Doa untuk Pengantin – Arab dan Artinya
Doa untuk Pengantin – Arab dan Artinya

Doa untuk Pengantin – Arab dan Artinya

Doa atau dzikir adalah sebuah ungkapan yang merupakan bentuk komunikasi antara seorang hamba dengan Tuhannya. Doa juga dapat digunakan untuk menyampaikan harapan dan doa kepada yang lain. Di dalam agama Islam, doa atau dzikir dianggap sebagai perantara antara manusia dan Allah yang Maha Kuasa. Doa atau dzikir juga dapat digunakan untuk meminta pertolongan kepada Allah dan menyampaikan ungkapan syukur. Di dalam Islam, doa atau dzikir juga dapat digunakan untuk menyatakan belas kasihan kepada orang lain. Oleh karena itu, doa atau dzikir juga banyak digunakan pada acara pernikahan. Berikut adalah beberapa doa Arab dan artinya untuk pengantin.

Doa Kecil untuk Pengantin

Doa pertama yang dapat disampaikan oleh pengantin adalah doa kecil. Doa kecil ini adalah doa yang sangat sederhana dan mudah diucapkan. Doa kecil ini biasanya dapat diucapkan oleh kedua pengantin sebelum mereka melangsungkan akad nikah. Doa kecil ini adalah seperti berikut:

اللهُمَّ إنِّي أسْلَمْتُ لَكَ عَلَى مَا قَدَّرْتَ، وَأطَاعْتُكَ مِنْ مَا أَنْتَ عَلَيْهِ، وفَوْضتُ إلَيْكَ مَا أَحْلَلْتَ، وَحَرَّمْتَ مَا حَرَّمْتَ، وَأنَا الْآنَ أَسْلَمْتُ عَلَى نَفْسِيْ وَمَالِيْ

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku telah tunduk kepada apa yang Engkau telah tentukan dan aku telah taat kepada Engkau sesuai dengan apa yang Engkau telah berkehendak, aku telah menyerahkan kepada Engkau apa yang Engkau telah izinkan dan Engkau telah melarang apa yang Engkau telah melarang. Sekarang aku telah tunduk kepada diriku dan hartaku.

Doa Pengharapan

Doa yang kedua adalah doa pengharapan. Doa ini dapat diucapkan oleh kedua pengantin setelah mereka telah melaksanakan akad nikah. Doa pengharapan ini dapat membantu pasangan memiliki harapan untuk masa depan mereka. Doa pengharapan ini adalah seperti berikut:

رَبِّ اجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Artinya: Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua sebagai orang-orang yang berserah diri kepada-Mu dan jadikanlah keturunan kami sebagai umat yang berserah diri kepada-Mu. Tunjukkanlah kepada kami cara-cara ibadah dan ampunilah kami, sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang menerima taubat, lagi Maha Penyayang.

Doa Kebahagiaan

Doa yang ketiga adalah doa kebahagiaan. Doa ini dapat diucapkan oleh kedua pengantin setelah mereka telah melaksanakan akad nikah. Doa kebahagiaan ini dapat membantu pasangan mencapai kebahagiaan dalam rumah tangga mereka. Doa kebahagiaan ini adalah seperti berikut:

اللهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَعْطِنِي مِنْ فَضْلِكَ وَارْزُقْنِي رَزْقاً كَافِياً وَأَصْلِحْ لِي دِيْنِي وَأَخِلِّفْنِي فِي عَمَلِي وَارْزُقْنِي حِلْماً طَيِّباً

Artinya: Ya Allah, peliharalah aku dari godaan syaitan dan berilah aku keberkahan-Mu. Berilah aku rezeki yang cukup dan luruskanlah agamaku. Berilah aku kemampuan untuk mengerjakan amal yang baik dan berilah aku kebahagiaan yang sempurna.

Doa Perbaikan

Doa yang keempat adalah doa perbaikan. Doa ini dapat diucapkan oleh kedua pengantin setelah mereka telah melaksanakan akad nikah. Doa perbaikan ini dapat membantu pasangan untuk saling memperbaiki satu sama lain dalam rumah tangga mereka. Doa perbaikan ini adalah seperti berikut:

اللهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ، وَارْحَمْنَا اللَّهُ فَاصْلِحْ بَيْنَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا وَاهْدِنَا لِمَا اخْتَلَفْنَا فِيهِ، وَأَصْلِحْ لَهُ مَا يَعِظُهُ، وَأَعْظِنِي مَا يَأْخُذُنِي

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan juga dia. Ya Allah, sayangilah kami, baikilah hubungan