisa berbuat baik dalam menyelesaikan masalah.”

Doa untuk Mendoakan Kedua Pengantin

Selain doa untuk pengantin dan kesuksesan perkawinannya, doa untuk mendoakan kedua pengantin pun juga penting. Doa ini bisa kamu gunakan untuk memberikan keberkahan dan petunjuk bagi kedua pengantin. Berikut ini adalah doa untuk mendoakan kedua pengantin dan artinya:

“Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin pria) seorang yang menjaga keutuhan akidah dan berbuat kebaikan. Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin wanita) seorang yang menjaga keutuhan akidah dan berbuat kebaikan.”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin pria) seorang yang istiqamah dalam beribadah dan berbakti kepada orang-orang terdekatnya. Ya Allah, jadikanlah dia (pengantin wanita) seorang yang istiqamah dalam berib